26 Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dan Cepat


  • 26 Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dan Cepat
    26 Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dan Cepat , (Foto: Freepik)

    Demi mendapatkan kulit wajah segar dan cerah, beberapa orang kerap melakukan berbagai cara, termasuk dari bantuan krim, pelembap dan sebagainya. Ini tak lain karena kulit kusam sering kali mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri.


    Faktor yang membuat kulit wajah kusam

    Banyak faktor yang membuat kulit wajah seorang jadi kusam, mulai dari kesehatan tubuh, kebiasaan sehari-hari dan juga lingkungan. Untuk bisa mengatasinya, seseorang harus tahu terlebih dulu penyebab yang membuat kulit wajah jadi kusam.



    Apa saja? Ada beberapa faktor yang membuat kulit kusam, dan proses membuat kulit tampak segar, cerah terhalang. Dari penelusuran sejumlah sumber, berikut enam di antaranya yang patut disiasati: 

    1. Begadang

    Begadang membuat seseorang kurang tidur, dan ini bisa membuat tingkat kelembpban kulit menurun. Efeknya, kulit menjadi kering akibat dehidrasi, dan wajah tidak terlihat fresh saat keesokan paginya. Cara mengatasinya, tidur cukup, antara 7-8 jam sehari.

    2. Kurang minum air

    Di saat kebutuhan air dalam tubuh kurang, kondisi itu membuat kelembapan kulit juga berkurang. Akibatnya, kulit jadi terlihat kusam, atau bahkan kulit jadi kering. Solusinya kondisi ini sendiri ialah kamu hanya perlu memperbanyak konsumsi air putih 8-12 gelas perhari.

    3. Sering stres

    Stres, apakah itu karena marah ditahan, kecewa atau frustasi, menyebabkan peningkatan kortisol yang memengaruhi aliran darah ke kulit dan menghambat perbaikan kulit. Alhasil, proses regenerasi sel kulit tidak berjalan dengan lancar. Efeknya, kesehatan kulit jadi terganggu dan wajah jadi tidak terlihat cerah. 

    Untuk mengurangi kadar stres, selain harus mengatasi akar masalahnya, kamu bisa menekan rasa stres dengan berolahraga. Penelitian menunjukkan berolahraga bisa membantu mengurangi stres seseorang. Bagaimana aturan berolahraganya? Lakukan berolahraga 3 hingga 4x dalam seminggu. Semisal, jogging atau aerobik. 

    4. Terpapar polusi udara, debu dan matahari

    Tiga hal tersebut bisa menyebabkan kelembapan kulit berkurang dan dampaknya membuat tampilan wajah jadi kering dan kasar. Solusi kondisi ini, kamu bisa memperbanyak konsumsi antioksidan, seperti sayur dan buah, khususnya yang kaya vitamin C dan kolagen. Itu bisa membantu mengembalikan kesehatan kulit wajah.

    5. Merokok

    Alasannya, karena rokok merupakan zat radikal bebas dan merusak kolagen sehingga kulit jadi tidak sehat dan cepat kendur. Solusi dari kondisi ini tak ada cara lain selain berhenti merokok. Untuk berhenti merokok, seseorang bisa melakukan dengan mengurangi jumlah hariannya secara perlahan-lahan hingga benar-benar berhenti. Kuncinya, bila sudah niat, semua cara pasti diusahakan. Tapi kalau tidak niat, pasti akan ada 1001 alasan.

    6. Produk make-up dan skin care yang salah

    Ya, mungkin bila kamu merasa terhindar dari gaya hidup di atas, mungkin penyebabnya ialah pemakaikan produk make-up yang salah. Sebab, pemakaian produk make-up yang salah bisa membuat kulit kering. Misalnya, hindari penggunaan cairan pembersih yang isinya mengandung alkohol. Untuk itu, usahakan memakai cairan pembersih wajah yang bisa menghapus riasan sekaligus melembapkan wajah.

