Life & health

10 Macam Menu Diet Rendah Kalori yang Mudah untuk Dibuat!

By : Her World Indonesia - 2023-02-02 18:00:02 10 Macam Menu Diet Rendah Kalori yang Mudah untuk Dibuat!

Kamu selalu mengeluh mengenai berat badan setelah melihat dirimu sendiri? Pantulan cermin akan terus memberikan gambaran tubuhmu ketika kamu beranjak dari tempat tidurmu.

Tak heran, jika tingkat percaya dirimu menurun di pagi hari.

Oleh karena itu, memiliki berat badan yang ideal dapat membuat dirimu berani tampil di depan banyak orang. Siapa bilang menurunkan berat badan itu selalu sulit? Kamu bisa membuat berbagai menu dengan variasi yang unik. Apalagi, kamu bisa memasaknya di dapur kesayanganmu.

Dilansir dari Healthline, beberapa hal yang perlu kamu ketahui, yakni jumlah kalori yang dibutuhkan pada tubuh. Caranya adalah dapat memasukkan rumus persamaan Jeor seperti tinggi, berat, dan usia kamu atau lebih mudahnya menggunakan kalkulator secara daring. Setelah itu, kamu bisa memasak menu diet yang kamu inginkan.

Maka, tak perlu khawatir, jika kamu kebingungan dalam membuat menu diet rendah kalori kali ini. Her World bisa memberikan solusi yang baik untuk kamu. Yuk! Mari disimak.

1. Egg and Avocado Toast

Untuk menu egg and avocado toast, kamu hanya perlu dua butir telur, satu helai ezekiel toast, dan satu buah alpukat. Mudah bukan? Kamu bisa memakai menu ini untuk di pagi hari untuk menghindari rasa lapar.

2. Salad with Grilled Chicken

(Salad dengan ayam panggang cocok untuk menu makan siang. Foto: Dok. The Castlebar/Pexels)


Salad merupakan salah satu makanan yang paling mudah untuk dikonsumsi. Kamu tak perlu memasak selama berjam-jam. Hanya dengan hitungan beberapa menit, kamu sudah dapat makanan yang rendah kalori. Salad with Grilled Chicken bisa kamu contoh untuk menu di siang hari. Kamu hanya membutuhkan chickpeas, spinach, grilled chicken, shredded carrots, goat cheese, dan balsamic vinaigrette.

3.Healthy Yogurt Bowl


Selain menu sarapan egg and avocado toast, kamu juga bisa membuat healthy yogurt bowl dengan beberapa bahan seperti full-fat plain yogurt, raspberries, kacang almond, chia seeds, dan unsweetened coconut. Saat terburu-buru, kamu bisa membawa menu ini di jalan.


(Baca Juga: Tren Warna Baju Yang Akan Cocok Dikenakan di Tahun 2023)


4. Oatmeal


Oatmeal memang paling mudah untuk dibuat dalam menu diet rendah kalori. Namun, kamu akan bosan, jika kamu tidak menambahkan potongan buah apel, bubuk kayu manis, dan selai kacang. Oleh karena itu, kamu harus mencoba beberapa topping tersebut.


5. Breakfast Smoothie



(Smoothies untuk kamu nikmati sebagai menu sarapan. Foto: Dok. Hana Brannigan/Pexels)


Smoothie merupakan salah satu minuman yang sering dikonsumsi oleh olahragawan. Pastinya kamu juga ingin memiliki tubuh yang bugar seperti mereka. Kamu bisa memasukkan pea protein powder, frozen blackberries, coconut milk, cashew butter, dan hemp seeds.


(Baca Juga: 4 Alasan Hubunganmu Enggak Perlu Selalu Diumbar)


6. Chicken with Veggies

Wah! Beberapa bahan untuk menu chicken with veggies bisa kamu temukan di lemari es. Seperti ayam, dan brokoli. Lalu, kamu bisa tambahkan roasted butternut squash diselimuti satu sendok teh olive oil.


7. Omelette

(Omelette untuk menu dietmu. Foto: Dok. Klaus Nielsen/Pexels)


Siapa yang tidak suka telur omelette? Menu ini paling sering disajikan di pagi karena mudah untuk dimasak, khususnya untuk anak muda. Dua butir telur bisa kamu aduk di wadah dan tambahkan cheddar cheese, spinach, dan sweet potatoes.


8. Tuna Salad


Selain ayam, kamu bisa menggunakan ikan tuna untuk hidangan salad di meja makanmu. Tambahkan mayo, potongan seledri, aneka sayuran, alpukat, dan potongan apel hijau. Jangan khawatir, kamu bisa menghilangkan beberapa bahan tersebut, jika kamu tidak ingin mengonsumsinya.

9. Pasta with Pesto and Beans


Kamu ingin mengonsumsi makanan yang membuatmu kenyang lebih lama? Pasta with Pesto and Beans bisa kamu buat dengan brown-rice pasta atau whole-wheat pasta. Lalu, kamu masukkan pesto, kacang cannellini , sayur bayam, tomat, dan keju parmesan.


(Baca Juga: Butik Terbaru Kate Spade, Penuhi Kebutuhan Wanita Bandung)


10. On-the-go Sushi


Khusus penggemar anime Jepang, pasti senang mendengarkan sushi masuk di salah satu menu diet rendah kalori. Namun, kamu harus mengubah bahan sushi yang sering disajikan di restoran dengan mentimun, potongan alpukat, sayuran, sashimi, green salad, dan brown rice. Menu ini akan memberikan keunikan dalam menu dietmu.


Berikut macam-macam menu diet rendah kalori yang perlu kamu coba di rumah bersama teman, lho!


(Penulis: Sania Zelikha)

Life & health