Life & health

Kisah Ken Dedes Diangkat Jadi Musikal, Ini Faktanya!

By : Natasha Fitrand - 2023-03-28 17:00:01 Kisah Ken Dedes Diangkat Jadi Musikal, Ini Faktanya!

Ken Dedes, permaisuri Ken Arok pendiri Kerajaan Singasari merupakan sosok penting dalam sejarah kerajaan di Indonesia. Kisahnya yang ikonis sekaligus tragis sudah banyak diceritakan dalam buku-buku sejarah bahkan diangkat menjadi karya-karya modern seperti film, drama, hingga musikal. Tahun ini, kisah menarik Ken Dedes kembali ditampilkan dalam musikal modern yang dipersembahkan oleh EKI Dance Company dan Ciputra Artpreneur pada tanggal 18 – 19 Maret 2023 di Ciputra Artpreneur, Jakarta.


Musikal Ken Dedes ini dibawakan dengan gaya bahasa yang segar dan dibalut dengan artistik yang menggabungkan seni dan teknologi. Salah satu hal menarik pada musikal ini adalah dua tokoh perempuan Ken Dedes dan Ken Umang mendapatkan porsi lebih dalam cerita.


(Baca Juga: MUFFEST+ 2023 Hadirkan Fashion Show Modest Wear 200 Desainer)


(Teater Musikal Ken Dedes di Ciputra Artpreneur Jakarta. Foto: Dok. EKI Dance Company)


Musikal Ken Dedes digarap oleh nama-nama yang terkenal dan memiliki reputasi cemerlang di dunia kesenian Indonesia, seperti Rusdy Rukmarata sebagai sutradara dan koreografer, Titien Wattimena sebagai penulis naskah, Oni Krisnerwinto sebagai penata musik, dan Iskandar Loedin sebagai penata artistik.


Selain itu, Musikal Ken Dedes juga diperankan oleh bintang-bintang muda Tanah Air yang berbakat seperti Ara Ajisiwi (Ken Dedes), Taufan Purbo (Ken Arok), Nala Amrytha (Ken Umang), Uli Herdi (Tunggul Ametung), Fatih Unru (Anusapati), Geraldo Tanor (Tohjaya), dan Nino Prabowo (Kebo Ijo). Nanang Hape dan Takako Leen yang berperan sebagai Pak Larto dan sang istri Bu Laras juga berhasil menambah keseruan cerita. Ada pula penampilan spesial dari aktor senior Yayu Unru yang turut memeriahkan cerita.


(Teater Musikal Ken Dedes di Ciputra Artpreneur Jakarta. Foto: Dok. EKI Dance Company)

Ara Ajisiwi, bintang pemeran karakter Ken Dedes yang berusia 23 tahun ini sebelumnya sudah aktif menari balet sejak di usia 13 tahun. Selain itu, ia juga berbakat dalam beragam genre tari lainnya di EKI Dance Company. Saat ini, ia sudah mulai merambah di dunia perfilman. Ara Ajisiwi menjelaskan karakter Ken Dedes yang ia perankan dalam musikal ini, “Ken Dedes itu bukan sekadar perempuan yang pasrah mengikuti keinginan laki-laki di sekitarnya. Dia smart, ambisius, dan berani mengejar keinginannya dengan cara apa pun,” jelasnya.


Fatih Unru, aktor muda nominator Piala Maya tahun 2014, 2020, Festival Film Indonesia tahun 2015 dan 2018 hadir pada Musikal Ken Dedes sebagai pemeran karakter Anusapati. Fatih Unru mengaku ini adalah pertama kalinya ia kembali ke panggung setelah terlibat di berbagai film. “Sejak TK saya sering diajak ayah (Yayu Unru) untuk mencoba dunia peran. Sekarang rasanya senang sekali bisa kembali ke panggung, meski grogi juga,” tuturnya.


(Baca Juga: Jadi Musisi Terpopuler, Ini Fakta Tentang The Weeknd)



(Teater Musikal Ken Dedes di Ciputra Artpreneur Jakarta. Foto: Dok. EKI Dance Company)

Nala Amrytha, pemeran Ken Umang yang juga pelatih tari dan produser pertunjukan ini menjelaskan ragam tarian yang ditunjukkan pada Musikal Ken Dedes. “Tarian dalam musikal Ken Dedes sangat bervariasi. Ada balet, kontemporer, jazz, hiphop dan tentunya nuansa etnik juga tetap terasa. Penonton akan dimanjakan dengan beragam tarian yang dibawakan oleh para penari Indonesia,” jelasnya.


Berlangsung dengan meriah, antusiasme para penonton Musikal Ken Dedes terbayarkan dengan penampilan para pemeran yang maksimal, ditambah lagi dengan ragam nyanyian dan tarian memesona serta efek panggung yang berkualitas. Bahkan penonton musikal juga ada yang berasal dari luar kota seperti Bandung, Surabaya, hingga Batam. Total jumlah pemain, penari, musisi, tim artistik, kru dan panitia yang terlibat dalam pementasan ini mencapai 300 orang, lho.

Itu dia beberapa fakta Musikal Ken Dedes oleh EKI Dance Company dan Ciputra Artpreneur. 


Life & health