Life & health

Jadi Musisi Terpopuler, Ini Fakta Tentang The Weeknd

By : Her World Indonesia - 2023-03-26 12:00:01 Jadi Musisi Terpopuler, Ini Fakta Tentang The Weeknd

Penyanyi, penulis lagu, dan prosedur rekaman asal Kanada, The Weeknd, baru saja dinobatkan sebagai penyanyi terpopuler oleh The Guinness World Records. Ia tidak hanya mendapat satu gelar, tetapi sekaligus menerima dua gelar. Pertama, ia dinobatkan sebagai penyanyi dengan pendengar bulanan terbanyak di Spotify sebanyak 111,4 juta pendengar per 20 Maret 2023. Kedua, ia menjadi artis pertama yang mencapai 100 juta pendengar bulanan di Spotify.


Hebat sekali, bukan? Sebenernya siapa sih orang di balik nama The Weeknd yang sudah mendunia ini? Yuk, kenali lebih dalam dan ikuti perjalanan karir musisi yang satu ini!



(Abel Makkonen Tesfaye, atau yang lebih dikenal dengan The Weeknd merupakan seorang musisi asal Kanada. Foto: Dok. theweeknd/Instagram) 


Pria yang dikenal sebagai The Weeknd memiliki nama asli, Abel Makkonen Tesfaye. Ia lahir pada 16 Februari 1990 di Ontario, Kanada. Ia merupakan anak dari Makkonen dan Samra Tesfanya, yang merupakan imigran dari Ethiopia di tahun 1990.


Awal kemunculannya dimulai ketika ia secara anonim mengunggah beberapa lagu ke YouTube dengan nama “The Weeknd” pada tahun 2010. Sepanjang 2011, ia berhasil merilis tiga mixtapes dengan judul "House of Balloons", "Thursday", dan "Echoes of Silence" yang tidak disangka-sangka mendapat sambutan yang meriah dari khalayak.


(Baca Juga: The Weeknd Kembali Berkolaborasi Dengan H&M)



(The Weeknd, musisi yang mengawali karier musiknya dengan mengunggah mixtape dengan akun anonim di Youtube. Foto: Dok. theweeknd/Instagram)


Di tahun 2012, ia menandatangi kontrak dengan Republic Records. Lalu, merilis sebuah album kompilasi berjudul Trilogy yang terdiri dari lagu-lagu pada ketiga mixtape miliknya yang dimaster ulang. Dari album tersebut, ia masuk dalam top 200 Billboard.


Perjalanan kariernya terus berkembang. Pada November 2014, ia berduet dengan Ariana Grande pada lagu “Love Me Harder” di album Grande’s My Everything. Lagu tersebut berhasil mencapai posisi top 10 dari 100 lagu di Billboard. Tidah hanya berkolaborasi dengan sesama musisi, pada bulan Desember, ia berkontribusi dalam pengisian soundtrack film “Fifty Shades of Grey” melalui lagu “Earned It”. Lagu tersebut berhasi masuk urutan 3 dari 100 saat itu.



(Lagu The Weeknd yang berjudul "Blinding Lights" berada pada urutan pertama di Billboard Top 100 pada April 2020. Foto: Dok. theweeknd/Instagram)


Agustus 2015, lagunya yang merupakan pencampuran genre pop dan R&B berjudul “Can’t Feel My Face” berhasil mengisi posisi 1 dari 100. Ia pun mulai dikenal sebagai penanyi pop dan karya-karyanya terus bergantian menempatkan posisi pertama Billboard, seperti “The Hills”, “Starboy”, “Heartless”, “Blinding Lights”.


(Baca Juga: The Weekend Dan Daftar Pemenang Billboard Music Award 2021)



(The Weeknd berkolaborasi dengan Ariana Grande pada lagu Ariana yang berjudul "off the table". Foto: Dok. theweeknd/Instagram)


Dalam perjalanan kariernya, ia juga telah berkolaborasi dengan banyak musisi terkenal lainnya seperti Beyoncé, Ariana Grande, Travis Scott, French Montana, Drake, Kendrick Lamar, dan masih banyak lagi. Ia juga tercatat telah memenangkan 164 penghargaan. Beberapa di antaranya adalah 20 penghargaan Billboard Music Awards dan empat pada Grammys Award.



(Penampilan The Weeknd di Super Bowl Halftime Show pada 7 Februari 2021. Foto: Dok. theweeknd/Instagram)


Tidak kalah hebatnya lagi, pada 7 Februari 2021, ia tampil di Super Bowl Halftime Show. Ia juga diketahui menyumbang 7 juta dolar Amerika atau sekitar Rp 98 miliar untuk tampil di acara tersebut. Keren sekali!


Berikut profil dan kisah perjalanan karier The Weeknd yang baru saja dinobatkan sebagai musisi terpopuler. Siapa yang sangka? Nama anonim yang awalnya hanya digunakan untuk mengunggah mixtape di YouTube, ternyata menjadi nama sosok besar yang dikenal secara global sekarang ini.


(Penulis: Nathania Adella Putri)

Life & health