Hair & beauty

Pori-Porimu Besar? Yuk Coba 5 Cara Mengecilkannya!

By : Her World Indonesia - 2023-03-29 16:00:01 Pori-Porimu Besar? Yuk Coba 5 Cara Mengecilkannya!

Pori-pori besar menjadi masalah bagi sebagian orang. Hal ini disebabkan pori-pori yang besar dapat menyebabkan berbagai permasalahan kulit lainnya. Produksi minyak yang berlebih pada pori-pori besar dapat merangsang pertumbuhan jerawat pada kulit. Hal ini disebabkan pori-pori yang besar membuat kotoran, debu, dan sisa makeup lebih mudah terperangkap di lapisan atas kulit.


Maka dari itu, pasti kamu yang memiliki pori-pori besar ingin segera mengecilkan pori-pori wajahmu untuk terhindar dari masalah seperti pertumbuhan jerawat. Menurut beberapa sumber, ada cara-cara yang bisa kamu coba untuk mengecilkan pori-pori dengan cepat, nih!


1. Membersihkan wajah secara rutin


(Mencuci muka dapat membersihkan pori-pori wajah dan membantu mengecilkannya. Foto: Dok. Miriam Alonso/Pexels)


Setiap hari kamu tidak terlepas dari paparan debu dan partikel-partikel kotoran, terutama bagi kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan. Membersihkan wajah menjadi rutinitas yang penting karena jika tidak, debu dan partikel-partikel kotoran dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan irirtasi. Pori-pori tersumbat menjadi pemicu untuk membesarnya pori-pori.


Maka dari itu, kamu disarankan untuk membersihkan wajah sebanyak dua kali sehari, pada pagi dan malam hari sebelum tidur. Selain rutin mencuci muka, kamu jangan harus memastikan kalau sabun wajah yang kamu gunakan sudah sesuai dengan tipe kulit wajahmu.


2. Gunakan tabir surya


(Penggunaan tabir surya akan memproteksi kolagen pada wajah agar kulit tetap lembut dan berkilau. Foto: Dok. Kampus Production/Pexels) 


Ternyata penggunaan tabir surya berpengaruh terhadap pori-pori kamu, lho! Segala rangkaian skincare yang sudah kamu gunakan akan menjadi sia-sia jika kamu melewatkan penggunaan tabir surya. Hal ini disebabkan, ketika wajah semakin sering terpapar matahari, lama kelamaan kulit akan rusak. Kulit akan semakin berkurang kekencangannya. Saat itulah, pori-pori wajah membesar.


Kolagen adalah kandungan pada wajah yang membuat kulit lembut dan berkilau, sedangkan matahari adalah musuh terbesarnya. Oleh karena itu, dengan menggunakan tabur surya secara rutin, kamu dapat mengecilkan pori-pori wajahmu. Gunakan tabir surya yang melindungi kulit dari paparan UVA dan UVB, dengan minimal 30 SPF atau lebih tinggi untuk perlindungan yang maksimal.


(Baca Juga: 26 Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dan Cepat)


3. Eksfoliasi wajah secara berkala

Eksfoliasi wajah menjadi salah satu cara mengecilkan pori-pori wajah yang sering dilewatkan oleh banyak orang. Padahal, eksfoliasi ini dinilai efektif dapat mengecilkan pori-pori pada wajah karena bekerja menghilangkan sumbatan-sumbatan pada pori-pori yang menyebabkan pori-pori menjadi besar. Eksfoliasi akan membantu mnegangkat sel kulit mati dari permukaan.


Walaupun efektif, ekfoliasi tidak perlu dilakukan sering-sering. Kamu cukup melakukan eksfoliasi minimal satu sampai dua kali dalam seminggu. Kamu dapat menggunakan produk khusus eksfoliasi wajah atau scrub lembut untuk melakukan eksfoliasi. Kemudian, jangan lupa untuk langsung menggunakan pelembap karena eksfoliasi dapat membuat kulit menjadi kering.


4. Gunakan clay mask


(Clay mask dapat bekerja mengangkat minyak berlebih pada wajah dan membuat pori-pori mengecil. Foto: Dok. Ivan Samkov/Pexels)


Clay mask memiliki manfaat yang dapat mengecilkan pori-pori wajah masker ini mampu untuk menyerap sebum/minyak berlebih pada kulit. Selain itu, masker ini juga dapat membantu mengangkat kotoran dan sel kulit mati. Kemampuan menghilangkan kandungan minyak berlebih tersebut yang membantu mencegah pori-pori membesar dan membuatnya jadi tersamarkan.


Clay mask dapat kamu gunakan satu sampai dua kali dalam seminggu secara rutin. Namun sebagai catatan, hindari menggunakan clay mask dan melakukan eksfoliasi secara bersamaan. Hal ini dokhawatirkan dapat berpotensi menyebabkan kulit iritasi.


(Baca Juga: Kenali 6 Ciri-Ciri Kulit Wajah Butuh Eksfoliasi)


5. Gunakan pelembap yang tepat

Menjaga kulit selalu lembap merupakan salah satu cara agar kamu terhindari dari pori-pori besar. Walaupun kamu memiliki jenis kulit berminyak, kamu tetap disarankan untuk menggunakan belembap yang sesuai dengan kebutuhan jenis kulitmu. Biasanya, bagi kamu yang memiliki jenis kulit berminyak, sebaiknya menggunakan pelembap yang ringan dan berbahan dasar air.


Pelembap dapat efektif membantu mengecilkan pori-pori karena pelembap dapat membuat kulit wajahmu terhidrasi serta mempertahankan kelembapan alaminya dengan baik. Ketika kulitmu terhidrasi, sebaceous gland (kelenjar minyak) dalam pori-pori yang bertugas memproduksi minyak alami tidak perlu bekerja ekstra untuk mempertahankan kelembapan alami kulit wajahmu. Kulit yang terhidrasi dan lembap akan terlihat dan menjadi kencang. Kalau kulitmu kencang, pori-pori akan otomatis mengecil.


Berikut lima cara yang bisa kamu coba untuk mengecilkan pori-pori wajahmu yang besar dengan cepat. Semoga bermanfaat dan kulit wajahmu akan semakin sehat.


(Penulis: Nathania Adella Putri)

Hair & beauty