Hair & beauty

Hindari Kesalahan, Ini Cara Menggunakan Sunscreen yang Benar

By : Her World Indonesia - 2023-02-04 14:00:01 Hindari Kesalahan, Ini Cara Menggunakan Sunscreen yang Benar

Di Indonesia, tiada hari tanpa terkena paparan sinar matahari di siang hari. Apalagi, kamu juga terus beraktivitas. Don’t worry, kamu bisa menjaga kulitmu jika kamu merawatnya dengan cara yang benar. Topi, kacamata hitam atau pakaian tidak cukup untuk menjaga kulit dari paparan sinar matahari. Salah satu caranya adalah kamu harus menggunakan sunscreen. Perlu diketahui, bahwa sunscreen memiliki SPF yakni Sun Protection Factor. Kegunaan SPF pada tabir surya adalah melindungi kulit dari sinar UVB karena dapat memicu kanker kulit.



(Cara menggunakan sunscreen yang benar agar kulitmu dapat terlindungi dari paparan sinar UVB. Dok: cottonbro studio/ Pexels)


Sayangnya, kesalahan yang sering dilakukan dalam memakai sunscreen yaitu menggunakan kandungan SPF kurang dari 30. Oleh karena itu, perlindungan pada kulit akan semakin berkurang. Dilansir dari beberapa sumber, menurut Skin Cancer Foundation, bahwa menggunakan tabir surya dengan SPF tinggi yakni 50 ke atas dapat memberikan rasa tak terkalahkan sehingga membuat orang tinggal di bawah sinar matahari lebih lama tanpa harus mengoleskan ke tubuh berulang kali.


(Baca Juga: Rahasia Awet Muda Song Hye Kyo Hanya Menggunakan Susu)


Selain SPF, penggunaan sunscreen yang baik adalah mengoleskan ke kulit sebelum kamu pergi ke luar ruangan. Setidaknya, 15 hingga 20 menit sebelum terkena paparan sinar UVB, kamu sudah mengoleskannya ke kulitmu. Untuk hasil yang lebih bagus, kamu bisa mengoleskan lapisan kedua dalam satu jam pertama dari sinar matahari. Kira-kira berapa banyak olesan tabir surya yang benar? Untuk ukuran tubuh orang dewasa dalam balutan pakaian renang, dibutuhkan sekitar 15 mililiter atau dua sendok makan. Kamu juga bisa mengaplikasikannya ke wajah.


Mungkin kamu pernah mengalami kesulitan dalam mengaplikasikan tabir surya di area tertentu seperti punggung. Kamu bisa meminta orang lain untuk mengoleskan di area punggung. Hal ini dikarenakan perlindungan akan jauh lebih baik dibandingkan dengan melakukan sendiri. Don’t forget, pada bagian telinga atau kaki juga harus kamu oleskan. Bagian terkecil juga perlu dijaga.


(Baca Juga: 4 Tipe Wanita Idaman Pria Aquarius, Kamu Termasuk?)


(Anak-anak juga perlu dioleskan tabir surya agar terlindungi sejak dini. Dok: Kindel Media/ Pexels)


Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga perlu diberikan tabir surya sehingga kulit akan lebih terjaga sebelum beranjak dewasa.


Itulah cara untuk menghindari kesalahan dalam menggunakan sunscreen yang Benar. Selamat mencoba!


(Penulis: Sania Zelikha)


Hair & beauty