Hair & beauty

Ampuh! 10 Cara Mengencangkan Kulit Kendur

By : Her World Indonesia - 2023-02-16 15:00:02 Ampuh! 10 Cara Mengencangkan Kulit Kendur

Kulit yang kendur, biasanya terjadi ketika kamu pernah mengalami obesitas pada berat badanmu. Kulitmu akan kendur setelah badanmu adanya penurunan berat badan yang besar di beberapa area tubuh seperti perut, wajah, leher, tangan hingga kaki. Hal ini lazim terjadi di saat berusia 20-an.


Selain penurunan berat badan, kehamilan, dan efek penuaan juga bisa memberikan efek kendur pada kulitmu. Dilansir dari beberapa sumber, bahwa kulit adalah organ terbesar yang ada pada tubuh. Lalu, lapisan paling dalam pada kulit terdiri dari, kolagen, protein, dan elastin. Perlu kamu ketahui bahwa kolagen membentuk 80 persen struktur pada kulit seperti ketegasan dan kekuatan. Sementara itu, elastin sendiri memberikan elastisitas dan membantu kulitmu untuk tetap kencang. Kondisi ini akan memberikan dampak negatif pada harga dirimu. Lalu, bagaimana agar kulitmu semakin kencang?


Maka dari itu, kamu tidak perlu khawatir lagi pada kulitmu karena Her World akan memberikan ulasan cara ampuh untuk mengencangkan kulit yang kendur.

1. Latihan Beban


(Salah satu cara untuk mengencangkan kulit yang ampuh adalah latihan beban. Foto: Dok. Cliff Booth/ Pexels)

Cara mengencangkan kulit yang kendur, kamu bisa melakukannya dengan cara yang alami, lho! Salah satunya adalah aktif dalam latihan beban atau resistensi setiap hari. Cara ini paling efektif untuk membangun otot dan mengurangi kulitmu yang kendur. Tak hanya untuk kulit kendur, kamu juga bisa mengurangi kalori pada tubuh.


(Baca Juga: RiaMiranda Adakan Minang Dekade Legacy Onward)


2. Yoga


(Yoga bisa membuat kulitmu menjadi semakin kencang. Foto: Dok. Vlada Karpovich/ Pexels)


Selain melawan stres, yoga juga merupakan cara yang ampuh. Yoga sendiri memiliki gerakan untuk mengembalikan kekencangan kulit pada tubuh. Kamu bisa memilih berbagai gerakan yang mudah dan langsung dipraktikan ke tubuhmu.


3. Minyak Kelapa


Minyak merupakan bahan dasar yang alami dan bagus untuk kulit seperti minyak kelapa. Kulitmu akan kembali kencang dengan hanya mengoleskan sedikit minyak. Kulitmu juga akan terasa lembut.


4. Minum air yang cukup


Cara alami lainnya untuk mengencangkan kulit yang kendur adalah tetap terhidrasi. Asupan air dapat meningkatkan hidrasi pada kulit dan bisa membuat kulit semakin keras. Maka dari itu, kamu disarankan untuk meminum air dalam jumlah besar di setiap hari.


(Baca Juga: Ikan Hias dapat Menghilangkan Stres. Mengapa?)


5. Menggunakan Firming Cream


Lalu, untuk meningkatkan kekencangan pada kulitmu, firming cream sangat cocok diaplikasikan ke kulit. Krim ini tersedia di pasaran dan mengandung kolagen dan elastin. Lalu, krim ini juga mengandung retinoid yakni turunan kimia dari vitamin A.


6. Memijat Kulit yang Kendur


Siapa bilang kalau memijat dapat mengendurkan kulit? Justru, jika kamu sering memijat kulit yang kendur, dapat memperkuat efek positif dari krim. Lalu, aliran darah juga dapat meningkat dan membantu membangkitkan respons anti penuaan. Selain pijatan, kamu bisa mencoba dengan menggunakan scrub garam atau gula untuk meningkatkan aliran pada darah.


(Baca Juga: Segera Hentikan, Ini 6 Tanda Skincare Tidak Cocok Pada Kulit)


7. Mengonsumsi Buah dan Sayur


Makanan yang bergizi seperti buah dan sayur dapat membuat kulitmu kencang. Mengapa? Hal ini dikarenakan vitamin, mineral, dan warna alami yang diproduksi oleh buah dan sayur berperan sebagai antioksidan. Kulitmu akan tetap sehat dan terlindungi. Konsumsilah satu porsi buah dan sayur di setiap hari.


8. Hindari Paparan Sinar Matahari


Perlu kamu ketahui bahwa sinar ultraviolet dari paparan sinar matahari memiliki peran besar pada penuaan kulit. Lalu, efek sampingnya adalah kulitmu menjadi lebih kendur hingga berkerut. Hal ini dikarenakan sinar UV bisa mengurangi kadar kolagen dan elastin pada kulit. Maka dari itu, kamu harus menggunakan pakaian yang dapat menutup kulit atau kacamata hitam.


9. Kurangi Kebiasaan Merokok


Bagi kamu yang memiliki kebiasaan merokok, kamu perlu hati-hati karena kulitmu akan kendur. Bahan kimia yang ada di dalam asap tembakau bisa menurunkan produksi kolagen, elastin, dan vitamin A di kulit. Tak hanya tubuh, wajahmu juga akan kendur akibat merokok dan dapat terlihat antara dahi, alis, dan sekitar bibir. Selain itu, payudaramu juga akan bisa kendur.


10. Perawatan Medis


Di era sekarang, perawatan untuk mengencangkan kulit biasanya memerlukan cara yang lebih modern yaitu bedah. Tindakan ini bisa memperbaiki bentuk tubuh dengan cara mengurangi atau menambah pada bagian tertentu. Perawatan ini bisa disebut body-contouring surgery.


Inilah 10 cara yang ampuh untuk mengencangkan kulitmu secara alami dan modern. Mulai sekarang, kamu harus menjaga kondisi kulitmu!


(Penulis: Sania Zelikha)


Hair & beauty