Sex & relationship

4 Alasan Pria Selingkuh Setelah Menikah, Apa Saja?

By : Vanessa Masli - 2023-02-06 10:00:01 4 Alasan Pria Selingkuh Setelah Menikah, Apa Saja?

Mungkin kamu enggak lagi asing dengan ragam film maupun serial yang mengisahkan sebuah isu perselingkuhan hingga menghancurkan pernikahan yang sudah dibangun selama bertahun-tahun. Meski enggak menutup kemungkinan bahwa wanita juga bisa jadi pelaku, sebuah riset yang dilakukan oleh Institute of Family Studies menunjukkan bahwa sebanyak 20 persen pria lebih mungkin selingkuh dari pasangannya dibandingkan wanita yang sebanyak 13 persen.


Pasti meninggalkan rasa sakit hati bagi yang dikhianati, menyisakan rasa kesal luar biasa bagi yang mendengar atau mengetahui ceritanya. Namun, sebenarnya ada beberapa alasan pria justru selingkuh setelah menikah dan bahkan sudah berkeluarga. Penasaran apa saja alasannya? Simak rangkuman Her World di bawah ini.


1. Enggak membatasi diri saat bersosialisasi


Sebenarnya enggak selalu pria yang menginisiasi proses pendekatan dengan wanita lain, tapi justru bisa terjadi sebaliknya. Nah, jadi masalah dan potensial untuk sebuah perselingkuhan adalah ketika dia enggak memberi batas jelas bahwa dia sudah menikah, terhadap wanita yang mendekatinya tersebut.


Entah pribadi si pria yang terlalu santai dalam bersosialisasi sehingga enggak sadar harus memberi batas atau memang dia sulit menolaknya, perselingkuhan akan sangat mungkin terjadi walaupun dia enggak pernah memulainya.


2. Merasa enggak dihargai


Mungkin ini bukan sepenuhnya salah sang istri, tapi pria selingkuh dalam pernikahan bisa jadi karena dia enggak merasa dihargai. Entah sang istri yang sibuk dengan berbagai perannya, mulai dari berkarier hingga mengurus rumah tangga, tanpa sadar lupa memberikan perhatian terhadap si pria.


Ketika pola itu terus terulang, besar kemungkinannya sang pria berusaha mencari penghargaan dan penerimaan, selain dari pasangannya. Kalau ternyata, penghargaan yang didapatkan dari wanita lain membuatnya senang, perselinngkuhan enggak lagi jadi mitos dalam keluarga.



(Si pria selalu merasa kurang dihargai. Foto: Dok. Vladimir Vladimirov/iStock)


(Baca Juga: 4 Tipe Wanita Yang Paling Gampang Diselingkuhi)


3. Mendadak mantan datang


Mantan yang menjadi cinta pertamanya (dan ternyata masih menyimpan rasa), tiba-tiba datang dalam kehidupan si pria yang sudah memiliki istri, ini perlu jadi perhatian. Enggak sedikit pria yang mungkin alami kejenuhan dalam pernikahannya, lalu mendadak terhubung kembali dengan mantannya, justru merasa lebih senang.


Apalagi kalau ternyata dia belum benar-benar move on dari mantan tersebut, perselingkuhan pun jadi hal yang mungkin mengakhiri pernikahannya.


4. Belum dewasa


Dia yang selingkuh bisa jadi memang dasarnya dia belum cukup dewasa untuk menjadi suami seseorang. Ketika si pria enggak memiliki banyak pengalaman dalam hubungan serius dan lebih sering menganggap hubungan sebagai main-main, relasi seserius pernikahan pun bisa dia anggap seperti candaan.


Enggak sedikit pria menganggap selalu ada ruang dan kesempatan dalam kesetiaannya pada pasangan masing-masing. Lalu, ketika dikonfrontasi, banyak denial yang persiapkan untuk menjustrifikasi perilakunya. Jadi, ketika dia belum sadar kalau aksinya memiliki konsekuensi, itu tandanya dia belum cukup dewasa untuk mendapatkan hubungan yang serius.


(Baca Juga: 4 Rekomendasi Film Tentang Perselingkuhan Yang Bikin Kesal)


Itu dia beberapa alasan pria yang justru selingkuh setelah menikah. Jadi, buat kamu yang sudah menikah, coba lebih peka terhadap gerak gerik pasanganmu. Buat yang mendekati pelaminan, pastikan kamu mengenal pasanganmu sebaik mungkin. Semoga bermanfaat!


Sex & relationship