Sex & relationship

4 Red Flags Pada Pasangan Yang Enggak Bisa Kamu Abaikan

By : Vanessa Masli - 2023-03-28 20:00:01 4 Red Flags Pada Pasangan Yang Enggak Bisa Kamu Abaikan

Enggak lagi asing mendengar istilah red flags dalam sebuah hubungan ketika salah satu pasangan menunjukkan kebiasaan yang enggak sehat atau mengarah ke kekerasan psikologis. Entah ditunjukkan secara verbal atau terkadang gestur tubuh, ada beberapa red flags pada pasangan yang sebenarnya enggak bisa diabaikan, kecuali kamu ingin terjebak dalam hubungan yang menyiksa hati.


Mungkin dia pasangan baru atau kalian sudah menjalin hubungan selama bertahun-tahun, red flags pada pasangan yang sudah Her World rangkum di bawah ini sudah enggak bisa lagi kamu abaikan. Penasaran apa saja? Simak terus sampai akhir.


1. Terlalu sering berbohong


Kejujuran memang menjadi salah satu elemen penting dalam sebuah hubungan. Satu kebohongan bisa jadi boomerang yang berpotensi akhiri hubunganmu, tapi kalau kamu sering memberikan kesempatan pada pria yang juga terlalu sering berbohong, that’s a red flag.


Kebohongan, seberapa kecil, kalau terlalu sering, harus jadi peringatan bagi kamu untuk mungkin pertimbangkan apakah hubungan ini layak diperjuangkan atau justru akan menyiksa hatimu karena kebohongannya.


2. Terlalu mengontrol gerak gerikmu


Memang dia pasanganmu sehingga wajar kalau kamu memberi kabar akan harimu, begitu juga sebaliknya. Namun, kalau setiap gerakan hingga keputusanmu juga dia kontrol sehingga menyesuaikan keinginannya, mungkin saatnya kamu menginjak rem dan mulai bertanya-tanya akan sikap pasanganmu.


Sebab, dalam hubungan yang sehat, kompromi dan memahami satu sama lain dengan berbagai perbedaan yang ada. Kalau kamu menjalin sebuah hubungan dengan pasangan yang gemarnya mengontrol berbagai aspek hidupmu, sudah lebih baik akhiri saja hubungannya.



(Dia terlalu mengontrol setiap keputusan maupun gerakanmu. Foto: Dok. Alex Green/Pexels)


(Baca Juga: 3 Tanda Orang Tua Enggak Merestui Hubunganmu, Apa Saja?)


3. Love-bombing


Red flags pada pasangan yang enggak bisa diabaikan, bukan hanya yang terlalu mengekangmu. Justru, pasangan yang dari awal sudah memberikan perhatian yang luar biasa (hampir terasa berlebihan), ditambah berbagai kejutan-kejutan mewah untuk ungkapkan cintanya padamu.


Dalam hal ini, kamu mungkin perlu jatuh cinta dengan rasa hati-hati juga, karena love-bombing yang dilakukannya ini bisa jadi salah satu bentuk manipulasinya. Cara ini kerap dilakukan oleh orang-orang narsistik yang kadang berujung pada kamu menjalin hubungan dengan orang yang toxic.


4. Mendadak hilang kalau ada masalah


Pasangan yang bisa mendadak menghilang ketika ada masalah atau bahkan lari ketika dia harus bertanggung jawab atas perbuatannya, sebuah red flag yang kalau kamu abaikan bisa berdampak buruk, enggak hanya dalam hubungan tapi juga kehidupanmu secara umum.

Kecenderungannya mendadak hilang ketika ada masalah besar justru akan sulit membangun hubungan yang sehat. Sebab, realitanya, hubungan yang sehat juga enggak akan jauh dari masalah maupun tantangan sehingga penting untuk menemukan pasangan yang juga paham akan hal tersebut.


(Baca Juga: Terlalu Bucin Alias Love Bombing Pasangan, Begini Kata Pakar)


Itu dia beberapa red flags pada pasangan yang perlu diketahui dan pastinya enggak bisa kamu abaikan. Semoga kamu bisa segera lepas dari hubungan tersebut sebelum semakin merasa terjebak.


Sex & relationship