Sex & relationship

4 Cara Pertahankan Hubunganmu Yang Hampir Putus

By : Vanessa Masli - 2023-02-28 10:00:01 4 Cara Pertahankan Hubunganmu Yang Hampir Putus

Banyak hal yang bisa menyebabkan hubunganmu berada di ambang garis putus. Mungkin urusan komunikasi yang semakin renggang atau ada kejenuhan yang membuat hubunganmu dan dia terasa datar. Rasanya seperti terlalu sayang, ketika hubungan yang sudah terjalin bertahun-tahun harus dihadapkan pada kemungkinan bahwa kamu dan dia akan berakhir menjadi orang asing.


Namun, saat kamu dan dia masih ingin sama-sama berjuang. Pertahankan hubungan yang hampir putus juga punya mungkin dilakukan. Setidaknya, beberapa cara yang Her World rangkum di bawah ini bisa kamu lakukan untuk memperjuangkan hubunganmu. Penasaran apa saja caranya? Simak terus sampai akhir ya!


1. Akui kalau salah


Jika hubunganmu merenggang atau hampir putus karena ada kepercayaan yang kamu ingkari, penting untuk pertama mengakui kesalahan tersebut. Sikap tanggung jawab dan kejujuran jadi elemen penting dalam hubungan, apalagi kalau kamu ingin dia tetap menjadi pasanganmu.


Sebaliknya, sikap defensif, padahal kamu jelas-jelas salah, justru akan jadi boomerang yang akan membawa hubunganmu berakhir lebih cepat.


2. Bicarakan sejujur-jujurnya


Enggak ada yang disimpan sendiri, enggak ada yang ditutupi. Ada dua orang yang terlibat dalam hubungan ini dan bertanggung jawab untuk menjaganya agar enggak putus. Jadi, jangan coba memperbaiki hubunganmu seorang diri. Ajak dia duduk dan bicara.


Luapkan perasaanmu sejujur-jujurnya dan beri dia ruang untuk melakukan hal yang dengan mendengarkannya. Buat kalian berdua saling memahami situasi yang dihadapkan pada hubungan kamu dan dia, supaya bisa temukan cara untuk mempertahankannya.



(Bicarakan sejujur-jujurnya kepada satu sama lain. Foto: Dok. Alena Darmel/Pexels)


(Baca Juga: Susah Dilupakan! Ini 4 Cara Bikin Pria Kangen Berat Padamu)


3. Coba hal baru bersama


Selain menjadi sepasang kekasih, kamu dan dia juga sepasang sahabat. Jadi penting untuk memupuk rasa persahabatan yang mungkin hilang karena hubungan merenggang. Mungkin mencoba hal-hal baru bersama bisa jadi salah satu cara untuk pertahankan hubunganmu yang hampir putus.


Mulai dari pergi ke luar kota bersama hingga mencoba hobi baru, mungkin kamu dan dia bisa kembali temukan alasan yang membuat kalian berdua saling jatuh cinta sejak awal.


4. Mengelola ekspektasi


Dalam obrolan kalian berdua, coba utarakan apa yang menjadi ekspektasi satu sama lain terhadap hubungan tersebut. Coba jujur dengan ekspektasimu dan dia, setelah semua saling tahu, barulah belajar mengelola ekspektasi tersebut. Cara ini bisa diterapkan agar kamu dan dia terhindar dari hubungan yang kembali terancam putus.


(Baca Juga: PDKT? Ini 12 Topik Pembicaraan yang Menarik Bagi Pria)


Itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk pertahankan hubungan yang hampir putus.


Sex & relationship