Life & health

8 Cara Minta Maaf yang Baik Pada Teman dan Pasangan

By : Her World Indonesia - 2023-04-01 12:00:01 8 Cara Minta Maaf yang Baik Pada Teman dan Pasangan

Berbuat salah merupakan hal yang wajar dilakukan oleh manusia, karena sejatinya manusia bukanlah makhluk yang sempurna. Namun cara minta maaf yang baik mungkin belum dipahami oleh semua orang. Masih banyak orang yang hanya sekedar minta maaf, tanpa benar-benar meminta maaf dengan tulus. Padahal ini adalah etika dasar yang sudah sepatutnya dipahami. Untuk itu, berikut ini beberapa cara minta maaf yang baik dan tulus. 


1. Renungi Kesalahan Apa yang Kamu Perbuat


(Coba renungkan kesalahanmu. Foto: Dok. Liza Summer/Pexels)


Sebelum meminta maaf, ada baiknya kamu merenungi kesalahan apa yang kamu perbuat. Dengan begini, kamu menyadari bahwa perkataan atau perbuatanmu itu rupanya menyakiti orang lain. Dan, kamu akan belajar untuk tidak mengulanginya dikemudian hari. 


2. Pahami Bagaimana Perasaan Orang Lain


Setelah merenungi kesalahan apa yang kamu perbuat, selanjutnya pahami bagaimana perasaan teman atau orang lain atas perkataan atau perbuatanmu tersebut. Bayangkan kamu berada di posisinya dan bagaimana perasaan kamu tentang hal itu— mungkin marah dan kecewa. Jadi kamu jangan merasa tersakiti jika tiba-tiba mereka bersikap berbeda kepadamu, seperti mendiamkanmu atau bersikap acuh. Itu adalah caranya untuk menunjukkan sikap kecewanya kepadamu.


3. Meminta Maaf Secara Langsung


Cara meminta maaf yang baik tentunya kamu harus menemui orang yang kamu sakiti secara langsung. Hindari meminta maaf melalui pesan singkat, karena kamu tidak bisa menunjukkan ketulusanmu yang justru bisa membuatnya semakin salah paham dan kesal terhadapmu. Temui teman atau orang lain yang kamu sakiti secara langsung untuk meminta maaf. Akui kesalahan apa yang sudah kamu perbuat dan jangan berikan alasan apa pun yang bernada membenarkannya.


Kamu perlu mengakui semua perilaku atau perkataanmu yang membuatnya marah dan kecewa, serta berjanji untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama dikemudian hari. 


4. Gunakan Nada Bicara yang Rendah


Saat meminta maaf, gunakan nada bicara yang rendah. Meminta maaf dengan nada tinggi justru bisa membuat siapa pun semakin salah paham. Hindari memotong kalimat pembicaraan saat orang lain mengutarakan rasa kecewanya kepadamu. Biarkan ia mengatakan apa yang ingin dikatakan mengenai perilaku atau perkataanmu yang mengecewakannya. Bicaralah setelah ia selesai bicara. Gunakan nada bicara rendah agar percakapan terasa santai dan mencegah terjadinya kesalahpahaman baru.


(Baca Juga: 4 Cara Menjadi Pasangan Terbaik Baginya, Penasaran?)


5. Minta Maaf dengan Tulus

(Minta maaf dengan tulus. Foto: Dok. Liza Summer/Pexels)


Minta maaflah dengan tulus dari hati bahwa kamu telah menyesal melakukan kesalahan tersebut. Dengan begitu, dia bisa melihat permintaan maaf tulus darimu. 


6. Jangan Benarkan Kesalahan


Jika sudah meminta maaf, jangan pernah kamu membenarkan kesalahan yang sudah kamu perbuat. Itu justru akan menunjukkan kalau kamu tidak tulus dan meminta maaf karena terpaksa. Akibatnya, kesalahpahaman pun akan semakin berlanjut. Bukan ini yang kamu harapkan, kan?


7. Berhati-hati Saat Bicara


Saat meminta maaf, sebaiknya kamu berhati-hati untuk mengungkapkan rasa bersalahmu. Gunakan kata-kata yang tulus dan hindari kata-kata yang berpotensi bisa menyakiti perasaannya lagi. Misalnya, "Aku minta maaf ya. Ah kamu mah, masa gitu saja marah sih".


8. Beri Waktu Teman atau Pasanganmu Memberi Maaf


Jika kamu sudah meminta maaf dengan tulus, berikan waktu pada orang itu untuk bisa memaafkanmu. Beri dia waktu agar bisa menyembuhkan luka hatinya. 


(Baca Juga: 4 Red Flags Pada Pasangan Yang Enggak Bisa Kamu Abaikan)


Itulah beberapa cara minta maaf yang baik pada orang lain. Renungi dan akui kesalahan kamu, lalu perbaiki hubungan kalian menjadi lebih baik. 




(Penulis: Calvin)

Life & health