Life & health

Jadi Lebih Nyenyak, Ini 6 Manfaat Pakai Kaos Kaki Saat Tidur

By : Vanessa Masli - 2023-03-15 16:00:02 Jadi Lebih Nyenyak, Ini 6 Manfaat Pakai Kaos Kaki Saat Tidur

Mungkin kaos kaki jadi salah satu peralatan penting saat pergi ke tempat-tempat dingin atau memang hujan sepanjang hari dan kamu butuh kehangatan ekstra untuk bisa tidur lebih nyenyak, tapi ternyata kebiasaan memakai kaos kaki menyimpan manfaat bagi tubuh. Apalagi bicara tentang tidur, tak hanya waktu tapi kualitas tidur menjadi elemen penting untuk kesehatan.


Kalau kamu masih merasa aneh untuk memakai kaos kaki setiap hari dengan tidur sebagai alasan, bukan karena kamar terlalu dingin, Her World sudah merangkum beberapa manfaat kebiasaan memakai kaos kaki saat tidur. Penasaran apa saja? Simak deretannya di bawah ini.


1. Tidurmu jadi lebih nyenyak


Mungkin kamu menganggap kalau pakai kaos kaki saat tidur justru bikin kedua kakimu semakin panas, tapi sebenarnya kebiasaan ini bisa menjaga suhu tubuh dalam kondisi normal. Sebab, suhu tubuh normal manusia turun sepanjang malam dan mencapai suhu terendahnya sekitar jam empat pagi.


Dengan memakai kaos kaki saat tidur, kamu memberikan kehangatan pada kedua kaki membantu pembuluh darah lebih terbuka. Jadi memberi sinyal pada tubuh untuk benar-benar beristirahat. Ketika suhu tubuh dalam kondisi normal, kamu bisa mendapatkan kualitas tidur yang lebih nyenyak.



(Tidurmu jadi lebih nyenyak dengan memakai kaos kaki. Foto: Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)


2. Menjaga kelembapan kulit di area tumit


Kalau kamu sering tidur tanpa kaos kaki, kulit di area tumit memiliki potensi menjadi kering dan pecah-pecah akibat udara dingin dari AC. Mungkin pelembap atau body lotion bisa membantu, tapi kamu bisa jaga kelembapan di area tumit dengan memakai kaos kaki setiap malam. Kebiasaan ini bisa membantumu jaga kelembapan kaki sehingga kulit, khususnya di area tumit, tetap terasa lembut. 


3. Mengurangi gejala hot flashes


Meski ini kerap dialami oleh wanita pada masa menopause, tapi rasanya penting untuk melakukan tindakan preventif sejak muda. Kalau terlalu dingin bisa membuat tubuh jadi resah, begitu juga kalau terlalu panas. Gejala yang dikenal dengan istilah hot flashes ini kerap dialami wanita memasuki masa menopause. Gejala ini bisa menyebabkan kamu tiba-tiba merasa panas di area wajah, leher, dan dada, dilanjutkan dengan kemerahan pada kulit.


Detak jantung yang semakin cepat hingga tubuh yang menggigil seiring suhu tubuh meningkat, hot flashes adalah salah satu gejala yang perlu dihindari. Dengan membiasakan diri untuk tidur memakai kaos kaki, kamu membantu suhu tubuh juga terjaga kondisinya sehingga bisa mengurangi flashes tersebut.


(Baca Juga: Menarik! Lakukan Senam Irama Untuk Kesehatan Mental)


4. Mengurangi insomnia


Kamu termasuk orang yang mengalami kesulitan untuk tidur atau insomnia. Entah karena stres memikirkan pekerjaan atau memang beberapa hari ini sulit mendapatkan waktu tidur yang cukup, insomnia bisa menjadi masalah besar untuk keseharianmu kalau tak diatasi dengan baik.


Kebiasaan memakai kaos kaki setiap malam bisa menjadi solusi yang kamu butuhkan. Sebab, riset menunjukkan bahwa menghangatkan kedua kaki saat tidur bisa membantu kurangi insomnia karena kenyamanan yang diberikan saat kamu tidur dengan kaos kaki.


5. Mengurangi gejala sindrom Raynaud


Mungkin istilah ini terdengar asing bagimu, tapi Raynaud’s syndrome atau sindrom Raynaud adalah sebuah kondisi aliran darah ke bagian tubuh tertentu berkurang akibat penyempitan pembuluh darah arteri. Sindrom ini kerap terjadi akibat beberapa faktor meliputi suhu dingin, rasa cemas atau stres yang memicu penyempitan pembuluh darah. Kamu bisa melihat kulit, biasanya di area jari tangan atau kaki, berubah warna menjadi pucat dan biru.


Cara untuk mengurangi kemungkinan terjadinya sindrom Raynaud ini, memakai kaos kaki akan menjaga kondisi kaki tetap hangat dan terhindar dari serangan sindrom satu ini.



(Mencegah gejala sindrom Raynaud. Foto: Dok. Taryn Elliott/Pexels)


6. Memberi kenyamanan


Pada dasarnya, memakai kaos kaki memberikan kenyamanan ekstra saat kamu tidur. Mungkin suhu kamar yang dingin sudah bikin kamu masuk selimut, kaos kaki menjaid elemen pelengkap untuk pastikan kualitas tidurmu terjaga. Jadi buat kamu yang sedang memperbaiki kebiasaan tidur setelah beberapa waktu sempat berantakan, kaos kaki bisa bantu kamu.


(Baca Juga: Banyak Pikiran? Ini Cara Meredakan Stres Pada Wanita)


Mungkin dengan mengenal manfaat pakai kaos kaki saat tidur, kamu bisa temukan solusi untuk kualitas istirahat yang lebih baik. Selamat mencoba!


Life & health