Life & health

Selain Raisa, 6 Artis Ini Pernah Tampil di Stadion Utama GBK

By : Vanessa Masli - 2023-02-27 18:00:01 Selain Raisa, 6 Artis Ini Pernah Tampil di Stadion Utama GBK

Tanggal 25 Februari jadi salah satu hari bersejarah bagi penyanyi, Raisa yang resmi menggelar konser tunggalnya di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK). Diawali dengan lagu Berdamai yang berhasil membangun suasana khidmat, Raisa pun membawa para penonton dalam lantunan nada ditemani aksi panggung yang tak kalah indah.


Panggung megah yang terbentang dalam stadion olahraga tersebut menjadi saksi Raisa mengukir sejarah sebagai solois wanita Indonesia pertama yang menggelar konser tunggal di GBK. Namun, sebelum Raisa, ada beberapa artis yang juga pernah tampil di Stadion Utama GBK. Siapa saja? Simak rangkuman Her World di bawah ini!


1. Linkin Park


Setelah pertama kali datang ke Indonesia pada 2004, grup band rock asal California, Linkin Park kembali menggelar konsernya di Jakarta pada 2011. Kali ini, band yang digawangi mendiang Chester Bennington bersama Rob Bourdon, Brad Delson, Dave Farrel, Joe Hahn, dan Mike Shinoda memilih Stadion Utama Gelora Bung Karno sebagai panggung konsernya.


Album A Thousand Sun menjadi karya terbaru yang ditampilkan dalam tur konser tersebut. Jadi salah satu negara dengan fans terbanyak, Indonesia pun mendapatkan kesempatan untuk melihat aksi panggung Linkin Park untuk kedua kalinya.


2. SMTown



(Super Junior jadi salah satu artis yang tampil di GBK pada 2012. Foto: Dok. Super Junior/Instagram)


Hampir sepuluh tahun lalu, para penggemar K-Pop khususnya artis-artis keluaran SMTown di Jakarta berhasil dibuat heboh dengan tur konser bertajuk SMTown Live World Tour III. Konser tersebut digelar di Stadion Utama GBK yang menampilkan delapan artis di bawah naungan SM Entertainment meliputi Super Junior, Girls’ Generation, Kangta, BoA, TVXQ, SHINee, f(x), dan EXO.


Tur konser yang dilaksanakan pada 22 September 2012 ini dihadiri oleh lebih dari 50 ribu penonton dan menjadi salah satu konser dengan penonton terbesar di GBK pada masanya.


3. Bon Jovi


Kamu mungkin sudah tak asing mendengar Bon Jovi, salah satu band rock ikonis. Saat melaksanakan Tur Asianya pada 2015 lalu, Bon Jovi menjadikan Jakarta sebagai destinasi pertamanya yang mengawali tur tersebut. Pelantun It’s My Live ini kembali ke Jakarta setelah pertama kali menggemparkan Tanah Air, 25 tahun sebelum Bon Jovi Live Tour 2015.


Sebanyak 40 ribu tiket terjual habis dalam waktu empat hari, mulai dari kelas Tribun hingga VIP. Konser tersebut dibuka oleh Judika dan Sam Tsui. Menariknya, konser tersebut menggunakan sound system, lighting, dan perlengkapan lain dari perusahaan lokal.


(Baca Juga: Menjelang Konser di GBK, Ini 5 Fakta Menarik Raisa)


4. One Direction



(One Direction menggelar tur konser di Jakarta pada 2015. Foto: Dok. One Direction/Instagram)


Mungkin 25 Maret 2015 menjadi hari paling membahagiakan sekaligus menyedihkan bagi Directioners – sebutan bagi para penggemar grup asal Inggris, One Direction – ketika sang idola menggelar konsernay Stadion Utama Gelora Bung Karno. Tur yang bertajuk 'On the Road Again Tour 2015' ini.


Sebuah tur yang digelar untuk memperkenalkan album keempatnya bertajuk Four, konser di GBK ini menjadi momen yang menyedihkan juga karena pada hari yang sama, Zayn mengumumkan bahwa dirinya keluar dari grup band yang membesarkan namanya tersebut.


5. Guns N’Roses


Panggung megah di Stadion Utama Gelora Bung Karno menjadi panggung reuni formasi klasik dari band Guns N’Roses. Mulai dari Axl Rose, Saul Hudson (Slash), Michael Andrew Mckagan (Duff Mckagan) dan Darren Arthur Reed (Dizzy Reed), semua hadir untuk menyempurnakan konser bertajuk 'Not In This Lifetime' yang diselenggarakan pada 8 November 2018.


Konser yang berlangsung selama kurang lebih tiga jam ini menjadi salah satu momen bersejarah bagi para penggemar Guns N’Roses dengan penampilan sang idola dalam formasi klasiknya.


6. Ed Sheeran



(Ed Sheeran tampil di Stadion Utama GBK pada 2019. Foto: Dok. Ed Sheeran/Instagram)


Sempat ingin menggelar konser pada 2017, tapi batal karena masalah kesehatan, Ed Sheeran pun menepati janjinya untuk menyapa penggemarnya di Indonesia. Kali ini, konser pelantun Thinking Out Loud tersebut menggelar konser perdananya di Stadion Utama Gelora Bung Karno.


Jakarta menjadi salah satu kota yang dikunjungi Ed dalam rangkaian 'Divide World Tour' pada 2019, yang mempromosikan album terbarunya saat itu, Divide. Seluruh stadion berhasil dibuat hanyut dalam lantunan nada karya sang idola.


(Baca Juga: Epic! Samsung Resmi Meluncurkan Galaxy S23 Series 5G)


Itu dia beberapa artis yang pernah menggelar konsernya di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Kira-kira kamu pernah datang ke konser yang mana?


Life & health