Fashion

Uniqlo Hadirkan Inspirasi Fashion Melalui Majalah LifeWear

By : Asteria Elanda - 2023-03-24 15:00:01 Uniqlo Hadirkan Inspirasi Fashion Melalui Majalah LifeWear

Her World Indonesia bertemu dengan Takahiro Kinoshita, Wakil Presiden Eksekutif dan Direktur Kreatif Fast Retailing Group - salah satunya adalah UNIQLO. Pertemuan itu terjadi di Singapura, saat perusahan Retail Pakaian Global UNIQLO mengumumkan peluncuran majalah LifeWear 2023 Spring/Summer (edisi 08) pada 17 Februari kemarin. Majalah LifeWear adalah majalah yang bisa didapatkan secara gratis di UNIQLO, menghadirkan filosofi LifeWear UNIQLO agar hidup keseharian tiap-tiap orang menjadi lebih nyaman dan berarti.


Tema dari edisi 08 untuk Spring/Summer adalah “The Art of Everyday Life”, yang lahir dari hubungan antara pakaian dan kehidupan. Edisi ini menyajikan tampilan musim semi dan musim panas dengan sentuhan ‘seni’, dalam bentuk aktivitas kreatif, serta kualitas dan kemampuan diri yang memungkinkan seseorang menjalani hari demi hari secara positif.


Wakil Presiden Eksekutif dan Direktur Kreatif Fast Retailing Group, Takahiro Kinoshita mengungkapkan bahwa beberapa kota seperti Paris, Tokyo, Melbourne, dan Stockholm menjadi latar ide penerbitan majalah LifeWear terbaru.


“Kami ingin membawa suasana positif dan nilai berharga yang didapat dari tiap tempat yang kami kunjungi. Kami menyatukan semua itu menjadi satu edisi dengan suasana penjelajahan,” ungkap Takahiro.


Majalah Lifewear sendiri tak hanya hadir dalam edisi print, tetapi juga format digital. Pembaca dari berbagai usia memiliki kebebasa untuk menikmati konten majalah tersebut dengan format yang disukai. Takahiro Kinoshita, yang memiliki pengalaman puluhan tahun memimpin Popeye Magazine, juga berbagi cerita tentang perannya di UNIQLO saat ini, yang bertujuan untuk memberikan dampak baik bagi orang banyak.


Majalah LifeWear edisi kedelapan ini dibuka dengan tulisan: ‘Wardrobe Essentials.’ Sebuah konten pembuka yang fokus menampilkan item-item basic UNIQLO serta perubahannya dari waktu ke waktu. Wardrobe Essentials menghadirkan 11 item yang diinginkan sebagian besar orang untuk menjadi bagian dari lemari pakaian masing-masing.


(Wardrobe Essentials jadi bagian pembuka dari majalah LifeWear dari UNIQLO. Foto: Dok. UNIQLO)


Mulai dari kemeja Oxford yang terus diperbaharui, celana Chino dengan siluet modern, dan gaun bermotif yang hadirkan kesan musim semi penuh keceriaan.


“Coba ingat kembali, seragam sekolah dan beberapa perusahan, juga sama. Menurut saya, cara kita mengenakan dan menata pakaian dapat membuat kepribadian masing-masing tetap bersinar. Di UNIQLO, kami tidak melihat pakaian sebagai sesuatu yang memunculkan kepribadian, tetapi justru menegaskannya,” ungkap Takahiro dalam konferensi pers yang dilaksanakan di Singapura.


Bagian berikutnya adalah Bincang-Bincang Seni dan Denim di LA. Ragam artikel dan presentasi gaya denim yang menekankan pada individualitas ini, juga dipadukan dengan laporan kunjungan ke Pusat Inovasi Jeans Fast Retailing di Los Angeles. Dalam artikel tersebut, fasilitas Research & Development (R&D) seperti Blue Cycle Jeans, ditambah teknologi laser dan teknologi terdepan lainnya.


