Hair & beauty

Mau Nail Gel Kamu Tahan Lama? Ikut 4 Cara Merawat Ini

By : Her World Indonesia - 2023-03-03 16:00:01 Mau Nail Gel Kamu Tahan Lama? Ikut 4 Cara Merawat Ini

Memiliki kuku yang cantik dapat menunjang penampilan kamu, lho! Menggunakan nail gel menjadi salah satu cara untuk membuat kukumu terlihat cantik dan berwarna. Hal ini dapat menambah kesan menarik dan unik terhadap penampilanmu ketika menghadiri suatu acara.


Selain memilih nail gel yang cocok dan sesuai dengan penampilanmu, kamu juga perlu tahu cara merawat nail gel kamu agar dapat bertahan lama dan selalu terlihat rapih dan cantik. Dilansir dari beberapa sumber, berikut cara-cara yang bisa kamu ikuti untuk menjaga ketahanan dan kecantikan nail gel kamu nih. Yuk disimak!


1. Gunakan top coat


(Top coat melindungi nail gel agar tidak mudah terkelupas. Foto: Dok. valuavitaly/Freepik)


Top coat merupakan lapisan bening yang berfungsi untuk melindungi kuku dan mencegah nail gel kamu untuk terkelupas. Disarankan untuk kamu menggunakan top coat setiap tiga hari sekali. Selain melindungi nail gel kamu, top coat juga dapat membuat kuku menjadi lebih mengkilap.


(Baca Juga: Inilah 10 Inspirasi Nail Art Simple Untuk Kuku Pendek)


2. Oleskan nail oil


(Nail oil menjaga kelembaban kulit di sekitar area kuku. Foto: Dok. Karolina Grabowska/Pexels.com)


Berbeda dengan top coat yang kamu olehkan pada kuku, nail oil dioleskan pada pinggiran dan kutikula kuku. Manfaat dari penggunaan nail oil ini adalah untuk menjaga kelembaban dan kehalusan kulit di sekitar area kuku. Hal ini akan membuat nail gel kamu tidak mudah retak.


3. Hindari penggunaan detergen


Zat yang terkandung dalam detergen dan sabun cuci dapat menyebabkan nail gel untuk cepat mengelupas/terkikis. Oleh karena detergen dan sabun cuci biasanya memiliki formulasi yang keras, usahakan untuk tidak terlalu sering menggunakannya atau sampai terkena. Jangan lupa juga untuk mencuci tangan dengan bersih jika kamu selesai mencuci piring atau baju.


(Baca Juga: Ciptakan Kuku Indah dan Sehat Hanya Dalam 10 Menit)


4. Gunakan sarung tangan


(Menggunakan sarung tangan menjaga nail gel untuk terhindar dari zat keras detergen. Foto: Dok. SHVETS production/Pexels.com) 


Cara lain untuk menghindakan kuku kamu terkena detergen dan sabun cuci adalah dengan menggunakan sarung tangan. Tidak hanya saat mencuci baju, kamu juga dapat menggunakan sarung tangan ketika mengerjakan pekerjaan rumah lainnya. Dengan begitu, kuku cantikmu akan terhindar bersentuhan langsung dengan zat-zat keras yang akan mempercepat kerusakan nail gel.


Berikut empat cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga nail gel kamu tahan lama. Semoga membantu agar kuku kamu selalu terlihat cantik.


(Penulis: Nathania Adella Putri)

Hair & beauty