    Untuk mengatasi kulit kusam karena produk pemakaian make-up, berikut solusi lengkapnya:

    1. Pakai produk perawatan wajah sesuai jenis kulit.
    2. Gunakan pelembap untuk menjaga kelembapan kulit
    3. Pakai tabir surya saat akan terpapar sinar matahari, khususnya untuk yang kandungan SPF-nya, 30.
    4. Rutin cuci muka dua kali sehari untuk mencegah penyumpatan kotoran di pori-pori.
    5. Usahakan jangan bertukar produk kosmetik dengan orang lain.

    Namun, bila usaha yang kamu lakukan belum memuaskan, tak perlu segera ke klinik kecantikan. Yang terpenting hanya bagaimana kecantikan kembali dengan cepat tanpa memikirkan efek samping dan kocek yang terkuras.

    Patut diketahui produk kecantikan mengandung bahan kimia dan punya efek samping yang tidak baik bagi kesehatan kulit. Terdapat beberapa bahan kimia dalam produk kecantikan yang perlu diwaspadai, seperti merkuri (hg), hidrokinon, asam retinoat/ tretionin/ retionic acid, resorsinol, DEG, Timbal (Pb), bahan pewarna, aluminimu, DEA, TEA, MEA, SLS/ALS, paraben, propylene glycol, isopropyl alcohol, DBP, parfum sintesis, dan petrochemicals.

    Misalnya saja merkuri. Penggunaan merkuri dalam kosmetik akan menyebabkan perubahan warna kulit, bintik-bintik hitam pada kulit, iritasi kulit, alergi, kerusakan pada otak, ginjal dan gangguan perkembangan janin. Lalu yang lebih berbahaya ialah merkuri merupakan zat karsinogenik atau zat yang bisa menyebabkan kanker pada manusia. Jadi, bisa dibayangkan kalau ada seorang wanita yang tanpa disadarinya memakai produk kecantikan berbahan merkuri dalam waktu lama, masalah kesehatan apa yang bakal menimpanya.

    Oleh karena itu, pilihan terbaik dalam kondisi itu ialah melakukan perawatan mencerahkan kulit secara alami. Karena bebas efek samping dan biayanya murah. Dan, jika kamu lakukan dengan rutin, hasilnya bisa bakal lebih bagus dibandingkan yang instan. Tidak hanya cerah merona, kulitmu juga akan lebih sehat dan indah tanpa masalah. Saat kulit kamu terus cerah dengan sendiri kamu bakal terlihat lebih putih.


    Baca juga: 6 Rekomendasi Serum untuk Memutihkan Wajah


    Cara memutihkan wajah dengan alami

    Lantas, bagaimana cara alami mencerahkan dan memutihkan wajah itu? Berikut Her World sudah merangkum 26 cara memutihkan wajah secara alami dan cepat, dan bisa dipraktekkan!

    1. Cara memutihkan wajah dengan lemon


    Cara memutihkan wajah dengan lemon


    Efektif karena… lemon mengandung vitamin C yang bisa mengurangi munculnya bintik-bintik hitam dan masalah kulit lain karena efek sinar matahari. Lemon juga mengandung asam sitrat yang membantu mengelupas sel mati, dan menghilangkan jerawa sehingga bisa membuat kulit wajah jadi putih.

    Caranya menggunakannya: 

    1. Potong lemon dan peras menjadi jus. Tambahkan setengah sendok makan air dan aplikasikan ke wajah kamu dengan bantuan kapas. Bersihkan dengan air setelah 10-15 menit dan setelahnya gunakan pelembap harian kamu. Terapkan cara ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang cepat.
    2. Atau, campurkan satu sendok makan jus lemon segar dan dua sendok makan madu dan oleskan pada wajah yang sudah bersih untuk menghilangkan kulit gelap. Itu bisa terjadi karena madu bagus untuk kulit yang bisa menghidari kulit kering dan membantu pengelupasan sel-sel kulit mati. Lakukan perawatan ini setiap hari untuk mendapat hasil maksimal.
    3. Atau, kamu bisa mencampurkan satu sendok teh jus lemon, 2 sendok makan mentimun dan 1 sendok makan teh madu. Kemudian, potong mentimun sampai ukuran kecil lalu masukan ke dalam blender dengan jus lemon. Mentimun bagus meringankan kulit yang teritasi dan membersihkan sumbatan di dalam di pori-pori kulit dan menghilangkan sel-sel kulit mati. Untuk mendapat hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini setiap hari.




