Fashion

MUFFEST+ 2023 Hadirkan Fashion Show Modest Wear 200 Desainer

By : Natasha Fitrand - 2023-03-28 12:00:01 MUFFEST+ 2023 Hadirkan Fashion Show Modest Wear 200 Desainer

Muslim Fashion Festival (MUFFEST)+ 2023 yang kedelapan telah sukses digelar pada 7-10 Maret 2023 di di The Westin Jakarta dengan tema “Unlock Global Opportunities with MUFFEST+”. Pelaksanaan MUFFEST+ tahun ini termasuk rangkaian road to Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MOTIONFEST) untuk memperkenalkan dan memperluas modest fashion Indonesia di pasar global sekaligus mewujudkan Indonesia sebagai pusat modest fashion dunia.


(Fashion show MUFFEST+ 2023 di The Westin Jakarta. Foto: Dok. MUFFEST+ 2023)

Penyelenggaraan MUFFEST+ 2023 juga merupakan wujud komitmen dan konsistensi dari Indonesian Fashion Chamber (IFC) dan seluruh stakeholder terkait dalam rangka mendukung kemajuan modest fashion di Indonesia untuk menembus pasar dunia. Melalui acara ini, modest fashion di Indonesia diharapkan bisa semakin populer dan mengalami pertumbuhan yang pesat dari tahun ke tahun tidak hanya di industri fashion Indonesia tetapi juga global.

Tentunya, pada pelaksanaan MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST 2023 turut menghadirkan beberapa rangkaian acara menarik dan meriah seperti Fashion Show, Trade Show, International Guest Designers, MYDC (Modest Young Designer Competition), Next Face 2023 Model Search, Talkshow, dan Seminar Fashion Trend Forecasting.


(Baca Juga: Si.Se.Sa Hadirkan Busana Muslim Syar'i, Raya 2023 Collection)



(Fashion show MUFFEST+ 2023 di The Westin Jakarta. Foto: Dok. MUFFEST+ 2023)


Pada Fashion Show yang banyak dinantikan, MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST 2023 menghadirkan sebanyak 200 desainer dan Trade Show dari 150 brand yang memperlihatkan keragaman gaya busana muslim mulai dari konvensional, kontemporer, hingga syar’i. Para desainer dan brand kenamaan Indonesia yang turut berpartisipasi pada acara ini antara lain Itang Yunasz, Deden Siswanto, Sofie, Hannie Hananto, TutyAdib, Irna La Perle, Nuniek Mawardi, Monika Jufry, Ina Priyono, Rya Baraba, Kursien Karzai, AM by Anggiasari, Neera Alatas, Rosie Rahmadi, Najua Yanti, Opie Ovie, Irmasari Joedawinata, Novita Yunus, Barli Asmara, Dian Pelangi, Nada Puspita, Restu Anggraini, Jenahara, Buttonscarves, Jenna&Kaia, Benang Jarum, kami., ZM Zaskia Mecca, Artkea Stripes & IKYK, Èl Abrar by Mihalul Abrar, Brilianto, MUDA, Zeta Privé, HijabChic, Aleza, Nadjani, Geulis, Aleabe Collection by Melly Goeslaw, Funky Kebaya, Roemah Kebaya Vielga, BT Batik Trusmi, dan NBRS.

Keistimewaan MUFFEST+ tahun ini bisa terlihat dari konsep utama modest wear yang diangkat, yaitu fesyen yang lebih inklusif bagi semua orang yang ingin bergaya modest, dan tentunya sebagai proses menuju kesesuaian dengan kaidah busana muslim. Acara ini juga menghadirkan 8 international guest designers dari negara-negara tetangga yakni Singapura, Laos, Kamboja, Brunei dan Thailand atas dukungan ASEAN Fashion Designers Showcase (AFDS).


(Fashion show MUFFEST+ 2023 di The Westin Jakarta. Foto: Dok. MUFFEST+ 2023)

Tetap peduli dengan lingkungan, MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST 2023 juga menghadirkan produk modest fashion Indonesia dengan menerapkan konsep sustainability yang mengoptimalkan pemanfaatan kekuatan sumber daya lokal. Selain itu, acara ini juga turut mendukung pergerakan perekonomian lokal dengan pemakaian wastra Nusantara, diantaranya adalah koleksi dari 64 brand yang merupakan anggota Industri Kreatif Syariah (IKRA) Indonesia dan UMKM binaan Bank Indonesia.

Melalui Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW), Kementerian Perdagangan (Kemendag) sebagai salah satu pihak yang mendukung MUFFEST+ 2023 ikut mempersembahkan fashion show sebagai rangkaian acara penutupan yang menghadirkan koleksi dari Jenahara, MUDA, Èl.Abrar by Mihalul Abrar, Jenna&Kaia, Barli Asmara, Archipelago Texture, Zeta Privé, Artkea Stripes & IKYK, dan Brilianto, serta perfoma dari penyanyi Tantri Kotak. Kegiatan ini sekaligus sebagai sosialisasi perhelatan JMFW 2024 yang akan dilaksanakan pada 19-21 Oktober 2023 mendatang di ICE-BSD.

Acara ini turut memberikan kesempatan kepada sekolah tinggi mode di Indonesia untuk turut menampilkan karya para mahasiswanya seperti Islamic Fashion Institute (IFI), Institut Kesenian Jakarta (IKJ), Institut Seni Budaya Indonesia Bandung, Burgo Indonesia, ISWI Fashion Academy, Akademi Wirausaha Maluku Utara dan BPVP (Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas) Semarang, serta mempresentasikan karya SMK antara lain Zelmira by SMK NU Banat Kudus dan Threelogy by SMKN3 Blitar.


(Baca Juga: Sambut Hari Raya dengan Koleksi "SANGSATA" dari Ria Miranda)


(Fashion show MUFFEST+ 2023 di The Westin Jakarta. Foto: Dok. MUFFEST+ 2023)


Tidak ketinggalan, MUFFEST+ 2023 menawarkan konsep “See Now Buy Now”, yaitu cara baru bagi penonton fashion show untuk dapat membeli koleksi runway secara digital dari desainer yang telah siap dengan sistem SNBN, segera setelah show selesai. Ada pula kampanye “Sarong is My New Style” yang kembali ditampilkan dalam MUFFEST+ 2023 untuk memberikan inspirasi gaya berpakaian Timur seperti memakai sarung sebagai suatu gaya baru yang mengglobal.

MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST 2023 berhasil berjalan berkat sinergi beberapa pihak lain antara Indonesian Fashion Chamber (IFC), Bank Indonesia, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM), Ditali Cipta Kreatif, Wardah Beauty, The Westin Jakarta, Asia Pacific Rayon (APR), Bank Syariah Indonesia (BSI), Ketenagakerjaan RI, BBPVP Semarang, Kementerian Perdagangan RI, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, YOU.C1000, ASEAN Fashion Designers Showcase (AFDS), Hijabersmom Community, dan juga Hijabers Community.


Fashion