Fashion

Pencinta Fashion? Wajib Tahu Cara Merawat Jaket Kulit

By : Her World Indonesia - 2022-09-21 19:00:02 Pencinta Fashion? Wajib Tahu Cara Merawat Jaket Kulit

Bila mencari pakaian yang akan paling tahan lama di lemari, mungkin jawabannya adalah jaket kulit. Hal ini karena jaket kulit merupakan salah satu fashion item yang sustainable, karena bahannya yang kuat dan tidak mudah rusak atau sobek. Bukan hanya itu, jaket kulit sendiri merupakan sebuah investasi untuk gaya kamu, karena desainnya yang timeless, yang selalu menjadi highlight setiap masa. Mungkin mencoba mix and match dengan jaket kulit juga sangat mudah dan langsung memberikan kesan fashionable.


Sifat tahan lamanya ini tentunya juga disertai oleh perawatan yang benar dan baik. Berikut ini Her World rangkumkan cara merawat jaket julit. Let’s check this out!


1. Baca instruksi perawatan pada label


(Pastikan untuk membaca label perawatan terlebih dahulu. Foto: Dok. rawpixel.com/freepik)


Sama seperti fashion item lainnya, jaket kulit juga biasanya disertai denga label perawatan. Langkah awal untuk merawat jaket kulit ialah dengan membaca label perawatan terlebih dahulu, hal ini untuk melihat apakah adanya perlakukan khusus untuk jaket kulit tersebut. Hal ini dikarenakan, terdapat beberapa jenis jaket kulit yang memiliki karakteristik dan cara rawat yang khusus dan berbeda beda.


2. Gantung dengan benar

(Pilih gantungan yang tepat untuk jaket kulit Foto: Dok. rawpixel.com/freepik)


Bila kamu memiliki jaket kulit, kamu harus selalu menyediakan tempat untuk menggantungnya. Hal ini dikarenakan jaket kulit tidak boleh sembarangan dilipat teruatama dalam waktu yang lama, karena dapat menimbulkan adanya bekas lipatan, bahkan retakan pada kulit tersebut. Perhatikan juga gantungan yang digunakan, sebisa mungkin hindari gantungan kawat, dan cobalah cari gantungan yang memilliki padding lebih besar untuk meminimalisir munculnya kerutan. Begitu juga dengan tempat menggantung jaket kulit, hindari tempat yang terkena langsung dengan sinar matahari, karena dapat merubah warna kulit


(Baca Juga: 7 Jaket Kulit Yang Bisa Dibeli Dari Rumah Sekarang Juga)


3. Menjaga kelembapan jaket kulit

(Jaket kulit juga membutuhkan kelembapan. Foto: Dok. rawpixel.com/freepik)


Bahan dasar jaket kulit ini sebenarnya memiliki karakteristik yang sama seperti kulit pada manusia. Saat cuaca dingin, kulit kamu pasti membutuhkan pelembap untuk menghindari dari kulit yang pecah atau bersisik. Kamu bisa menggosok jaket kulit menggunakan bahan yang lembut untuk memunculkan minyak alami dari kulit itu sendiri atau menggunakan pelembap tambahan bila diperlukan. Kamu bisa menggunakan pelembap seperti minyak hewani, tapi perlu dicatat, hal ini dapat membuat warna kulit jaket menjadi lebih gelap. Bila kamu merasa jaket kulit kamu sudah cukup lembap, hindari menambahkan minyak lagi, hal ini dapat menyumbat pori pori kulit yang menyebabkan perubahan warna dan ketahanan jaket. Hindari juga menggunakan bahan yang mengandung minyak mineral dan petroleum karena dapat menyebabkan kerusakan pada jaket kulit.


4. Jauhi jaket kulit dari panas

(Hindari menyetrika jaket kulit secara langsung. Foto: Dok. wayhomestudiofreepik)


Sebisa mungkin, jauhi jaket kulit kamu dari sumber panas, karena hal ini dapat menyebabkan kerapuhan pada jaket kulit. Sebab itu proses menyetrika maupun uap sangat tidak boleh dilakukan untuk jaket kulit ini sendiri. BIla sangat diperlukan proses setrika, kamu bisa mengatur tingkat panas pada setrikaan menjadi paling rendah, lalu lapisi dahulu jaket kulit dengan handuk tebal. Setrikalah di atas handuk dan jangan langsung melakukan kontak antara setrika dan jaket kulit.


(Baca Juga: 5 Cara Merawat Jaket Kulit)


5. Memberikan ruang

(Berikan ruang untuk menggantung jaket kulit. Foto: Dok. mrsiraphol/freepik)


Saat kamu sedang menggantung jaket kulit dilemari, pastikan untuk memberikan ruang, jangan paksakan menggantung jaket kulit dengan tumpukan gantungan baju lainnya untuk menghindari kerutan pada jaket kulit. Menyimpan jaket kulit di dalam plastik juga tidak diperlukan, hal ini karena jaket akan lebih tahan lama bila disimpan di udara terbuka yang kering. Cara lain untuk menjaga jaket kulit tetap dalam kondisi terbaik ialah dengan meletakkan baking soda yang sudah ditaruh dalam wadah lalu ditempatkan di pojok lemari kamu.


6. Melakukan laundry ke profesional

(Laundry profersional tetap dibutuhkan. Foto: Dok.freepik)


Meskipun kamu sudah mengetahui beberapa cara untuk merawat jaket kulit, kamu juga tetap membutuhkan bantuan laundry profesional untuk melakukan pembersihan total pada jaket kulit kamu. Tidak perlu terlalu sering, kamu bisa melakukan laundry mungkin satu kali dalam setahun atau menyesuaikan dengan intensitas pemakaian jaket kulit. Hal ini sangat diperlukan, karena laundry profesional juga lebih memahami perawatan terbaik untuk berbagai tipe jaket kulit kamu. Bukan hanya itu, perawatan ini juga cocok terutama bila terdapat noda yang sangat sulit untuk dihilangkan.


(Baca Juga: Ketahui Cara Merawat Fashion Item Anda)


Berikut itu telah Her World rangkumkan cara untuk merawat jaket kulit kamu dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat!


(Penulis: Brigitta T.Halim)


Fashion