Life & health

5 Manfaat Memiliki Sahabat & Cara Menjaga Persahabatan Itu!

By : Fariza Rahmadinna - 2023-04-08 10:00:02 5 Manfaat Memiliki Sahabat & Cara Menjaga Persahabatan Itu!

Di samping keluarga, sahabat adalah seseorang yang paling dekat dan paling memahami diri kita. Biasanya, sahabat sejati tidak hanya akan ada di saat momen-momen menyenangkan saja, tetapi juga di saat momen paling menyedihkan sekalipun. Memiliki sahabat yang baik adalah anugerah yang luar biasa. 


Faktanya, persahabatan dapat menjauhkan dari perasaan kesepian dan memberikan perasaan didukung. Bahkan, persahabatan juga merupakan elemen penting untuk mendukung kesehatan mental dan fisik. 


Berikut ini beberapa manfaat memiliki sahabat dan bagaimana cara menjaga persahabatan itu agar tetap terjalin awet dan langgeng. 


1. Memberi rasa saling memiliki


(Memberi rasa saling memiliki. Foto: Dok. Priscilla Du Preez/Unsplash)


Menurut seorang profesor psikologi di University of Massachusetts, Mahzad Hojjat, PhD., berada di dalam satu kelompok tertentu bisa memberikan rasa saling memiliki. Rasa memiliki ini dapat melengkapi kebutuhan kesehatan emosional dan membantu mengurangi perasaan depresi dan putus asa, dalam sebuah penelitian tahun 2015 dalam jurnal Psychiatry.


2. Bisa membantu mengurangi stres


“Persahabatan bisa membantu sangat membantu mengurangi stres,” kata Hojjat. Pasalnya, sahabat akan selalu ada di masa-masa sulit di dalam hidup, membantu dan memberikan dukungan. Membagikan isi pikiran dan hati dengan sahabat itu bisa membantu mengurangi stres.


Dari studi yang diterbitkan di jurnal PLoS One, membagikan isi pikiran dan hati lalu menerima pelukan dari orang lain, dalam hal ini sahabat, dapat membantu meredakan emosi negatif saat stres. Menerima sentuhan fisik yang positif dari sahabat bisa bermanfaat baik mengurangi emosi negatif, kecemasan, dan stres, kata Kelli Harding, MD, asisten profesor klinis psikiatri di Columbia University Irving Medical Center. Bahkan, memiliki sahabat dengan ikatan yang kuat juga dikaitkan dengan penurunan risiko depresi. 


3. Bisa membuat lebih bahagia


(Bisa membuat kamu lebih bahagia. Foto: Dok. Priscilla Du Preez/Unsplash)


Salah satu manfaat utama memilki sahabat yaitu bisa membuat lebih bahagia. Hal ini dibuktikan dalam studi di jurnal PLoS One yang menunjukkan bahwa, memiliki sahabat yang sehat dengan ikatan yang kuat dan bisa diandalkan dapat meningkatkan perasaan bahagia. 


Sebuah penelitian lain dalam jurnal The BMJ yang melibatkan lebih dari 4.000 orang dewasa menunjukkan bahwa, memiliki sahabat dapat meningkatkan perasaan bahagia sebesar 25 persen.


4. Dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri


Memiliki sahabat yang baik dan selalu memberi support dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri. Seperti yang ditunjukkan dalam sebuah penelitian tahun 2015 di jurnal PLoS One, dukungan, semangat, dan energi positif yang akan diberikan oleh sahabat secara tidak langsung bisa membantu meningkatkan kepercayaan diri. 


5. Bisa mendorong perilaku positif


(Bisa mendorong perilaku positif. Foto: Dok. Coen van de Broek/Unsplash)


Harding mengatakan bahwa berhubungan baik dengan orang-orang yang memiliki perilaku positif, tanpa kamu sadari, itu juga akan memotivasi kamu untuk berpilaku positif yang sama. Misalnya saja, jika sahabat-sahabatmu menyukai olahraga bersepeda, kamu mungkin juga akan ikut tertarik pada hal itu. Inilah yang pada akhirnya akan memberikan efek baik untuk kesehatanmu secara keseluruhan. 


Dengan kata lain, memiliki persahabatan yang positif dapat membuat kamu tetap sehat. Itulah mengapa memilih lingkungan persahabatan yang baik dan positif adalah hal yang sangat penting. 


(Baca Juga: 4 Tipe Teman Yang Harus Kamu Hindari)


Lantas, bagaimana cara menjaga persahabatan agar tetap terjalin awet dan langgeng? 


1. Selalu Bersikap jujur


Kejujuran jadi salah satu bagian penting untuk menjaga persahabatan agar tetap terjalin awet, langgeng, kuat, dan bermakna. 


Ketika kamu dan sahabat selalu saling bersikap jujur, nantinya akan jauh lebih mudah untuk menyelesaikan masalah dan kesalahpahaman yang sering muncul dalam hubungan persahabatan. "Ketika konflik muncul dalam hubungan persahabatan yang sehat, sahabat yang selalu bersikap jujur lebih mampu mengungkapkan perasaan dan mendengarkan satu sama lain dengan seksama, sehingga masalah bisa lebih cepat terselesaikan,” kata psikoterapis Dena Alalfey. 


2. Tunjukkan kepada sahabat kalau kamu peduli


Jika kamu ingin memiliki persahabatan yang kuat dan langgeng, jangan malu untuk menunjukkan kepada sahabat kalau kamu benar-benar peduli padanya. Kamu bisa menunjukkan rasa pedulimu kepada sahabat dengan cara yang sederhana. Misalnya, menanyakan kabarnya dan memberi kejutan kecil di hari ulang tahunnya. Kamu juga bisa berterus terang mengatakan kalau persahabatan kalian sungguh sangat berarti untukmu. Mungkin kamu berpikir kalau sahabatmu sudah pasti mengetahui betapa berartinya persahabatan kalian, tapi mendengarkan hal ini secara langsung darimu itu akan sangat berarti untuknya. 


3. Luangkan waktu bersama


Satu cara lain untuk menjaga persahabatan agar tetap terjalin awet adalah dengan meluangkan waktu untuk sekedar hang out. Atau, jika belum memungkinkan untuk bertemu secara langsung, kamu dan sahabat bisa menjadwalkan group phone call/ video call untuk saling bertukar cerita dan tertawa bersama. 


(Baca Juga: 4 Tips Paling Realistis Untuk Temukan Pasangan di Tahun Ini)


Itulah lima manfaat memilki sahabat yang baik untuk kesehatan mental dan fisik, serta cara menjaga agar persahabatan itu tetap terjalin awet, langgeng, dan bermakna. Jadi, hubungi sahabatmu sekarang!




Life & health