Fashion

7 Tips Memilih Baju Wanita Gemuk, Tampak Lebih Proporsional!

By : Fariza Rahmadinna - 2023-03-25 10:00:02 7 Tips Memilih Baju Wanita Gemuk, Tampak Lebih Proporsional!

Siapa bilang memiliki tubuh gemuk tidak bisa tampil bergaya? Tentu saja bisa! 

Dengan mengikuti beberapa tips memilih baju wanita gemuk, kamu bisa tampil bergaya dan modis. 


Di bawah ini, Her World telah merangkum beberapa tips memilih baju untuk wanita dengan ukuran tubuh plus-size, yang akan membantu kamu mengetahui baju seperti apa yang sesuai dengan lekuk tubuh kamu. 


1. Pilih warna baju yang tepat


(Kenakan baju dengan warna yang netral. Foto: Dok. AllGo - An App For Plus Size People/Unsplash)


Coba kenakan baju dengan warna yang tepat dapat secara signifikan meningkatkan keseluruhan penampilan kamu. Pilih warna-warna netral yang bisa kamu padupadankan dengan mudah dan membuat penampilanmu terlihat lebih stunning tanpa terkesan berlebihan. Warna hitam dan navy adalah dua warna dengan tone gelap yang mampu memberikan siluet tubuh ramping. Meski begitu, itu tidak berarti bahwa kamu harus menghindari warna-warna cerah. Untuk mengakalinya, kamu bisa memadukan warna tone cerah dengan warna tone gelap. 


2. Kenakan pakaian well-fitting


Buat kamu yang memiliki ukuran tubuh plus-size, mengenakan pakaian yang longgar atau oversized, seperti large tops atau wide tent dress, justru akan menghilangkan lekuk tubuh kamu dan membuatnya terlihat lebih besar dari sebenarnya. Serta, membuat siluet tubuh kamu menjadi kurang menarik. Ini juga berlaku untuk pakaian yang terlalu ketat, terutama di bagian tengah tubuh, yang bisa semakin mengekspos bentuk tubuh kamu dan membuatnya terkesan berlebihan. 


Langkah yang bisa kamu lakukan adalah mengenakan baju dengan ukuran pas di badan, tapi tidak ketat. Baju well-fitting akan membuat lekuk tubuh kamu terlihat proporsional dan stand-out. Buat kamu yang memiliki tubuh gemuk, dress bergaya A-line atau empire dress akan menonjolkan lekuk tubuh, tapi tetap menyamarkan bagian perut, paha, atau bokong yang besar. 


3. Ciptakan siluet kaki yang lebih jenjang


Sama seperti baju atasan, mengenakan celana yang longgar seperti celana baggy, bisa membuat bentuk tubuh kamu terlihat tidak proporsional dan tampak lebih besar dari sebenarnya. Untuk alasan itu, kamu disarankan untuk mengenakan celana well-fitting, trousers, atau celana boot-cut yang bisa menonjolkan kaki indah kamu dan membuatnya tampak lebih jenjang dan proporsional. Padukan dengan sepatu boots tinggi atau ballet flat yang akan menciptakan siluet kaki yang lebih jenjang, terlihat lebih tinggi dan ramping. 


4. Hindari pakaian bermotif horizontal


Tips memilih baju wanita gemuk berikutnya yaitu hindari pakaian bermotif horizontal, yang akan membuat bentuk tubuh kamu tampak lebih besar. Jika ingin memakai pakaian bermotif garis, pilih pakaian bermotif garis vertikal, atau garis memanjang lurus ke bawah, untuk menciptakan kesan tubuh lebih ramping dan jenjang. 


(Baca Juga: Inspirasi Baju Oversized Bergaya Yang Bisa Kamu Tiru!)


5. Tambahkan layer pada pakaian 


(Tambahkan layer pada pakaianmu. Foto: Dok. AllGo - An App For Plus Size People/Unsplash)


Buat kamu yang memiliki ukuran tubuh lebih berisi, hindari pakaian berbahan kain tebal. Sebagai gantinya, tambahkan layer pada pakaian kamu untuk menyempurnakan penampilan jadi lebih bergaya dan modis. Misalnya, T-shirt putih klasik dengan jaket denim, blazer, overcoat, puffer, kardigan, atau rompi. Menambahkan layer secara instan akan membuat pakaian kasual apa pun menjadi lebih bergaya dan elegan, tanpa terkesan berlebihan di tubuh besarmu. 


6. Jangan takut bermain dengan motif!


Selain pakaian bermotif garis vertikal, kamu juga bisa bermain dengan pakaian bermotif lainnya seperti floral atau polkadot. Namun, pilihlah motif yang ukurannya tidak terlalu besar. Pakaian dengan motif berukuran kecil bisa membuat kamu terlihat lebih ramping. 


7. Pertegas lekuk tubuh dengan belt



Satu lagi tips memilih baju wanita gemuk, yaitu pertegas lekuk tubuh kamu menggunakan sabuk atau belt. Aksesoris satu ini berfungsi sebagai pembentuk tubuh yang baik. Belt lebar dapat membantu menyembunyikan perut dan mempertegas lekuk pinggang kamu. Ini juga secara otomatis akan mendefinisi bentuk tubuh kamu dan membuatnya terlihat lebih proporsional. 


(Baca Juga: Sambut Hari Raya dengan Koleksi "SANGSATA" dari Ria Miranda)


Beberapa tips di atas ini bisa kamu jadikan acuan untuk memilih pakaian dan tampil lebih percaya diri dengan bentuk tubuhmu. Semoga bermanfaat!




Fashion