Life & health

Banyak Pikiran? Ini Cara Meredakan Stres Pada Wanita

By : Natasha Fitrand - 2023-03-06 19:00:01 Banyak Pikiran? Ini Cara Meredakan Stres Pada Wanita

Stres adalah masalah paling umum yang dialami oleh banyak orang, terutama orang dewasa. Stres sendiri adalah bentuk respon tubuh terhadap peristiwa sehari-hari yang terjadi dalam hidup, sehingga semua orang dalam kondisi apapun bisa saja mengalami stres. Bagi wanita, stres bisa membawa dampak positif seperti memotivasi untuk melakukan hal yang lebih baik demi meraih tujuan. Namun, tidak semua stres memiliki dampak yang baik. Kebanyakan, stres memiliki dampak yang negatif dan bahkan destruktif.


Stres yang berlebihan dan lama tidak diatasi juga bisa berpengaruh pada berbagai hal dalam hidup, seperti mengambil waktu dan pikiranmu dari keluarga, pekerjaan, bahkan pasangan. Perlahan tapi pasti, stres bisa membuat hidup berantakan bahkan memunculkan kebingungan akan realita yang benar-benar ada.


Ketika kondisi stres menjadi kronis atau berlebihan, wanita juga menjadi sulit untuk beradaptasi atau mengatasinya. Sementara di satu sisi, memikirkan cara mengatasi stres yang terlalu berlarut juga justru bisa memperburuk situasi. Oleh karena itu, ada baiknya bagi para wanita untuk menyadari tanda-tanda stres sejak dini. Kenali tanda-tanda munculnya stres pada wanita di bawah ini.


Tanda-Tanda Stres


(Tanda-tanda stres yang bisa dilihat sejak dini. Foto: Dok. Karolina Grabowska/Pexels)

Terdapat banyak gejala stress pada wanita. Setiap wanita juga memiliki reaksi yang berbeda dan unik terhadap stres. Berikut adalah gejala stres yang umum terjadi pada wanita.

1. Tanda-tanda fisik, seperti: Sakit kepala, kesulitan tidur, mudah capek, mudah merasa pegal (di bagian leher dan punggung), terlalu banyak/kurang makan, masalah kulit, masalah perut, kekurangan energi, hingga meraa tidak tertarik pada hal yang dulu digemari.

2. Tanda-tanda emosional, seperti: Kecemasan, depresi, mudah marah, ketidakbahagiaan, perasaan di luar kendali, perubahan suasana hati, dan frustrasi.

3. Tanda-tanda mental, seperti: Pelupa, khawatir, tidak bisa mengambil keputusan, berpikir negatif, kurang fokus, dan bosan.


(Baca Juga: Ini 10 Ucapan Positif Rayakan Hari Kesehatan Mental Sedunia)


Penyebab Stres


(Penyebab stres pada wanita. Foto: Dok. Ketut Subiyanto/Pexels)

Terdapat banyak sekali pemicu dan penyebab stres di luar sana. Baik wanita atau laki-laki memiliki penyebab stres masing-masing, dimana beberapa mungkin berasal dari hal yang sama. Beberapa hal umum yang seringkali menjadi penyebab stres bagi wanita dan laki-laki adalah masalah finansial, pekerjaan, kesehatan, dan hubungan percintaan. Meski begitu, wanita yang memegang peran unik dalam masyarakat mungkin memiliki beberapa pemicu stres yang berbeda dari laki-laki.


Salah satunya adalah mengenai peran wanita sebagai ‘ibu’ dalam keluarga, yang meliputi melahirkan anak, mengasuh anak mulai kecil hingga dewasa, mengatur pekerjaan rumah tangga sambil berkarier, dan masih banyak lagi. Berbagai permintaan terhadap wanita ini bisa menjadi beban yang berat, bahkan bisa diturunkan melalui generasi ke generasi. Para wanita akan merasa terbebani jika salah satu atau permintaan tersebut tidak terpenuhi atau bahkan merasa gagal, yang pada akhirnya bisa memunculkan tingkat stres yang tinggi.


Cara Meredakan Stres Pada Wanita


(Cara mudah meredakan stres pada wanita. Foto: Dok. Ketut Subiyanto/Pexels)

Jika sudah merasakan tanda-tanda stres muncul, maka penting bagi wanita untuk segera mengatasinya, Namun, sebelum mengatasi stres ada baiknya untuk para wanita mengetahui apa yang memicu stres tersebut untuk muncul. Berikut adalah beberapa cara meredakan stres pada wanita yang mudah untuk dicoba.


1. Secara fisik, seperti: Berolahraga, berlatih teknik relaksasi (yoga, meditasi, mendengarkan musik yang menenangkan), menjaga pola makan yang sehat dengan diet, menjadwalkan waktu senggang, menulis jurnal, dan yang terpenting adalah tidur yang cukup selama 7/8 jam tiap malam.


2. Secara emosional: Berlatih untuk meningkatkan self-esteem atau kepercayaan diri, mengatur emosi, berlatih untuk berpikiran positif, fokus pada rasa syukur, dan fokus pada saat ini.


3. Secara sosial: Mencari orang-orang yang tepat untuk bercerita, menjaga hubungan dengan pasangan, tetap terhubung dengan teman dekat, dan menetapkan batasan yang sehat.


4. Jika cara-cara di atas belum bisa membantu, maka cara lain yang bisa dicoba adalah mencari bantuan profesional.


(Baca Juga: Ini Alasan Wanita Mandiri Sulit Mendapatkan Cinta)


Itu adalah beberapa cara meredakan stres pada wanita. Kunci dari meredakan stres sendiri sebenarnya terletak pada istirahat yang cukup dan menjaga pola hidup yang sehat. Selain itu, hal lain yang bisa dicoba adalah berlatih untuk selalu berpikiran positif dan menjaga lingkungan tetap sehat dan hanya diisi oleh orang-orang terpercaya dan terdekat. Selain memberikan rasa aman dan nyaman, lingkungan yang sehat juga bisa turut membantu meredakan stres dan mengurangi munculnya isu-isu lain yang tidak perlu.


Be aware of the signs, ladies! Jangan lupa untuk memprioritaskan dirimu sendiri, ya.


Life & health