    2. Cara memutihkan wajah dengan pepaya

    Cara memutihkan wajah dengan pepaya


    Efektif karena… pepaya punya enzim papain, enzim penghancur protein yang merupakan kandungan penghancur jerawat. Enzim ini juga sangat efektif memperbaiki kulit dan memutihkan kulit dan juga membuat kulit jadi bersinar. Dan perawatan yang memakai pepaya bagus karena bisa digunakan untuk semua jenis kulit.

    Cara menggunakannya:

    1. Hancurkan pepaya sampai halus, lalu oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan. Kemudian tunggu sampai 20 menit, lalu bersihkan dengan air. Lakukan perawatan dengan 'masker' ini setiap hari untuk mendapat hasil yang cepat.
    2. Atau, campurkan satu sendok makan pepaya yang sudah dihaluskan dan setengah sendok makan jus lemon segar dan lalu aplikasikan kulit wajah yang sudah bersih. Biarkan selama minimal 20 menit lalu bersihkan dengan air. Lakukan setiap hari agar mendapat khasiat dengan cepat. Racikan ini akan menyerap minyak di wajah, dan membuat kulit jadi cerah dan bersih dari kotoran.
    3. Atau, campurkan satu sendok makan pepaya yang sudah halus dengan satu sendok makan madu untuk menghidrasi kulit dan membuatnya terhindar masalah kulit. Lalu biarkan ‘masker’ tersebut bertahan sampai 20 menit kemudian bersihkan dengan air. Lakukan perawatan ini setiap hari untuk mendapat hasil maksimal.




    3. Cara memutihkan wajah dengan kunyit

    Cara memutihkan wajah dengan kunyit


    Efektif karena… karena kaya vitamin C yang bisa mencerahkan bintik-bintik gelap. Selain itu, kunyi juga punya kolagen yang bisa menjaga kulit tetap kencang. Perawatan ini juga bisa dilakukan semua orang karena bisa digunakan untuk semua jenis kulit.

    Cara menggunakannya:

    1. Campurkan satu sendok makan bubuk kunyit, 1 satu sendok jus lemon dan 1 satu sendok teh madu dan campurkan sampai halus. Kemudian, aplikasikan ke wajah dan leher, dan biarkan selama sekitar 30 menit. Setelah itu bersihkan dengan air. Untuk mendapat hasil maksimal, disarankan melakukan perawatan ini setiap hari.
    2. Masker alami ini bagus digunakan semua orang, khususnya bagi dengan karakter kulit wajah berminyak. Karena kandungan lemon yang ada dialamnya bisa menyerap minyak, sementara madu akan menjaga kulit tetap lembap. Lalu kunyit akan membantu pengelupasan sel-sel kulit mati. Alhasil, kulit seseorang bisa jadi cerah.
    3. Atau, kamu bisa mencampur setengah sendok makan bubuk kunyit dengan dua sendok makan gel lidah buaya untuk mencerahkan kulit dengan cepat. Sebab, lidah buaya bagus untuk mengatasi kulit kering dan sensitif, membuat kulit lembab dan meringankan kulit yang sedang teritasi.




    4. Cara memutihkan wajah dengan gel lidah buaya

    Cara memutihkan wajah dengan gel lidah buaya

    Efektif karena... gel lidah buaya mengandung vitamin A, C dan E yang merupakan antioksidan. Antioksidan bermanfaat melindungi kulit dengan membatasi produksi radikal bebas yang bisa menghancurkan sel-sel kulit. Di samping itu, gel lidah buaya juga mengurangi tanda penuaan dan membantu mencerahkan bintik-bintik gelap atau lubang bekas jerawat. Usahakan untuk menggunakan lidah buaya asli yang bebas dari kandungan berbahaya.