(Baca Juga: Motif Laut, Intip Koleksi Baju Anak-Anak Dari Petit Bateau)


Majalah LifeWear 2023 Spring/Summer ini juga menghadirkan konten berkolaborasi dengan Apartamento – majalah terbitan Spanyol yang memamerkan ruang dan gaya hidup para kreator seluruh dunia – hadirkan gambaran kehidupan tiga seniman yang tinggal di Barcelona. Artikel tersebut lengkap dengan foto-foto mereka saat berada di studio masing-masing dalam balutan beberapa item terbaru dari koleksi Uniqlo U.


Takahiro menambahkan bahwa traveling memberikan masukan dan inspirasi bagi dirinya, untuk terus mengembangkan kreativitas. Tak jarang di berbagai destinasi, Takahiro akan turun dari mobil dan menyempatkan diri untuk berjalan kaki menikmati suasana setempat. Selain traveling, bertemu orang-orang baru, dan berdiskusi dengan tim yang berasal dari berbagai negara, juga sering menyumbangkan ide-ide segar bagi Takahiro.



(The Art of Everyday Life. Foto: Dok. UNIQLO)


'Mendengar Sungai, Merasakan Gunung', adalah artikel wawancara di majalah ini. Dengan mengikuti seorang seniman Irlandia Utara, Nigel Peake, yang merancang desain sampul untuk terbitan ini, saat berkelana ke Kyoto. Ia membahas seni yang hadir dalam kehidupan sehari-hari dan filosofinya dalam menciptakan sebuah karya ketika mengunjungi pasar loak, toko barang antik, dan distrik geisha. Nigel menekankan pentingnya mengabadikan sebuah momen di hari-hari yang terus berganti. Karya seni yang ia tuangkan pada sampul terbitan ini ialah visualisasinya terhadap kota Kyoto.


'Balet Klasik, Jiwa Muda', adalah artikel yang mengikuti sesi latihan National Youth Ballet di Hamburg, Jerman. Dalam artikel tersebut, delapan penari muda yang sedang menggunakan sport utility wear dari lini AIRism. Artikel tersebut berisi pembicaraan tentang impian mereka terhadap masa depan dengan gairah muda yang bersemangat.


Semua isi majalah ini dipastikan sesuai dengan komitmen UNIQLO untuk mengubah pakaian, mengubah pemikiran konvensional, dan mengubah dunia. UNIQLO berdedikasi untuk menciptakan pakaian berkualitas dengan nilai unik dan baru, yang diharapkan mampu memperkaya kehidupan setiap orang.


UNIQLO juga mengadakan Pameran Koleksi Spring/Summer 2023. Para tamu disuguhi pameran koleksi UNIQLO yang berkualitas untuk musim ini, yang memadukan fungsionalitas dan keindahan untuk menghadirkan pakaian yang mampu meningkatkan kepercayaan diri dan mencerahkan hari.


Mulai dari T-shirt AIRism yang dapat menyerap keringat, kemeja linen sejuk dengan beragam warna cerah, hingga jajaran produk UV Protection yang membantu melindungi kulit LifeWear merupakan seni berpakaian yang dirancang untuk membuat hidup semua orang menjadi lebih baik.


“UNIQLO memang selalu melakukan observasi pada tren. Namun yang pasti, kami bukan fokus pada tren, melainkan pada bagaimana dunia terus berubah, dan perkembangan interaksi pakaian dan manusia," ungkap Takahiro.


(Baca Juga: "Kudapan", Koleksi Sejauh Mata Memandang dari Jajanan Pasar)


Majalah LifeWear Edisi 08 2023 Spring/Summer ini berukuran A4, 120 halaman, bilingual bahasa Jepang dan Inggris. Tersedia di gerai UNIQLO di seluruh Indonesia atau https://www.uniqlo.com/id/id/contents/lifewear-magazine/


Fashion