Sex & relationship

4 Ciri-Ciri Pasangan Narsistik Yang Perlu Kamu Ketahui

By : Vanessa Masli - 2023-02-24 10:00:01 4 Ciri-Ciri Pasangan Narsistik Yang Perlu Kamu Ketahui

Mungkin enggak terlihat saat masa PDKT, mungkin kamu terbuai dengan rasa cinta sampai enggak sadar bahwa kamu sedang menjalin hubungan dengan seorang narsistik. Seseorang yang memiliki ketertarikan dan kekaguman luar biasa tinggi terhadap dirinya sendiri bisa membawa boomerang dalam hubungan yang dijalani.


Narsistik sendiri bukan hanya sebuah kepribadian tapi juga masuk dalam salah satu kategori gangguan mental yang beranam narcissistic personality disorder (NPD). Sebuah kondisi ketika orang tersebut merasa lebih superior dan unik dibandingkan orang lain sehingga dia ingin dikenal serta diperlakukan demikian. Enggak jarang orang-orang narsistik ini enggak peduli atau bahkan merendahkan masalah orang lain.


Meski di awal enggak kelihatan, semakin hari semakin mengenalnya, kamu pun bisa mengetahui ciri-ciri kalau pasanganmu itu narsistik atau enggak. Beberapa diantaranya sudah Her World rangkum di bawah ini. Penasaran apa saja? Simak terus sampai akhir ya!


1. Selalu tentang dia


Namun masalahnya, obrolan tentang dia itu enggak selalu dari mulutmu, tapi dirinya sendiri. Apapun yang kamu ceritakan padanya, entah pekerjaan yang lagi padat atau kabar bahagia dari seorang teman, dia akan selalu punya cara untuk memusatkan obrolan kembali padanya.


Kalau pun obrolannya enggak lagi menjadikan dia sebagai topik, pasanganmu enggak akan menutupi rasa sebal yang dirasakannya. Sebab, para narsistik selalu ingin fokusnya hanya pada dia, termasuk berbagai aspek hubungan yang dijalani. Percayalah, kamu enggak punya ruang dalam hubungan tersebut.


2. Enggak jarang meremehkanmu


Sebab, dia percaya bahwa dirinya jauh lebih baik dari orang lain sehingga kamu enggak jarang diremehkannya. Entah pendapatmu atau preferensimu tentang suatu hal, pasangan yang narsistik akan meremehkan dan justru bisa membuatmu merasa enggak berharga, karena dia merasa masih punya kekuatan lebih ketika membuat orang lain kecewa.



(Dia bisa sering meremehkanmu. Foto: Dok. RODNAE Productions/Pexels)


(Baca Juga: 4 Alasan Wanita Bertahan Dalam Hubungan Yang Bermasalah)


3. Namun, awalnya bisa memesona


Ciri-ciri pasangan narsistik yang harus jadi alarmmu sejak awal adalah bagaimana dia mendekatimu. Sebab, seseorang dengan narcisstic personality disorder akan cenderung melakukan berbagai hal ekstra untuk memikat hatimu. Kamu seolah-olah berada dalam kisah cinta di negeri dongeng yang bikin hatimu juga gampang luluh.


Kamu akan dibanjiri pujian dan berbagai gestur manis yang bisa membuatmu merasa bahwa kalian berdua memang berjodoh. Namun, itu mungkin hanya berlangsung selama satu bulan pertama sampai kamu dan dia saling mengenal.


4. Enggak ada empati


Pasangan yang narsistik memusatkan perhatian padanya, kemungkinan besar dia enggak punya ruang di hatinya untuk berempati. Dia kehilangan kemampuan untuk mengenali apa yang orang lain rasakan karena terlalu sering mengabaikan hal tersebut.


Dia pun akan selalu merasa jadi yang paling benar sehingga sekalipun dia salah akan suatu hal, seorang narsistik kemungkinan besar enggak akan meminta maaf dan mengabaikan perasaan orang lain.


(Baca Juga: Kenali 5 Tanda Pria Serius dalam Hubungan LDR)


Itu dia beberapa ciri-ciri pasangan narsistik yang perlu kamu tahu. Agar kamu enggak terjebak dalam hubungan yang menyakiti hatimu.


Sex & relationship