    Cara menggunakannya:

    1. Campurkan satu sendok makan gel lidah buaya dengan 1 sendok jus lemon dan terapkan di wajah dan leher. Lalu biarkan sekira 30 menit. Setelahnya basuh wajah sampai bersih. Usahakan jadi perawatan harian bila ingin mendapat hasil cepat.
    2. Atau, campurkan 1 sendok gel lidah buaya dengan satu sendok makan madu lalu aplikasikan di wajah yang sudah dibersihkan. Biarkan racikan alami itu selama 30 menit dan bersihkan dengan air biasa. Lakukan perawatan ini setiap hari. Racikan pada masker akan melembapkan dan meringankan bintik-bintik gelap di wajah.




    5. Cara memutihkan wajah dengan yogurt

    Cara memutihkan wajah dengan yogurt


    Efektif karena... Asam laktat yang terkandung di dalam yogurt sangat ampuh mengusir flek hitam akibat pigmentasi, bekas jerawat, dan meratakan kulit belang, yang mungkin sering bikin kamu kurang percaya diri. Yogurt juga cocok untuk semua jenis kulit terutama bagi kamu yang memiliki kulit kering, karena dapat memberikan kelembaban yang sangat baik untuk kulit.

    Cara menggunakannya:

    Campurkan 1 sendok makan yogurt dengan setengah sendok makan kunyit. Oleskan ke wajah yang sudah dibersihkan, diamkan selama 30 menit atau sampai terasa kering. Lalu bilas dengan air biasa. Lakukan setiap hari untuk hasil yang lebih baik. 




    6. Cara memutihkan wajah dengan jeruk


    Cara memutihkan wajah dengan jeruk


    Efektif karena… karena jeruk memiliki kandungan vitamin yang tinggi. Apalagi kulitnya, kandungan vitamin C-nya malah lebih banyak daripada jeruk itu sendir. Nah, karena kandungan vitamin c yang tinggi itulah, kulit jeruk sangat bagus untuk membantu menyelesaikan masalah kecantikan. Terutama untuk mencerahkan wajahmu. 

    Cara menggunakannya:  

    1. Sebagai body scrub: Jemur kulit jeruk di bawah sinar matahari sampai kering. Lalu giling hingga menjadi bubuk. Kamu bisa menggunakan bubuk kulit jeruk sebagai body scrub. Kandungan antioksidan dalam kulit jeruk dapat memperlambat kerusakan kulit yang diakibatkan paparan sinar UV, dan polusi, serta membantu memudarkan pigmentasi gelap pada kulit.
    2. Sebagai masker wajah: Campurkan bubuk kulit jeruk dengan susu sampai berbentuk pasta. Oleskan ke wajah kamu yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air biasa. Lakukan setiap hari untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat. Selain itu, kamu juga bisa memakainya dengan jenis jeruk lain, semisal jeruk nipis. Bagaimana caranya? Simak videonya di bawah ini.




    7. Cara memutihkan wajah dengan kentang

    Cara memutihkan wajah dengan kentang


    Efektif karena... kentang mengandung vitamin B6 yang bisa mengatasi masalah kulit mengelupas dan membuat kulit cerah. Oleh karenanya, jika kamu menderita masalah kulit kering, terkelupas, atau kusam dan tidak berseri, jangan langsung ngambil langkah seribu menuju apotek, karena yang kamu butuhkan hanya vitamin B dan bisa kamu dapatkan di kentang.

    Cara menggunakannya:

    Kupas kulit kentang dan potong menjadi potongan kecil. Lalu haluskan seperti kamu membuat jus. Kemudian campurkan jus kentang dengan ½ sendok teh lemon dan oleskan pada wajah kamu yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 20 menit lalu bilas hingga bersih. Ulangi setiap hari untuk hasil yang maksimal.


     


    8. Cara memutihkan wajah dengan wortel


    Cara memutihkan wajah dengan wortel


    Efektif karena... sayur oranye yang satu ini ampuh untuk mengurangi melanin yang menjadi penyebab penggelapan kulit. Wortel baik untuk semua jenis kulit dan cara pengaplikasiannya pun mudah.

