Hair & beauty

Kulit Sensitif? Ini 7 Kandungan Sunscreen Harus Diperhatikan

By : Her World Indonesia - 2023-03-10 11:00:01 Kulit Sensitif? Ini 7 Kandungan Sunscreen Harus Diperhatikan

Pastinya, kamu sudah mengetahui berbagai dasar bahwa sunscreen merupakan tindakan dalam pencegahan untuk melindungi kulit dan juga radiasi ultraviolet (UV) matahari. Lalu, radiasi UV memiliki dua jenis yakni UVA dan UVB. Menurut beberapa sumber, bahwa kedua radiasi tersebut dapat merusak kulit, menyebabkan penuaan dini, dan meningkatkan risiko kanker kulit, Lho! Apalagi, sinar tersebut sering bersentuhan dengan kulitmu sepanjang tahun baik saat mendung atau sedang berada di dalam ruangan. Hal tersebut dikarenakan bahwa beberapa sinar UV juga dapat menembus kaca.


Namun, perlu kamu ketahui bahwa tidak semua sunscreen memiliki manfaat, risiko, atau petunjuk yang sama. Tak hanya itu, untuk kamu yang memiliki kulit sensitif, kamu juga harus mengetahui berbagai kandungan yang baik untuk kulitmu. Lalu, bagaimana cara untuk mengetahuinya? Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan apa saja kandungan sunscreen untuk kulit sensitif. Yuk, simak ulasannya.


1. Tinosorb S dan M


(Bagi kulit sensitif, kandungan pada sunscreen perlu diperhatikan seperti Tinosorb S dan M karena belum dikaitkan dengan faktor risiko tinggi. Foto: Dok. RF._.studio / Pexels.com)


Untuk kandungan Tinosorb S dan M sering ditemukan pada sunscreen kimia. Kandungan ini merupakan bahan Eropa yang paling populer. Tinorsorb S dapat melindungi kulitmu dari sinar UVB dan UVA. Lalu, kandungan tersebut juga paling ideal untuk pencegahan kerusakan akibat sinar matahari. Namun, FDA belum menyetujui mengenai bahan tersebut karena menurut Newsweek, bahan tersebut juga kurangnya informasi dan hanya dimintai keputusan bukan persetujuan sehingga belum dikaitkan dengan faktor risiko tinggi. Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya menghindar terlebih dahulu dari kandungan tersebut. Stay Safe!


2. Mexoryl SX


(Kandungan sunscreen yang bisa kamu gunakan untuk kulit sensitifmu yaitu Mexoryl SX. Foto: Dok. Armin Rimoldi/ Pexels.com)


Selain Tinosorb S dan M, kandungan Mexoryl SX juga sering ditemukan pada sunscreen kimia. Kandungan tersebut merupakan filter UV yang digunakan dalam tabir surya dan losion di seluruh dunia. Ia memiliki kemampuan untuk memblokir UVA. Bahan tersebut memang telah beredar di Eropa sejak 1993. FDA juga baru menyetujui bahan ini untuk salah satu brand ternama yaitu L’Oreal hingga 2006. Lalu, secara medis bahwa kandungan tersebut juga telah disetujui untuk orang dewasa dan anak-anak di atas usia enam bulan. Maka dari itu, kamu bisa menggunakannya untuk kulitmu yang sensitif.


3. Oxybenzone

Sebagai pemilik kulit yang sensitif, Oxybenzone juga ditemukan di dalam sunscreen fisik untuk membantu menyaring sinar UVB dan UVA. Kandungan tersebut juga salah satu bahan yang paling populer sehingga sebagian besar sunscreen di pasar Amerika Serikat terdapat enam persen pada botol. Namun, Hawaii telah melarang bahan tersebut setelah penelitian dilakukan oleh laboratorium Haereticus Environmental bahwa kandungan tersebut berkontribusi terhadap pemutihan dan keracunan terumbu karang. Tak hanya itu, kandungan tersebut juga dibatasi di Jepang.


4. Octinoxate

Kandungan penyerap UVB yang umum dan kuat adalah Octinoxate. Kandungan tersebut artinya efektif untuk pencegahan kerusakan akibat sinar matahari. Namun, kandungan tersebut tetap dilarang di Hawaii karena risiko lingkungan pada terumbu karang. Maka dari itu, sebaiknya kamu menghindari kandungan tersebut untuk kulit kamu yang sensitif.


5. Avobenzone


(Kandungan Avobenzone yang dikombinasikan dengan Mexoryl pada sunscreen, tidak diizinkan di Amerika Serikat dan juga tidak baik untuk kulit yang sensitif. Foto: Dok. Armin Rimoldi/ Pexels.com)


Avobenzone pada umumnya digunakan untuk memblokir berbagai macam sinar UVA dan juga dilaporkan karena tidak stabil saat terkena cahaya. Untuk menstabilkannya, kandungan tersebut pada negara lain sering dikombinasikan dengan kandungan lain seperti Mexoryl. Di Amerika Serikat, kombinasi tersebut tidak diizinkan. Untuk kulit sensitif, yuk, hindari!


(Baca Juga: Simak 5 Produk Hybrid Suncreen Terampuh Untuk Lindungi Wajah)


6. Titanium Dioksida

Titanium Dioksida, kandungan yang berfungsi sebagai filter UV spektrum luas. FDA memang menyetujui kandungan tersebut untuk digunakan pada anak di atas enam bulan. Namun, para peneliti menunjukkan bahwa sunscreen yang berbentuk semprotan harus dihindari karena berbahaya bagi kulit. Wah, kulit yang sensitif harus menghindari kandungan tersebut!


7. PABA dan Trolamine


(Kandungan PABA dan Trolamine pada sunscreen memiliki asam para-aminobenzoic yang tidak disarankan untuk kulit yang sensitif. Foto: Dok. MSKIN Pro/ Pexels.com)


PABA dan Trolamine dikenal sebagai kandungan yang memiliki asam para-aminobenzoic yang dapat menyerap UVB yang kuat. Popularitas pada kandungan tersebut menurun karena dapat meningkatkan dermatitis alergi dan fotosensitivitas. Hal tersebut juga tidak baik untuk kulitmu yang sensitif. Studi tentang hewan juga telah menunjukkan tingkat toksisitas tertentu. Komisi Eropa dan FDA membatasi konsentrasi formula hingga lima persen. Lalu, Kanada juga telah melarang penggunaan PABA dalam kosmetik sama sekali.


(Baca Juga: Hindari Kesalahan, Ini Cara Menggunakan Sunscreen yang Benar)


Inilah tujuh kandungan pada sunscreen yang perlu kamu hindari untuk kulit yang sensitif. Oleh karena itu, lebih baik kamu menggunakan kandungan yang aman.


(Penulis: Sania Zelikha)


Hair & beauty