Fashion

Tidak Ada Setrika? Coba 3 Cara Ini Untuk Rapikan Bajumu

By : Her World Indonesia - 2023-03-28 14:00:01 Tidak Ada Setrika? Coba 3 Cara Ini Untuk Rapikan Bajumu

Sering kali saat berpergian, baju yang dibawa dalam koper menjadi kusut karena terlipat-lipat tidak jelas. Keesokan harinya jika ingin dipakai, jadi terlihat jelek karena kusut. Jika di rumah, pasti kamu dapat dengan mudah langsung menyetrikanya. Namun, ketika berpergian sangat tidak praktis jika harus membawa setrika, bukan?


Menurut beberapa sumber, ada lho beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk merapikan bajumu tanpa setrika. Tidak perlu bawa setrika susah-susah saat travelling, kamu bisa coba tiga cara di bawah ini. Yuk disimak!


1. Gunakan pengering rambut


(Pengering rambut dapat membantu merapikan baju ketika tidak ada setrika. Foto: Dok. Pavel Danilyuk/Pexels)


Kebanyakan tempat penginapan zaman sekarang sudah menyediakan fasilitas barang-barang untuk meringankan bawaan kita, salah satunya pengering rambut. Pengering rambut ini ternyata dapat digunakan untuk merapikan pakaianmu yang berantakan.


Hal yang perlu kamu lakukan hanya mengatur pengering rambut pada suhu tertinggi. Lalu, kamu tinggal perlu mengarahkan pengering rambut tersebut satu sampai dua sentimeter dari pakaianmu. Cara ini cukup efektif bila digunakan pada baju berbahan katun. Hati-hati jangan sampai pakaianmu terbakar!


(Baca Juga: Cara Merawat Pakaian Berbahan Satin)


2. Gunakan teko masak air/uap shower


(Uap panas dari memasak air menggunakan teko dapat digunakan untuk merapikan pakaian yang kusur. Foto: Dok. Barbara Webb/Pexels)


Uap panas sangat efektif dalam melincinkan pakaian yang kusut. Jika tempat penginapan kamu menyediakan teko, kamu tinggal memasak air lalu tunggu hingga teko berbunyi dan mengeluarkan uap air. Setelah itu, kamu tinggal dekatan pakaianmu ke bagian ujung teko yang mengeluarkan uap. Tunggu hingga pakaianmu kembali rapi.


Jika tidak ada teko, jangan khawatir karena kamu masih bisa menggunakan uap dari shower. Kamu hanya perlu menyalakan air panas. Pastikan seluruh ruangan tertutup. Kemudian, dekatkan pakaian kusut kamu sedekat mungkin dengan kepala shower agar mengenai uap-uap air. Hati-hati jangan sampai terkena air! Setelah itu, tunggu beberapa saat sampai pakaian tidak kusut kembali. Agar tidak membuang-buang air, cara ini dapat kamu lakukan berbarengan saat kamu mandi.


3. Gunakan panci logam


(Panci panas dapat digunakan sebagai setrika untuk merapikan baju yang kusut. Foto: Dok. RODNAE Productions/Pexels)


Panci logam yang mampu menghantar panas bisa kamu gunakan untuk menggantikan peran setrika. Kamu hanya perlu mendidihkan air dengan panci tersebut. Kemudian kosongkan panci. Sekarang, bagian bawah panci yang panas dapat berfungsi seperti setrika. Letakkan pakaian kamu di atas bidang yang datar dan pakailah panci seperti setrika.


(Baca Juga: Pencinta Fashion? Wajib Tahu Cara Merawat Jaket Kulit)


Itu dia tiga cara yang bisa kamu coba untuk merapikan bajumu ketika tidak ada setrika. Praktis, bukan? Semoga bermanfaat!


(Penulis: Nathania Adella Putri)

Fashion