    Cara menggunakannya:

    Bersihkan wortel, lalu potong kecil-kecil dan blender hingga halus bersama kulitnya. Campurkan 1 sendok makan yogurt dan beberapa ½ sendok teh air lemon. Aduk hingga membentuk adonan. Setelah itu kamu tinggal aplikasikan ke wajah seperti masker. Diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air bersih. Masker ini akan meremajakan kulit kamu dengan membentuk sel-sel kulit baru dan membuang sel-sel kulit mati penyebab kusam.




    9. Cara memutihkan wajah dengan susu bubuk

    Cara memutihkan wajah dengan susu bubuk

    Efektif karena... susu mengandung vitamin seperti vitamin A, vitamin B3, dan nutrisi penting lainnya. Yang mana bisa membantu mengurangi kerusakan kulit, meningkatkan hidrasi, menjadikan kulit lebih sehat, bersinar dan lebih segar. Susu bubuk dapat kamu jadikan solusi untuk kulit kusam dan berpigmen.

    Cara menggunakannya:

    Campurkan 1 sendok makan susu bubuk, 1 sendok teh jus lemon, dan 1 sendok teh madu. Kemudian aduk merata hingga berbentuk pasta. Oleskan ke wajah kamu yang sudah dibersihkan. Lalu diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air biasa. Lakukan setiap hari untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.




    10. Cara memutihkan wajah dengan cendana

    Cara memutihkan wajah dengan cendana

    Efektif karena... Cendana memiliki kandungan anti-tanning, anti-penuaan, menyembuhkan jerawat dan bekas jerawat, serta membersihkan kulit. Kandungan tersebut dapat mencerahkan wajahmu secara alami. 

    Cara penggunaannya:

    Campur 1 sendok makan bubuk cendana dengan air mawar secukupnya hingga membentuk pasta yang halus. Oleskan ke wajah yang sudah dibersihkan, diamkan selama 20 menit. Lalu bilas dengan air hingga bersih. Masker ini akan membuat wajahmu bercahaya dalam sekejap dan mencegah tumbuhnya jerawat. Ini merupakan metode kuno yang biasa digunakan ratu-ratu dan putri raja untuk mencerahkan kulit mereka.




    11. Cara memutihkan wajah dengan menggunakan tomat

    Cara memutihkan wajah dengan menggunakan tomat


    Efektif karena... kandungan likopennya tinggi dan antioksidannya yang kuat. Sehingga memberikan manfaat yang besar untuk kulit. Apakah itu melindungi kulit dari sinar UV, menunda penuaan kulit, dan mencerahkan kulit. Selain itu, kandungan vitamin A dalam tomat juga ampuh memudarkan bintik-bintik hitam di wajah dan menghaluskan kulit.

    Cara menggunakannya:

    Haluskan 1 buah tomat atau cukup dihancurkan saja. Lalu campurkan 1 sendok jus tomat dengan 1 sendok makan susu bubuk dan 1 sendok makan kunyit bubuk. Aplikasikan ke wajah seperti masker, tunggu hingga 20 menit. Lalu bersihkan dengan air biasa. Pemakaian masker ini secara rutin setiap hari tidak hanya dapat mencerahkan kulitmu, tetapi juga mampu menghilangkan lingkar hitam di bawah mata atau yang biasa disebut mata panda.




    12. Cara memutihkan wajah dengan gula

    Cara memutihkan wajah dengan gula


    Efektif karena... butiran-butiran gula yang mirip scrub dapat membantu mengelupaskan dan membersihkan kotoran-kotoran yang menyumbat pori-pori kulit kamu. Selain itu, gula juga dapat melembapkan dan mencerahkan kulit hanya setelah beberapa kali pemakaian. 

    Cara mengunakannya:

    Campurkan 2 sendok makan gula dengan 1 sendok makan minyak zaitun dan 1 sendok makan jus lemon. Aduk rata dan aplikasikan ke seluruh kulit wajah kamu. Pijat lembut seperti menggunakan scrub selama 3-5 menit untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang membuat kulit kusam dan gelap. Lakukan seperlunya.


