Life & health

Ini 10 Ucapan Positif Rayakan Hari Kesehatan Mental Sedunia

By : Her World Indonesia - 2022-10-10 17:00:01 Ini 10 Ucapan Positif Rayakan Hari Kesehatan Mental Sedunia

Hari ini, tepatnya pada tanggal 10 Oktober merupakan peringatan Hari Kesehatan Mental yang dirayakan oleh seluruh warga dunia. Hari Kesehatan Mental Sedunia, atau World Mental Health Day pertama kali dirayakan pada tahun 1992 oleh World Federation for Mental Health, sebuah organisasi kesehatan mental global yang memiliki sebanyak 150 anggota negara. Hari Kesehatan Mental Sedunia berfungsi sebagai pengingat akan pentingnya kesehatan mental bagi tiap manusia, tanpa adanya batasan posisi, kekuatan, atau status sosial.


Kesehatan mental yang masih sering dianggap ‘tabu’ dan diabaikan berusaha untuk diapresiasi pada peringatan ini, yang mana Hari Kesehatan Mental Sedunia menjadi bentuk advokasi demi melawan stigma sosial mengenai kesehatan mental.


Tiap orang memiliki masalah dan beban hidup yang berbeda-beda, hal inilah yang dapat memicu kesehatan mental seseorang untuk terganggu. Ditambah lagi dengan kondisi pandemi COVID-19 yang merajalela di tahun 2019 hingga 2021, membuat semakin banyak orang mengabaikan kesehatan mental mereka masing-masing.


Kini, dengan kondisi pandemi yang mulai landai, Hari Kesehatan Mental Sedunia mengajak semua orang untuk tidak hanya peduli terhadap kesehatan mental diri sendiri tetapi juga orang lain. Memeluk, mendengarkan, serta menemani orang lain menjadi cara ampuh yang bisa meningkatkan kebahagiaan dan kesehatan mental seseorang. Selain itu, cara lain yang lebih mudah dan efisien adalah melalui kata-kata, baik dalam bentuk bacaan atau ungkapan.


Bersamaan dengan perayaan Hari Kesehatan Mental Sedunia, kali ini Her World telah merangkum beberapa ucapan mengenai pentingnya kesehatan mental untuk menumbuhkan semangat dan motivasi baru dalam hidup. Ucapan di bawah ini juga menjadi pengingat bahwa kamu tidak sendirian, and that we’re all in this together.


(Baca Juga: 7 Cara Mudah Mencintai Diri Sendiri Agar Lebih Bahagia!)



(Hari Kesehatan Mental Sedunia. Foto: Dok. Mental Health America (MHA)/Pexels)

Ucapan Positif Merayakan Hari Kesehatan Mental Dunia


1. "Jangan lupakan bahwa kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Keseimbangan keduanya penting dalam hidup."

2. "Kekurangan tidak membuatmu tidak berharga, daripada membenci diri sendiri, rayakan kekurangan dalam dirimu dan mulai menerima serta memeluk diri sendiri untuk ketenangan jiwa."

3. "Kamu tidak sendiri, kamu tidak pernah sendiri, banyak orang di dunia yang bisa membantumu."

4. "Kamu lebih kuat dari yang kamu kira."

5. "Membuka cerita atau perjuangan hidupmu kepada orang yang kamu percaya bisa membuatmu merasa jauh lebih baik."

6. "Cintai dirimu, cintai apa yang kamu miliki, cintai potensi dalam dirimu."

7. "Terima kasih sudah bertahan dan berjuang selama ini."

8. "Hari buruk bukan berarti hidup yang buruk. Hari buruk pun akan berlalu tanpa kamu sadari."

9. "Buang pikiran negatif dan perbanyak pikiran positif agar hidup bisa lebih tenang."

10. "Ingatlah bahwa setiap orang berbeda, hal ini membuat setiap orang istimewa."


(Baca Juga: Ingin Menenangkan Pikiran? 5 Olahraga Ini Bisa Membantu)


Berikut adalah ucapan-ucapan positif untuk ikut merayakan Hari Kesehatan Mental Sedunia. Jika kamu sedang mengalami masalah, jangan ragu untuk menjangkau seseorang dan membuka hal-hal yang telah kamu pendam selama ini. Ingat, kamu tidak pernah sendirian.

Selamat Hari Kesehatan Mental Sedunia!


(Penulis: Natasha Fitranda Putri)


Life & health