Fashion

Bajumu Kotor? Inilah 10 Cara Menghilangkan Noda Akibat Tinta

By : Her World Indonesia - 2023-03-02 21:40:02 Bajumu Kotor? Inilah 10 Cara Menghilangkan Noda Akibat Tinta

Kamu pasti ingin sekali tampil sempurna untuk menambah rasa percaya diri kamu. Namun, jika pakaianmu memiliki noda tinta yang terlihat sangat mencolok, kamu akan merasa terganggu. Apalagi, pakaian yang kamu kenakan adalah salah satu baju favorit kamu untuk dipakai sehari-hari. Biasanya, pakaian yang terkena noda kotor seperti tinta, terkadang memilih untuk dibuang dan membeli yang baru.


Dilansir dari beberapa sumber, bahwa pakaian yang terkena noda akibat tinta, bisa dihilangkan dengan cara yang mudah. Daripada kamu harus mengeluarkan uang untuk yang baru, kamu bisa gunakan uangmu untuk membeli berbagai bahan yang dapat membersihkan noda tersebut. Dijamin kamu akan lebih hemat biaya, lho! Yuk, simak ulasannya.


1. Gunakan Aseton


(Aseton untuk penghilang cat kuku bisa kamu gunakan untuk menghilangkan noda akibat tinta di bajumu. Foto: Dok. Karolina Grabowska/ Pexels.com)


Siapa bilang aseton hanya dipakai untuk menghilang cat kuku saja? Aseton atau biasanya disebut penghapus kutek dapat digunakan untuk menghilangkan noda bekas tinta. Namun, kamu juga perlu hati-hati bahwa aseton hanya bisa dipakai untuk kain tertentu yang cenderung kaku dan juga tebal agar tidak dapat merusak serat pada kain seperti bahan jeans.


2. Gunakan Hairspray


(Noda tinta yang sulit dihilangkan, kamu bisa menggunakan hairspray dengan disemprotkan ke pakaianmu. Foto: Dok. Rene Asmussen/ Pexels.com)


Noda tinta akan hilang jika kamu semprotkan hairspray ke pakaianmu. Hal ini dikarenakan bahwa hairspray memiliki kandungan alkohol dan ampuh bersihkan bekas tinta yang menempel dan sulit dibersihkan. Kamu perlu semprotkan hairspray dengan jarak yang dekat ke pakaian yang telah terkena tinta. Lalu, gosokkan secara perlahan saat masih basah.


3. Rendam dengan Susu


(Susu juga bisa menghilangkan noda akibat tinta di pakaianmu karena memiliki sumber protein hewani. Foto: Dok. Pixabay/ Pexels.com)


Selain untuk dikonsumsi, susu bisa dijadikan penghilang noda yang bandel akibat tinta. Susu memiliki sumber protein hewani yang dapat menghilangkan tinta pulpen di pakaianmu. Lalu, juga ada enzim pada susu yang sangat ampuh membantu menyamarkan bekas tinta. Selain itu, kamu tidak perlu mengucek dengan berlebih.


4. Gunakan Tepung Maizena dan Cuka

Aneh bukan? Dua bahan dapur seperti tepung maizena dan cuka memang bisa menghilang noda akibat tinta yang sulit dihilangkan. Kedua bahan ini bisa dibilang cukup ampuh. Kamu hanya perlu membuatnya seperti pasta tepung jagung dan campurkan cuka hingga teksturnya mengental dan mulai oleskan ke pakaianmu.


5. Gunakan Alkohol dan Garam

Mudah ditemukan, alkohol dan garam bisa menghilangkan noda akibat tinta di pakaianmu. Sifat pada alkohol mampu melarutkan kotoran seperti tinta sehingga lebih ringan ketika kamu gosok. Tak hanya bekas tinta pulpen saja, tinta spidol juga bisa dihilangkan dengan kedua bahan tersebut.


6. Detergen


(Detergen bisa untuk membersihkan noda akibat tinta di bajumu. Foto: Dok. RODNAE Productions/ Pexels.com)


Nah, bahan yang satu ini sering digunakan untuk mencuci pakaian yakni detergen. Lalu, detergen juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda tinta di bajumu yang berwarna putih. Sabun cuci pakaian ini lebih ampuh untuk membersihkan noda tinta. Sebab, detergen memang sudah dirancang untuk membersihkan noda kotor.


(Baca Juga: 3 Cara Menghilangkan Noda Di Sepatu Putih Paling Ampuh)


7. Campurkan Air Panas dan Detergen

Tidak perlu mengeluarkan modal, kamu juga bisa membersihkan pakaianmu akibat noda tinta menggunakan air panas. Kamu bisa rendam pakaianmu yang terkena tinta agar nodanya bisa hilang. Air panas yang digunakan juga harus mendidih dan juga beri tambahan detergen agar semakin lebih efektif.


8. Gunakan Pasta Gigi


(Pasta gigi juga ampuh untuk menghilang noda yang membandel akibat tinta di pakaianmu. Foto: Dok. Miriam Alonso/ Pexels.com)


Cara lain untuk menghilangkan bekas tinta salah satunya adalah menggunakan pasta gigimu. Pasta gigi jauh lebih efektif untuk noda yang masih basah atau masih baru. Kamu perlu mengoleskannya dengan pasta gigi hingga tinta pada pakaianmu dapat benar-benar hilang. Setelah selesai dioleskan, bilaslah dengan air bersih agar residu pasta gigi tidak tertinggal di serat pada kain.


9. Gunakan Margarin

Biasanya, kamu menggunakan margarin untuk sarapan. Nah, siapa sangka bahwa margarin juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan noda tinta yang sulit dihilangkan. Kamu bisa mengoleskan margarin pada kain yang terkena noda. Lalu, keringkan di terik matahari selama beberapa waktu. Nah, sebaiknya kamu gunakan untuk pakaian dengan beberapa warna yang gelap.


(Baca Juga: Simak 6 Cara Mudah Hilangkan Noda Luntur Pada Baju Berwarna)


10. Gunakan Hand Sanitizer

Hand sanitizer memiliki kandungan alkohol yang tinggi seperti hairspray untuk menghilangkan noda tinta yang tertinggal pada bajumu. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu meneteskan hand sanitizer di atas noda tintanya dan gosok secara perlahan agar nodanya semakin pudar.


Inilah 10 cara menghilangkan noda tinta yang bisa kamu praktikkan di rumah saja. Selamat mencoba!


(Penulis: Sania Zelikha)


Fashion