Cara Merawat Pakaian Berbahan Satin


  • Cara Merawat Pakaian Berbahan Satin
    Nyatanya, cara untuk merawat pakaian berbahan kain tidak sembarangan. (Foto:Dok.-racool_studio/Freepik)

    Kain satin memiliki karakter kain yang halus dan lembut, dan jatuhan yang indah. Namun meski satin dikenal sebagai bahan yang memiliki detail kilau terkesan glam, nyatanya cara untuk merawatnya tidak sembarangan. Perbedaan jenis bahan ini tentu saja memiliki perbedaan juga dalam merawatnya. Her World Indonesia telah merangkum cara merawat pakaian berbahan satin.


    Pemilihan detergen



    (Foto: Dok. RODNAE Productions/Pexels)

    Kamu tidak bisa lagi asal menggunakan detergen, karena pakaian berbahan satin diharuskan untuk menggunakan detergen cair yang khusus untuk melembutkan pakaian. Hal ini bermanfaat agar pakaian tidak rusak karena terkena cairan detergen yang berbahan keras. Pastikan kamu merendam pakaian berbahan satin selama maksimal 5 menit. Karena jika terlalu lama bisa merusak serat pada satin dan membuat warnanya cepat memudar. 


    Hindari mesin cuci dan pisahkan dari pakaian berbahan lain

    (Foto: Dok.Pexels)

    Agar pakaian berbahan satin milikmu awet, segera pisahkan dengan baju berbahan selain satin saat kamu hendak mencucinya. Karena bila tergesek dengan pakaian lain yang berbahan kasar dapat menyebabkan satin menjadi rusak. Berbeda dengan berbagai jenis bahan katun yang dikenal kuat, satin memiliki tekstur yang lembut dan mudah rusak. Untuk pakaian berbahan satin, berusahalah untuk mencuci dengan menggunakan tangan dan jangan sampai memasukkannya ke dalam mesin cuci, apalagi disikat dengan begitu kencang.


    (Baca Juga: Ingin Baju Pengantin Satin atau Sutra? Simak Faktanya)


    Pengeringan alami dan tahap setrika

    (Foto: Dok. Pexels)

    Untuk proses pengeringan pada pakaian satin, jangan sekali-kali menggunakan mesin pengering atau dijemur di bawah matahari secara langsung. Demi menjaga kualitas satin, alangkah lebih baiknya bila dikeringkan dengan diangin-anginkan ditempat yang teduh. Pastikan kamu menyetrika dengan suhu sedang untuk menjaga serat satin dan lapisi dengan kain tipis terlebih dahulu.

    Hindari menggunakan suhu setrika dengan sangat panas, karena hal ini benar-benar akan merusakan pakaian. Cara lain yang cukup aman untuk dilakukan adalah setrika bahan satin menggunakan setrika uap. Setelah itu, simpan di tempat yang sejuk dan tidak lembap. Kamu wajib memeriksa suhu dalam lemari pakaian, dan jagalah agar tetap sejuk. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya resiko timbul jamur pada pakaian satin.


    Itulah beberapa cara kamu merawat pakaian berbahan satin. Semoga berhasil dan selamat mencoba!


    (Penulis : Kandela Cikal)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below