    13. Cara memutihkan wajah dengan oatmeal

    Cara memutihkan wajah dengan oatmeal


    Efektif karena... Oat adalah exfoliator (pengelupasan kulit dengan menggunakan scrub) yang sangat bagus. Apalagi dicampur dengan air jeruk nipis dan susu. Sebab, air jeruk nipis membantu dalam pencerah kulit dan susu akan melembabkan kulit. Jadi, bila campuran ini digunakan bisa memberikan kecerahan yang maksimal untuk kulit seseorang. Selain itu juga akan membuat kulit terlihat sehat. Kulit yang sehat tentu akan jauh dari segala masalah yang menimbulkan resah.

    Cara menggunakannya:

    Ambil 2 sendok teh oatmeal, kemudian campurkan dengan ½ sendok teh jus lemon dan susu secukupnya hingga berbentuk pasta halus. Aplikasikan ke seluruh wajah kamu yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 20 menit, lalu bersihkan dengan air biasa.




    14. Cara memutihkan wajah dengan mint

    Cara memutihkan wajah dengan mint


    Efektif karena... mint dapat membantu memurnikan darah dan mengurangi timbulnya jerawat. Sedangkan jika mengaplikasikannya di permukaan kulit, maka dapat memudarkan bekas jerawat dan noda di wajah kamu. Selain itu, mint juga bisa membersihkan pori-pori kulitmu dan menghilangkan komedo seketika. Kandungan vitamin A-nya dapat mengendalikan minyak berlebih di wajah sehingga kulit akan tampak lebih cerah dan segar. 

    Cara menggunakannya:

    Campurkan 1 sendok makan pasta mint dengan 1 sendok makan yogurt dan ½ sendok teh. Aduk hingga berbentuk pasta halus, kemudian aplikasikan di wajah sebagai masker. Diamkan selama 20 menit lalu bilas hingga bersih.


    15. Cara memutihkan wajah dengan tepung Gram

    Cara memutihkan wajah dengan tepung Gram


    Efektif karena... Tepung gram punya kandungan yang bisa mengontrol sekresi minyak dan menyerap kelebihan minyak atau sebum. Selain itu, tepung gram juga dapat menghilangkan kotoran dan racun dari lapisan kulit wajah terdalam sehingga membuat kulit jadi lebih bercahaya, lembut, serta lentur. Sifat pengelupasan alami dari tepung gram menghilangkan kulit mati dan mendorong produksi sel baru lebih cepat. 

    Cara menggunakannya:

    Campurkan tepung gram, yogurt, dan kunyit sampai berbentuk pasta halus. Oleskan ke seluruh wajah kamu yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 20 menit lalu bilas.


    16. Cara memutihkan wajah dengan tanah liat

    Cara memutihkan wajah dengan tanah liat


    Efektif karena... tanah liat mengandung magnesium oksida yang dapat menyerap sebum berlebih, membersihkan kulit, dan menyerap lemak, serta memperbarui sel di kulit. Nutrisi penting yang terkandung dalam tanah liat juga memberikan efek toning pada kulit, dan sering dijadikan zat pemutih oleh agen pencerah kulit.

    Cara menggunakannya:

    Cukup mencampur tanah liat dengan air mawar. Aplikasikan ke seluruh wajah. Lalu diamkan selama 20 menit dan bilas hingga bersih.


     


    17. Cara memutihkan wajah dengan tepung beras

    Cara memutihkan wajah dengan tepung beras


    Efektif karena... kandungan anti penuaan alami pada beras dan sifatnya yang bisa menyerap minyak. Sehingga membuat tepung beras sangat cocok digunakan sebagai pengusir kekusaman dan jerawat di wajah. Beras juga merupakan bahan anti-inflamasi dan pemutih kulit alami yang dapat menenangkan kulit akibat terbakar sinar matahari. Selain itu, beras juga bisa menjadikan kulit halus dan cerah.

    Cara menggunakannya:

    Campurkan 1 sendok makan tepung beras, 1 sendok makan yogurt, dan 1 sendok makan jus lemon. Aduk hingga bertekstur seperti pasta. Oleskan ke seluruh wajah yang sudah dibersihkan sambil dipijit perlahan selama 3-5 menit. Diamkan 20 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih. Ulangi setiap hari untuk mendapatkan kulit yang cerah dan indah.




