Life & health

Ketahui 6 Peran Pasangan Dalam Kesuksesanmu!

By : Her World Indonesia - 2023-03-27 20:00:01 Ketahui 6 Peran Pasangan Dalam Kesuksesanmu!

Dalam hidup, kamu pasti pernah mendengar omongan kalau kamu harus dapat mengandalkan diri kamu sendiri karena akan ada momen-momen dalam hidup yang memaksa kamu untuk berjuang sendiri. Namun, sebagai mahluk sosial, kamu juga pasti memiliki keterbatasan yang membuat kamu memerlukan orang lain dalam hidupmu dan melengkapi kekuranganmu.


Memiliki seorang pasangan dalam hidup, tentunya dapat membuat kamu merasa lebih senang karena memiliki seseorang yang bisa diandalkan. Apa lagi jika pasangan kamu adalah tipe pasangan yang juga sangat suportif mendukung cita-cita kamu. Menurut beberapa sumber, ternyata pasangan memiliki peran dalam kesuksesanmu, lho. Mau tahu? Yuk, disimak.


1. Pemberi semangat tanpa kenal lelah


(Pasangan adalah pemberi semangat yang paling ampuh. Pasanganmu tak pernah lelah mendukungmu dalam kondisi apa pun. Foto: Dok. Andre Furtado/Pexels)


Kamu pasti pernah seketika merasa kurang bersemangat dan motivasi dalam menjalani pekerjaanmu atau kesibukanmu sehari-hari. Di situlah, peran pasanganmu datang. Ketika seseorang hadir dalam hidupmu dan menemanimu, pasti akan ada perasaan untuk selalu bersemangat dalam menjalani hari-hari.


Hal itu semua karena cinta yang diberikan oleh pasanganmu. Percayalah kalau pasangan adalah pemberi semanngat yang paling ampuh. Ketika pasanganmu mendukungmu dengan sepenuh hati, selalu berada di sisimu dalam keadaan terendah, di situ kamu akan merasa semangat karena ada orang yang mau menemanimu dan dengan senang hati mengangkatmu untuk bangkit lagi.


(Baca Juga: 10 Tanda Kamu Dan Pasangan Cocok)


2. Membantu meringankan beban/masalah


Ketika ada beban atau masalah, kamu pasti pernah berada di situasi yang membutuhkan tempat untuk meluapkan dan berkeluh kkesan untuk meringankan bebannya. Curhat untuk berkeluh kesah dan meceritakan perasaanmu adalah cara yang sangat ampuh untuk membuat perasaanmu merasa lebih baik dan merasa beban lebih ringan.


Tidak hanya itu, pasangamu juga adalah orang yang akan dengan senang hati mendukung dan membantumu dengan segala kemampuan mereka. Ketika dia tahu kamu ada masalah dan kamu membutuhkan sesuatu, dia pasti siap untuk mencari solusi bersama-sama denganmu.


3. Membantu meringankan stres


(Pasangan kamu adalah orang yang sangat mengenalmu, dia akan tahu cara untuk membuatmu bahagia dan meringankan stressmu. Foto: Dok. SHVETS production/Pexels)


Mengetahui bahwa ada seseorang di sampingmu yang menyayangimu akan membuatmu merasa lebih tenang dan senang. Dalam menjalani keseharian, bekerja, belajar, dan sebagainya, pasti banyak hal yang membuatmu stres. Ketika kamu memiliki pasangan, setidaknya kamu akan merasa lebih tenang karena mengatahui ada seseorang yang akan berada di sisimu.


Pasanganmu juga seseorang yang sangat mengenal dirimu. Dia tahu hal-hal yang membuatmu merasa senang dan terhibur di kala stres. Dia bisa menenangkanmu dengan kata-katanya, meringankan beban pikiranmu dengan melakukan aktivitas yang kamu sukai bersama-sama, atau mungkin membelikan makanan kesukaanmu.


4. Memahami kondisimu


(Pasanganmu akan selalu berusaha untuk memahami kondisimu agar kamu tidak merasa sendiri. Foto: Subodh Bajpai/Pexels) 


Pasanganmu adalah orang yang paling sering mendengar ceritamu dan mengenalmu secara dalam. Dia akan sangat tahu saat kamu sedang baik-baik saja maupun sedang tidak baik-baik saja. Dalam menjalani hidup, sering terjadi hal-hal yang tak terduga yang membuat kondisimu tidak baik-baik saja.


Apa pun yang sedang kamu alami atau rasakan, pasanganmu akan selalu mencoba untuk memahaminya. Hal ini dilakukannya karena ingin selalu membuatmu merasa nyaman dan dicintai. Dia akan dengan sabar mencoba untuk memahami kondisi yang dengan kamu alami.


(Baca Juga: Bisa Dicoba, Ini Tips Agar Pasangan Tidak Selingkuh)


5. Memberi pendapat yang berbeda


Dalam memecahkan suatu masalah atau menentukan suatu pilihan, tidak jarang kamu memerlukan opini dari orang lain yang dapat menjadi bahan pertimbangan maupun hal yang membuatmu berpikir lebih jauh dan mendalam. Pasanganmu adalah orang yang berbeda denganmu, ia bisa menjadi orang yang memberikan cara pandang yang berbeda tersebut kepadamu.


Hal ini semakin baik lagi karena pasanganmu sangat mengenalmu. Dia sudah mengenalmu dan tahu cara berpikirmu. Dia mengenali bagaimana cara kamu berpikir, tahu sisi mana yang sering kamu pertimbangkan dan mana yang tidak. Dengan begitu, dia akan memberikan sudut pandang lain yang membantumu untuk memiliki pandangan yang luas dan menyeluruh atas suatu penyelesaian maupun pilihan.


6. Menciptakan kinerja profesional yang baik


(Pasangan yang baik dan bertanggung jawab berpengaruh terhadap kinerja profesional seseorang. Foto: Dok. Andres Ayrton/Pexels)


Riset yang dilakukan oleh peneliti di Universitas Washington menyimpulkan bahwa kinerja seseorang dipengaruhi oleh pasangan mereka. Peneliti menilai reaksi dari 4.544 pasangan yang telah menikah.


Selama lima tahun, peserta diminta memberikan laporan tentang keberhasilan pekerjaan yang diukur dengan kepuasaan kerja, kenaikan gaji, dan promosi. Lalu, juga melaporkan yang berkaitan dengan pekerjaan rumah tangga, gaya hidup, dan kepuasan dalam pernikahan. Hasilnya menunjukkan bahwa memiliki pasangan yang baik/bertanggung jawab dapat membantu kehidupan kerja yang sehat.


Berikut enam peran pasangan dalam kesuksesanmu. Bagi kamu yang belum punya pasangan, semoga kamu menemukan pasangan yang tepat untuk mendukung kesuksesanmu, ya!


(Penulis: Nathania Adella Putri)

Life & health