Life & health

Kamu Stres? Ini 12 Macam Makanan yang Dapat Meredakannya

By : Her World Indonesia - 2023-03-02 18:10:01 Kamu Stres? Ini 12 Macam Makanan yang Dapat Meredakannya

Jika kamu sering menghadapi stres, pastinya kamu sering mengalami sakit kepala. Nah, pada akhirnya kamu selalu mencari bantuan ke dokter atau minum obat penghilang stres. Dilansir dari berbagai sumber, memang betul kalau serangan stres sulit sekali dihindari dan akan berdampak pada kesehatan fisik, hingga emosional kamu. Perlu kamu ketahui bahwa kondisi seperti ini bisa menyebabkan penyakit jantung dan depresi, lho!


Tak perlu khawatir, kamu bisa menguranginya dengan berbagai makanan yang memiliki kualitas penghilang stres. Yuk! Tambahkan ulasannya ke menu kamu di setiap harinya.


1. Matcha Bubuk



(Matcha bubuk bisa membantumu untuk menghilangkan stres karena memiliki berbagai kandungan yang baik. Foto: Dok. Charlotte May/ Pexels.com)


Siapa bilang matcha bubuk hanya untuk kebiasaan lifestyle? Nah, matcha bubuk ini sangat terkenal di dunia kesehatan. Hal ini dikarenakan bahwa matcha memiliki kandungan kaya akan L-theanine, asam amino non protein yang bisa membuat stresmu semakin reda. Sumber asam amino pada matcha lebih baik daripada jenis teh hijau lainnya.


2. Kimchi



(Kimchi bisa meredakan stres yang berlebih dan bisa ditemukan di supermarket terdekat. Foto: Dok. Antoni Shkraba/ Pexels.com)


Nah, bagi penggemar drama Korea pastinya senang sekali mendengar makanan khas Korea yang satu ini, kimchi. Biasanya, kamu bisa temukan ini di supermarket terdekat. Kenapa kimchi bisa meredakan stres? Ternyata, makanan fermentasi bisa membantu mengurangi stres dan kecemasan. Suplemen prabiotik dan makanan kaya prabiotik seperti kimchi ini bisa menguntungkan untuk kesehatan mental.


3. Telur


(Telur dapat kamu konsumsi untuk meredakan stres dan meningkatkan suasana hati. Foto: Dok.  Jane Doan/ Pexels.com)


Untuk sarapan, kamu bisa menyantap telur untuk menghilangkan stres. Telur sering disebut sebagai multivitamin alami karena profil nutrisinya yang mengesankan. Telur utuh, dikemas dengan vitamin, mineral, asam amino, dan antioksidan yang bisa mengatur stres. Lalu, telur juga bisa meningkatkan suasana hati kamu.


4. Peterseli

Selain ditaburkan di berbagai makanan, peterseli adalah ramuan bergizi yang dikemas dengan antioksidan senyawa yang menetralkan molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas dan melindungi dari stres oksidatif seperti depresi dan kecemasan. Selain itu, peterseli sangat kaya akan karotenoid, flavonoid, dan minyak atsiri yang semuanya memiliki sifat antioksidan yang kuat.


5. Brokoli

Untuk sayuran tentunya tidak boleh terlewatkan, lho! Kamu bisa mendapatkan manfaat dari brokoli seperti untuk menghilangkan gangguan kesehatan mental, risiko kanker tertentu, hingga penyakit jantung. Brokoli merupakan sayuran yang paling terkonsentrasi dari beberapa nutrisi seperti magnesium, vitamin C, dan folat untuk memerangi gejala depresimu.


6. Sunflower Seeds

Sunflower seeds atau biasa disebut biji bunga matahari merupakan sumber yang kaya vitamin E berfungsi sebagai antioksidan yang kuat dan penting bagi kesehatan mental. Biji bunga matahari ini juga kaya akan nutrisi pengurang stres lainnya termasuk magnesium, mangan, selenium, seng, vitamin B, dan tembaga.


(Baca Juga: Lezat & Sehat, Ini 7 Makanan Yang Bisa Menghilangkan Stres)


7. Bawang Putih

Selain mudah didapat, bawang putih juga bisa menghilangkan stres. Bawang putih memiliki kandungan senyawa belerang yang tinggi untuk membanti meningkatkan kadar glutathione. Antioksidan ini adalah bagian dari garis pertahanan pertama pada tubuhmu untuk melawan stres.


8. Dark Chocolate


(Dark chocolate juga bisa kamu konsumsi untuk menurunkan tekanan darah yang memicu stres. Foto: Dok. Vie Studio/ Pexels.com) 


Dark chocolate diketahui bisa menurunkan tekanan darah yang bisa memicu stres berlebihan. Kamu juga tidak perlu takut jika berat badanmu akan naik saat mengonsumsi coklat. Kamu bisa menyantapnya sebagai camilan selama seminggu sekali.


9. Kacang Almond


Kacang almond sangat bernutrisi untuk meredakan stres seperti vitamin B, zat besi, magnesium, dan vitamin E. Kamu bisa mencarinya di supermarket terdekat dengan bentuk susu almond karena bisa memudahkanmu untuk mengonsumsinya.


10.Oatmeal


Mood-mu akan lebih baik melalui kandungan pada oatmeal yakni kandungan karbohidrat yang dapat membantu otak memproduksi seratonin. Lalu, seratonin juga tidak hanya memiliki sifat antioksidan saja, tetapi juga dapat menenangkan dan membantu mengatasi stres.


11. Salmon

Makanan yang terakhir untuk kamu konsumsi untuk meredakan stres yaitu ikan salmon. Kandungan asam lemak omega-3 dalam salmon memiliki sifat antiperadangan yang dapat membantu melawan hormon stres yang berlebih. Ikan salmon juga bisa kamu dapat melalui suplemen omega-3.


(Baca Juga: Pikiran Buat Stres? Ini 6 Cara Menghilangkan Overthinking)


12. Buah Jeruk


(Jeruk dapat mengurangi tekanan stres yang didapat dari vitamin C. Foto: Dok. Pixabay/ Pexels.com)


Jeruk memang dapat membantumu untuk mengurangi efek dari tekanan stres. Vitamin C pada jeruk memiliki kadar yang paling tinggi di dalam tubuh. Maka dari itu, jika kamu memiliki kadar vitamin C yang tinggi pada tubuhmu, kamu tidak akan menunjukkan tanda stres mental dan fisik yang berlebih.


Inilah 12 makanan yang dapat meredakan stresmu di setiap harinya. Yuk! Mulailah konsumsi berbagai makanan tersebut untuk kesehatanmu.


(Penulis: Sania Zelikha)


Life & health