    18. Cara memutihkan wajah dengan nanas

    Cara memutihkan wajah dengan nanas


    Efektif karena... Nanas selain enak, ternyata kaya kandungan  mineral, vitamin C dan bromelain yang bisa meningkatkan kecantikan paras wanita, yakni bisa menghilangkan jerawat, kerutan halus, flek hitam, bahkan kutil di wajahmu -- jika digunakan rutin setiap hari.

    Cara menggunakannya: 

    Kupas kulit nanas dan bersihkan. Lalu blender hingga halus. Tambahkan sedikit madu lalu aduk merata. Oleskan ke seluruh wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 20 menit lalu bilas hingga bersih. Lakukan setiap hari untuk mendapatkan kulit yang indah dan bebas cacat.




    19. Cara memutihkan wajah dengan kiwi

    Cara memutihkan wajah dengan kiwi


    Efektif karena... Kiwi mengandung vitamin C yang lebih tinggi daripada jeruk. Selain itu, kiwi juga memiliki asam alfa hidroksi yang sangat bagus untuk menjaga elastisitas di kulit dan untuk mengangkat sel kulit mati. Buah yang sangat sempurna untuk kulitmu, terutama di cuaca dingin. Kiwi mampu menjaga kulitmu dari kekeringan.

    Cara menggunakannya:

    Kupas kiwi dan haluskan. Tambahkan 1 sendok makan yogurt dan 1 sendok makan madu ke dalam adonan kiwi, lalu aduk rata. Oleskan ke seluruh wajah kamu, biarkan selama 20 menit. Lalu bersihkan dengan air.




    20. Cara memutihkan wajah dengan putih telur

    Cara memutihkan wajah dengan putih telur


    Efektif karena... protein di dalam telur mampu memperbaiki jaringan dan mengencangkan kulit. Selain itu, vitamin A dalam telur bisa mengangkat sel-sel kulit mati, mengobati jerawat, mengatur produksi minyak kulit, dan membuat kulit kamu menjadi halus serta lembab. Penggunaan masker putih telur secara teratur akan mencerahkan kulit kamu dan mencegah efek penuaan.

    Cara menggunakannya:

    Campurkan 1 putih telur, 1/2 sendok makan jus lemon, dan 1 sendok bubuk kunyit. Aduk rata hingga terbentuk seperti pasta. Oleskan pada wajah kamu yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 20 menit lalu bilas hingga bersih. 




    21. Cara memutihkan wajah dengan stroberi

    Cara memutihkan wajah dengan stroberi


    Efektif karena... stroberi kaya akan vitamin C, asam alfa hidroksi, dan polifenol yang sangat ampuh untuk mencerahkan kulit, menghilangkan flek hitam, membasmi jerawat, keriput, dan melembabkan kulit yang kering. Asam alfa hidroksinya membantu mengangkat sel-sel kulit mati di kulitmu dan membuatnya bersih.

    Cara menggunakannya:

    Masukkan 3-4 stroberi ke dalam blender dan haluskan hingga membentuk pasta kental. Campurkan 1 sendok makan susu bubuk dan ½ sendok teh lemon, lalu aduk rata. Oleskan ke seluruh wajah kamu dan diamkan selama 20 menit. Lalu bilas dengan air biasa hingga bersih. Lakukan setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.




    22. Cara memutihkan wajah dengan minyak Vitamin E

    Cara memutihkan wajah dengan minyak Vitamin E

    Efektif karena... Vitamin E tidak hanya dapat memutihkan kulit, tetapi juga bisa membuat kulit halus, lembut, dan lentur. Terlebih lagi, vitamin ini dapat menghilangkan noda, bekas luka, dan kerutan di kulit. Oleh karenanya, vitamin C bisa jadi pilihan sebagai pengganti toner untuk kulit wajahmu.

    Cara menggunakannya:

    Taruh beberapa minyak zaitun di tangan kamu yang sudah dibersihkan. Campurkan dengan 1 kapsul vitamin E, lalu aplikasikan ke wajahmmu. Pijat lembut selama 3-5 menit, kemudian diamkan semalaman agar lebih menyerap ke kulit. Lakukan setiap hari untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.




