Life & health

Pikiran Buat Stres? Ini 6 Cara Menghilangkan Overthinking

By : Her World Indonesia - 2022-10-17 19:00:01 Pikiran Buat Stres? Ini 6 Cara Menghilangkan Overthinking

Pada kesehariannya, tiap orang memiliki beban pikiran masing-masing. Apapun hal yang dipikirkan, terdapat beberapa orang yang memiliki kapasitas untuj cepat melupakannya seiring dengan bergantinya hari. Namun, ada juga beberapa orang yang terlalu larut dalam pikirannya hingga hal ini berhasil mempengaruhi gaya hidup bahkan membahayakan dirinya sendiri. Hal inilah yang disebut dengan overthinking.


Bagi orang yang mengalami overthinking, hal ini tidak bisa hilang hanya dalam kurun waktu yang cepat. Pada beberapa kasus, overthinking bahkan menjadi kebiasaan yang sering terjadi secara terus-menerus. Overthinking menjadi hal yang perlu untuk dihindari karena dapat memicu linglung, stres, bahkan depresi. Lantas, bagaimana cara menghilangkan overthinking yang bisa dicoba agar tidak larut dalam pikiran sendiri? Yuk cek di bawah ini.


1. Buang Pikiran Negatif


Poin pertama ini mungkin terdengar sepele, tetapi tidak kalah penting dengan lainnya. Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan overthinking adalah dengan membuang pikiran negatif.

Sebagian besar, overthinking terpicu dari pikiran-pikiran negatif berlebihan yang menumpuk. Pikiran ini bisa terdengar tidak masuk akal bagi orang biasa, tetapi bagi para overthinkers mereka meyakini pikiran tersebut bisa benar-benar terjadi.

Agar overthinking tidak kembali, kamu bisa mulai mengingatkan diri sendiri ketika pikiran negatif sudah mulai muncul dalam benakmu. Tegaskan pada dirimu sendiri bahwa pikiran tersebut tidak nyata dan hanya akan menumpuk bebanmu sendiri. Taktik lain yang bisa kamu coba untuk menghilangkan overthinking adalah dengan merubah pikiran negatifmu menjadi sesuatu yang positif.

2. Fokus ke Pemecahan Masalah


(Problem solving menjadi cara untuk menghilangkan overthinking. Foto: Dok. Karolina Grabowska/Pexels)

Berkat overthinking, seringkali masalah yang seharusnya menjadi fokus utama justru menjadi terabaikan atau terlupakan. Hal ini tentunya bisa menyulitkanmu, terutama jika menyangkut pekerjaan atau proyek besar.

Daripada terus-menerus memikirkan overthinking, ada baiknya kamu lebih fokus pada menemukan solusi untuk masalah yang bisa kamu kendalikan. Jika kamu terus-menerus memikirkan masalah yang di luar batasanmu, kamu akan kewalahan untuk menyelesaikan masalah utama hingga akhirnya membebani dirimu sendiri.


(Baca Juga: Ingin Menenangkan Pikiran? 5 Olahraga Ini Bisa Membantu)


3. Cari Distraksi


Hal termudah yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan overthinking adalah dengan mencari distraksi. Distraksi dalam hal ini bisa berupa banyak hal, seperti liburan, memulai kebiasaan olahraga, memulai hobi baru, menjadi sukarelawan di kegiatan lingkungan, dan masih banyak lagi.

Hal terpenting dalam poin ini adalah mencari distraksi yang memang merupakan hal favorit bagimu. Siapa tahu, dengan distraksi yang kamu pilih kamu bisa mulai melupakan kebiasaan overthinking dan fokus pada masalah-masalah penting saja.

4. Meminta Bantuan


(Meminta bantuan menjadi cara untuk menghilangkan overthinking. Foto: Dok. Andrew Neel/Pexels)

Saat mengalami masa overthinking, hal penting lain yang tidak boleh dilupakan adalah untuk tidak membiarkan dirimu sendirian. Daripada memendam semua pikiranmu sendiri, kamu bisa mengajak temanmu untuk berdiskusi atau sekedar menjadi pendengar.

Kamu bisa bertukar pikiran dengan temanmu agar lebih mudah menemukan solusi atas masalahmu. Jangan ragu-ragu untuk meminta bantuan, karena tanpa awasan orang lain overthinking juga bisa menjadi kebiasaan yang berbahaya.

Selain meminta bantuan pada teman atau kerabat, kamu juga bisa meminta pertolongan dari orang ahli seperti psikiater. Psikiater bisa mengetahui penyebab kamu memiliki overthinking dan membantumu untuk menghilangkannya dengan tuntas melalui terapi. Psikiater juga bisa menjadi teman untuk menyalurkan beban pikiran dan masalah hidupmu.

5. Meditasi


Ketika cara lain tidak bekerja, hal terakhir yang bisa kamu coba adalah meditasi. Melalui meditasi, kamu memiliki waktu untuk menenangkan pikiranmu dari hal-hal negatif atau berlebihan yang membebanimu.

Meditasi yang umumnya dilakukan sendirian ini juga bisa memberikanmu waktu istirahat dari rutinitas yang padat. Waktu meditasi ini dapat memberikanmu sudut pandang baru agar lebih fokus pada hal-hal penting saja.


(Baca Juga: 7 Cara Menghilangkan Stress Pikiran, Penasaran Apa Saja?)


Berikut adalah beberapa cara menghilangkan overthinking. Masalah ini dialami oleh banyak orang di tiap generasi, dan sayangnya seringkali dianggap sepele bahkan diabaikan. Namun, perlu diingat bahwa overthinking penting untuk dikenali tanda-tandanya sejak dini, agar tidak membahayakan diri sendiri dengan menimbulkan stres bahkan depresi.

Jika kamu termasuk kaum overthinkers, ikuti cara-cara di atas agar kamu bisa mulai melepaskan pikiran negatif dan menggantinya dengan hal-hal yang lebih positif.


(Penulis: Natasha Fitranda Putri)


Life & health