Sex & relationship

4 Alasan Wanita Bertahan Dalam Hubungan Yang Bermasalah

By : Vanessa Masli - 2023-02-10 19:00:01 4 Alasan Wanita Bertahan Dalam Hubungan Yang Bermasalah

Bukan berarti kamu kena apes harus menjalin sebuah hubungan yang bermasalah. Entah toxic atau enggak jarang mendekati abusive, sebagian dari kamu mungkin pernah memilih bertahan dalam hubungan seperti itu. Tanpa melihat seberapa kuat kepribadianmu atau dalamnya cinta kamu padanya, ada beberapa alasan seorang wanita justru memilih untuk bertahan dalam hubungan yang bermasalah.


Buat kamu yang penasaran dengan alasan di balik para wanita yang masih bertahan dalam hubungan bermasalah, Her World sudah merangkumnya untukmu. Simak terus sampai akhir ya!


1. Masih ingin berusaha


Seorang wanita yang kuat sepertimu, terbiasa untuk bekerja sekeras mungkin sehingga mencapai hasil yang diinginkan. Hal ini enggak hanya berlaku ketika meniti karier, tapi juga aspek hidup lain termasuk dalam menjalin sebuah hubungan.


Jadi, saat dihadapkan pada hubungan yang relatif bermasalah, kamu justru tertantang untuk berusaha memperbaiki hubungan tersebut. Pada dasarnya, apapun kondisi hubunganmu, kamu justru akan bertahan dan berikan yang terbaik sampai akhirnya kamu bisa kehilangan hubungan dengan diri sendiri.


2. Takut untuk sendiri


Mungkin ini bukan kali pertama kamu menjalin hubungan dan sudah semakin terbiasa dengan kehadiran pasangan di sisimu. Jadi, ketika kamu harus menjalani hubungan yang bermasalah, entah pasanganmu suka verbal abuse atau gaslighting, dan lebih baik mengakhiri hubunganmu, kamu justru tetap bertahan.


Kalau ini kerap terjadi, tanpa sadar kamu sebenarnya takut untuk hidup sendirian. Mungkin menjalani hari seorang diri dengan ragam kemungkinan dalam mencari pasangan jadi sesuatu yang menakutkan sehingga kamu memilih bertahan dalam hubungan toxic itu.



(Takut harus kembali jalani hidup sendiri. Foto: Dok. Stefan Stefancik/Pexels)


(Baca Juga: 4 Zodiak Ini Yang Paling Enggak Cocok Dengan Aquarius)


3. Masih positive thinking


Di balik keburukan yang ditunjukkan pasangan, baik dalam perkataan maupun perbuatan, kamu masih berpikir positif dan terus melihat sisi baiknya. Hal-hal baik yang masih kamu temukan dalam dirinya itu ternyata mampu membuatmu bertahan dalam hubungan yang cenderung bermasalah.


Enggak jarang langkah ini diambil karena hati yang lebih mengendalikan keputusanmu dibandingkan logika, ketika orang-orang di sekitarmu sudah memberikan saran atau bahkan warning.


4. Malas untuk beradaptasi (lagi)


Saat kamu menjalin hubungan dengan seseorang, ada kebiasaan atau rutinitas yang terbangun. Jadi, saat harus mengakhiri sebuah hubungan, kamu akan kembali beradaptasi dalam hubungan baru lagi yang entah kapan dan dengan siapa akan terjalin. Proses adaptasi itulah yang terkadang membuat sebagian wanita justru memilih bertahan dalam hubungan bermasalah.


(Baca Juga: 4 Alasan Pria Selingkuh Setelah Menikah, Apa Saja?)


Itu dia beberapa alasan wanita bertahan dalam hubungan yang bermasalah. Pastikan kamu enggak berjuang terlalu keras untuk hubungan yang enggak layak dipertahankan.


Sex & relationship