    23. Cara memutihkan wajah dengan akar licorice

    Cara memutihkan wajah dengan akar licorice

    Efektif karena... akar licorice merupakan bahan untuk membuat serum. Sehingga bisa digunakan sangat bagus untuk kesehatan kulit wajah, mulai dari mengatasi kulit berminyak, iritasi, dan warna kulit yang tidak rata.

    Cara menggunakannya:

    Ambil 1 sendok makan bubuk akar licorice, lalu campurkan dengan 1 sendok makan oatmeal dan madu secukupnya. Buat seperti adonan kental, oleskan ke seluruh kulit wajah kamu yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan setiap hari untuk mendapatkan kulit yang bercahaya dan sehat.




    24. Cara memutihkan wajah dengan lentil merah

    Cara memutihkan wajah dengan lentil merah

    Efektif karena... Lentil merah kaya akan vitamin B yang bisa membantu mengobati banyak masalah kulit seperti mengangkat sel kulit mati, membuat kulit halus dan cerah. Selain itu, lentil merah  juga mampu menghilangkan racun dari kulit dan membuat kulit menjadi sehat.

    Cara menggunakannya:

    Rendam miju-miju semalam, haluskan, dan buat seperti adonan dengan menambahkan susu. Campurkan dengan sedikit madu. Aduk rata dan oleskanke seluruh wajah kamu. Diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air bersih. Sisa adonan miju miju ini bisa kamu simpan di kulkas selama 2 sampai 3 hari. Ulangi pemakaian masker ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


    25. Cara memutihkan wajah dengan bengkoang

    Cara memutihkan wajah dengan bengkoang


    Efektif karena.....   Buah putih yang terasa manis dan mengandung air ini kaya akan vitamin B dan vitamin C, yang berperan penting dalam mencerahkan kulit. Vitamin C-nya sangat bagus membantu regenerasi kulit kamu sehingga kulit selalu terlihat bersih dan bercahaya.

    Cara menggunakannya:

     - Sebagai scrub

    Ambil satu buah bengkoang ukuran sedang. Kupas kulitnya dan cuci hingga bersih. Parut bengkoang (bisa memakai parutan keju), lalu oleskan ke seluruh wajah kamu yang sudah dibersihkan. Pijat lembut selama 3-5 menit sampai sel-sel kulit mati penyebab kekusaman terangkat. Lalu bilas hingga bersih.

    - Sebagai masker

    Ambil 2 buah bengkoang, kupas kulitnya, lalu parut. Setelah itu peras airnya tanpa perlu ditambahkan air lagi. Diamkan air perasan bengkoang di wadah bersih, lalu diamkan sampai mengendap. Setelah mengendap, kamu bisa gunakan endapan dari air bengkoang tersebut sebagai masker. Oleskan ke seluruh wajah, dan diamkan sampai kering. Lalu cuci dengan air hingga bersih. Lakukan setiap hari untuk mendapatkan wajah yang selalu cerah bersinar.



    26. Cara memutihkan wajah dengan ampas teh

    Cara memutihkan wajah dengan ampas teh


    Efektif karena...  Sejak dulu teh terkenal memiliki banyak manfaat untuk kulit. Salah satunya untuk mencerahkan kulit. Teh mengandung antioksidan dan zat anti penuaan yang baik dalam menjaga kesehatan kulit. Jika dipakai secara teratur, kulit kamu akan terlihat lebih cerah, lembab, sehat, dan bebas dari jerawat.

    Cara menggunakannya:

    Ambil 1 kantong ampas teh, lalu campurkan dengan 1 sendok makan madu dan 1 sendok makan tepung beras. Aduk rata hingga membentuk seperti adonan. Setelah semua tercampur rata, oleskan ke seluruh wajah kamu yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 20 menit, lalu bersihkan dengan air hangat agar pori pori kulitmu terbuka, sehingga semua kotoran keluar. Lakukan setiap hari untuk mendapatkan kulit yang sehat, cerah bercahaya, dan bebas dari jerawat.





 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below