Fashion

"Kudapan", Koleksi Sejauh Mata Memandang dari Jajanan Pasar

By : Natasha Fitrand - 2023-03-09 17:00:01

Brand fashion lokal Sejauh Mata Memandang meluncurkan koleksi terbarunya bertajuk “Kudapan” yang baru saja ditampilkan pada 8 Maret 2023 di Main Atrium Grand Indonesia, East Mall, lantai 1. Pada acara trunk show ini, Sejauh Mata Memandang juga berkolaborasi dengan TACO Group dan Grand Indonesia untuk membuat instalasi yang menawan, dihiasi dengan warna-warna dari koleksi “Kudapan” dan menampilkan beragam fauna asli Indonesia.


Sama seperti namanya “Kudapan”, pada koleksi ini Sejauh Mata Memandang mengambil inspirasi dari jajanan tradisional khas Nusantara seperti onde-onde dan kue lapis. Jajanan tradisional tersebut ditampilkan melalui motif bulat-bulat dan garis berlapis, hingga pilihan warna seperti hijau botol serta biru muda dan salem yang manis.


(Koleksi "Kudapan" Sejauh Mata Memandang. Foto: Dok. Sejauh Mata Memandang)

Chitra Subyakto, selaku Pendiri dan Direktur Kreatif dari Sejauh Mata Memandang menjelaskan makna dan bagaimana ia mengambil inspirasi untuk koleksi terbarunya. “Kita semua mengenal kudapan-kudapan manis ini sebagai bagian tak terpisahkan dari kehidupan bermasyarakat kita sebagai orang Indonesia. Termasuk saya pribadi yang merupakan penggemar jajanan pasar. Melalui desain yang kami hadirkan pada koleksi ini, kami juga berharap untuk bisa memberikan makna yang berkesan. Bagi masyarakat Indonesia, dimana onde-onde melambangkan keberuntungan dan harapan akan kehidupan yang lebih baik. Sementara kue lapis memiliki filosofi harmoni kesatuan,” paparnya.


Tentunya, dalam menciptakan koleksi ini Sejauh Mata Memandang menjalankan berbaga proses yang bertanggung jawab mulai dari pemilihan bahan, proses pewarnaan yang lebih ramah kepada lingkungan, hingga melibatkan pengrajin lokal yang memiliki keterampilan teknik batik cap dan cetak saring. Proses pewarnaannya sendiri menggunakan pewarna buatan bersertifikat OEKO-TEX® STANDARD 100 sehingga aman saat dipakai dan tidak menyebabkan polusi air saat proses pewarnaan. Hal ini menjadi salah satu upaya dari Sejauh Mata Memandang untuk tetap menjaga lingkungan.


(Baca Juga: Sejauh Mata Memandang Tampilkan Koleksi 'Baur' di JFW 2022)


(Koleksi white-on-white Sejauh Mata Memandang. Foto: Dok. Sejauh Mata Memandang)

Selain itu, koleksi “Kudapan” juga menjadi upaya Sejauh Mata Memandang untuk secara lebih konsisten menjalin kolaborasi dengan para mitra terutama pengrajin dari berbagai tempat di Indonesia. “Koleksi kali ini diproses dengan dua teknik. Pertama, menggunakan teknik batik cap dan dibuat di desa Watukebo, Banyuwangi. Kedua, kami menggunakan teknik cetak saring tangan bekerjasama dengan UMKM asal Bali di desa Duri Puri Kauh,” ujar Chitra. Sejauh Mata Memandang juga memilih jenis kain Tencel dan katun, yang selain nyaman dikenakan di iklim tropis juga menjalani proses pembuatan yang bertanggung jawab.


“Kudapan” memiliki beragam look pakaian siap pakai yang juga terinspirasi dari busana Nusantara, mulai dari kebaya panjang, kebaya pendek, baju panjang, outer, bawahan berupa rok lilit dan sarung serta berbagai item fashion lainnya. Walau kental dengan busana Nusantara, pakaian pada koleksi ini tetap modern dan stylish saat dikenakan sehari-hari, lho.



(Koleksi "Kudapan" Sejauh Mata Memandang pada acara trunk show di Grand Indonesia. Foto: Dok. Sejauh Mata Memandang)

Tidak kalah spesial, pada acara trunk show koleksi “Kudapan” Sejauh Mata Memandang juga hadirkan sejumlah figur publik tanah air yang tergabung dalam komunitas cinta kebaya seperti Dian Sastrowardoyo, Shareefa Daanish, Titi Radjo Padmaja, Rania Yamin, Faradina Mufti serta Tissa Biani. Kehadiran mereka menggunakan koleksi “Kudapan” ini berhasil memeriahkan acara!


Selain koleksi “Kudapan”, Sejauh Mata Memandang juga turut menghadirkan pakaian berbahan kain tenun putih (white-on-white) dengan motif samar-samar maskot ayam khas brand tersebut. Pada koleksi white-on-white, kain tenun yang dipakai pun dibuat di kecamatan Kedungwuni, Pekalongan dan bekerjasama dengan UMKM yang dinaungi arahan Bapak Mugi, salah satu mitra yang telah berkolaborasi dengan Sejauh Mata Memandang sejak awal berdiri.


(Baca Juga: Brand Lokal NOVERE Kini Hadir di Plaza Indonesia Level 4)


(Pembukaan pop-up store Sejauh Mata Memandang di Grand Indonesia. Foto: Dok. Sejauh Mata Memandang)

Acara trunk show “Kudapan” juga bersamaan dengan dibukanya pop-up store Sejauh Mata Memandang di lantai 3 Grand Indonesia. Pada dekorasi pop-up store ini, Sejauh Mata Memandang berkolaborasi dengan Felix Tjahyadi yang juga berperan sebagai konseptor pameran karya kolaboratif Karya Kita persembahan TACO Group, Sejauh Mata Memandang, dan Grand Indonesia. Istimewanya, interior pop-up store ini banyak memanfaatkan material hasil daur ulang (recycle) dan guna ulang (reuse) dari berbagai produk. Gantungan baju dan meja display yang terdapat di toko juga terbuat dari limbah botol PET yang didaur ulang oleh Mortier sebagai mitra pengolahan limbah plastik.


Penasaran dengan koleksi “Kudapan” Sejauh Mata Memandang atau ingin melihat koleksi lainnya? Jangan lupa kunjungi pop-up store Sejauh Mata Memandang di Grand Indonesia, ya!


Fashion