Lezat & Sehat, Ini 7 Makanan Yang Bisa Menghilangkan Stres


  • Lezat & Sehat, Ini 7 Makanan Yang Bisa Menghilangkan Stres
    Sehat dan enak, ini makanan yang bisa menghilangkan stres. (Foto: Dok. Fascinadora/iStock)

    Apakah kamu sedang merasa stres dan ingin nyemil? Ketika merasa stres, tidak sedikit orang yang ingin mengonsumsi cemilan. Ada yang berkumpul untuk makan bersama di restoran dan gerai fastfood, ada juga yang hanya membeli cemilan dan kopi di kafe-kafe. Pasti kamu pernah berpikir bahwa makan cemilan menjadi salah satu cara ampuh untuk menghilangkan stres. Hal tersebut ada benar dan salahnya, loh! Semua itu tergantung kandungan dari makanan yang kamu konsumsi saat stres. 


    Meskipun rasanya enak, tidak semua makanan baik untuk dikonsumsi saat stres karena tidak semua kandungan dalam makanan ampuh untuk meredakan dan melegakan pikiran. Alih-alih menghilangkan stres, makanan yang tidak sehat justru akan menambah hormon stres dalam diri kamu.




    Apakah kamu tahu hormon kortisol? Ini adalah hormon yang menimbulkan rasa ngidam dan ingin mengonsumsi makanan yang mengandung kadar gula dan kalori tinggi. Biasanya, makanan dengan gula dan kalori tinggi berada di junk food yang akan membuat mood semakin buruk dan stress. Maka dari itu, kamu harus berhati-hati ketika ingin makan saat stres! Pilihlah kandungan makanan yang bisa menghilangkan stres agar ngidam-mu tidak sia-sia.


    (Baca Juga: Makanan Untuk Kesehatan Mata Akibat Sering Lihat Layar HP)


    Berikut adalah sejumlah makanan yang bisa menghilangkan stress!


    1. Jeruk


    makanan yang bisa menghilangkan stres

    (Jeruk. Foto: Dok. 5second/iStock)


    Seperti yang kita tahu, jeruk kaya akan kandungan vitamin C. Vitamin C sendiri memiliki khasiat yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin C juga terbukti ampuh dapat mengurangi efek buruk fisik dan psikologis yang disebabkan oleh tekanan stres. Secara alami, tubuh menghasilkan vitamin C di kelenjar adrenalin. Namun, stres dapat menguras persediaan vitamin C alami dalam tubuh. Karena itu, konsumsi makanan yang mengandung vitamin C seperti buah jeruk atau olahan buah jeruk agar menghindari stres mental dan fisik saat mengalami tantangan psikologis yang berat. 


    2. Kacang Mede


    makanan yang bisa menghilangkan stres

    (Kacang mede. Foto: Dok. HandmadePictures/iStock)


    Kacang mede adalah salah satu pilihan makanan yang bisa menghilangkan stress yang paling baik dibandingkan dengan jenis kacang lain. Kacang mede mengandung kadar zinc yang tinggi, yang mana setiap ons kacang mede dapat mencukupi 11 persen dari kebutuhan zinc harian manusia. Ketika tubuh memiliki kadar zinc yang rendah, tubuh akan lebih rentan terhadap kecemasan dan depresi.


    Maka dari itu, kita harus mendapatkan asupan zinc yang cukup setiap harinya terlebih ketika sedang sibuk beraktivitas. Perlu diperhatikan bahwa kacang-kacangan memiliki kandungan kalori yang tinggi sehingga perlu dibatasi porsi hariannya. 


    3. Alpukat


    makanan yang bisa menghilangkan stres

    (Alpukat. Foto: Dok. ASMR/iStock)


    Alpukat memiliki kandungan glutathoine yang tinggi. Senyawa ini berfungsi untuk memblokir penyerapan lemak tertentu di dalam usus yang dapat menyebabkan kerusakan oksidatif. Selain itu, alpukat juga mengandung lutein, beta karoten, folat, dan vitamin E yang lebih tinggi dibandingkan buah lainnya. Konsumsi alpukat dalam jumlah yang cukup untuk menghilangkan stres. 


    4. Yoghurt


    makanan yang bisa menghilangkan stres

    (Strawberry granola dengan yoghurt. Foto: Dok. Teen00000/iStock)


    Jika kamu menyukai yoghurt, maka makanan yang bisa menghilangkan stres ini cocok untuk kamu! Tidak banyak orang yang tahu bahwa stres dapat dipicu oleh bakteri jahat yang ada di dalam perut. Otak mengirimkan sinyal ke usus yang menjadi alasan bahwa stres dapat mengganggu pencernaan. Mengonsumsi probiotik dalam yoghurt terbukti dapat mengurangi aktivitas otak di daerah yang menangani emosi seperti stres. Selain itu, yoghurt juga mengandung protein dan kalsium yang baik untuk tubuh. 


    5. Sayuran hijau


    makanan yang bisa menghilangkan stres

    (Sayuran hijau. Foto: Dok. robynmac/iStock)


    Sayuran hijau seperti bayam memiliki kandungan folat yang menghasilkan dopamin. Dopamin adalah zat kimia dalam otak yang merangsang rasa bahagia dan membantu kamu agar tetap tenang. Selain itu, konsumsi folat akan menurunkan gejala depresi, loh! Orang yang mengonsumsi sayuran hijau secara rutin akan merasa lebih tenang, lebih mudah bahagia, dan lebih energik saat menjalani aktivitas sehari-hari. 


    6. Salmon


    makanan yang bisa menghilangkan stres

    (Salmon. Foto: Dok. gbh007/iStock)


    Salmon memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang bersifat anti-peradangan. Sifat ini efektif untuk membantu tubuh melawan efek negatif darihormon stres. Mencukupi kebutuhan omega-3 sehari-hari dapat menurunkan tingkat kecemasan hingga 20 persen. Maka dari itu, mengonsumsi salmon dalam porsi yang cukup akan membantu tubuh untuk mencegah stres.


    7. Dark Chocolate


    makanan yang bisa menghilangkan stres

    (Dark chocolate. Foto: Dok. fcafotodigital/iStock)


    Cokelat memang bisa membuat bahagia, tapi juga bisa bermanfaat buruk tergantung jenis cokelat mana yang kamu konsumsi! Cokelat yang dapat mengurangi kadar hormon stres kortisol adalah dark chocolate. Jenis cokelat ini dapat menurunkan tekanan darah sehingga tubuh lebih tenang. Selain itu, dark chocolate mengandung banyak polifenol dan plavonol yang merupakan dua jenis antioksidan yang penting dikonsumsi tubuh. Cukup konsumsi dark chocolate seminggu sekali agar mencegah peningkatan berat badan yang drastis. 


    (Baca Juga: 7 Makanan yang Baik Dikonsumsi Penderita Asam Lambung)


    Itulah ketujuh makanan yang bisa menghilangkan stres. Semoga bermanfaat!


    (Penulis: Andrea Nathania)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below