Sex & relationship

4 Cara Berhenti Berharap Pada Seseorang Yang Kamu Suka

By : Vanessa Masli - 2023-02-07 10:00:02 4 Cara Berhenti Berharap Pada Seseorang Yang Kamu Suka

Saat kamu tiba-tiba menaruh rasa pada seseorang, entah teman, sahabat atau bahkan orang yang baru kamu kenal, pasti ada ragam pengalaman mengalir dalam dirimu. Mungkin di satu sisi, semua perasaan-perasaan kecil yang terasa membuatmu senang. Namun, di sisi lain, hatimu bisa merasa lelah karena tahu rasa suka ini kemungkinan besar enggak akan terbalaskan.


Bukan ingin mematahkan harapanmu pada dia, tapi mungkin rasa suka ini bisa membuatmu lupa untuk tetap pusatkan perhatian pada diri sendiri. Jadi, saat rasa suka ini sudah mulai melelahkan, mungkin itu tandanya kamu pelan-pelan harus berhenti berharap pada seseorang yang kamu suka. Bagaimana caranya? Her World sudah merangkum beberapa cara untuk kamu coba.


1. Jaga jarak


Kamu tetap perlu jarak untuk fokus menata hati. Mungkin sempat membuatmu sedih karena harus mengurangi frekuensi pertemuanmu dengannya, tapi jarak ini bisa memudahkan kamu untuk berhenti berharap. Sebab, menghabiskan banyak waktu dekatnya bisa mendorong stimulan yang justru semakin menguatkan perasaan dan harapanmu, ketika hati sudah enggak lagi sanggup berharap.


2. Tulis dalam jurnal


Kalau kamu adalah seseorang yang rutin membiasakan diri untuk journaling, entah setiap pagi atau malam, cara ini bisa bantu kamu hentikan harapan pada seseorang yang kamu suka. Kebiasaan ini bisa enggak hanya membantu kamu ungkapkan perasaan sejujur-jujurnya, tapi juga menjernihkan pikiran sehingga kamu bisa tentukan apakah dia orang yang cocok untukmu, terlepas dari rasa suka yang hinggap.



(Jernihkan pikiran dan perasaan dengan menulis jurnal. Foto: Dok. Vlada Karpovich/Pexels)


(Baca Juga: Ciri Pria yang Mengagumimu)


3. Fokuskan perhatianmu pada hal lain


Mungkin pekerjaan atau mencari hobi baru bisa jadi hal-hal yang mengalihkan perhatianmu darinya. Dengan memusatkan perhatian ke hal-hal lain, kamu pun enggak akan terlalu fokus memikirkan dia (yang belum tentu memikirkanmu juga). Plus, mencoba hobi baru atau kembali melakukan kegiatan yang kamu sukai, mungkin pelan-pelan kamu juga bisa kembalikan fokus pada dirimu sendiri.


4. Menjalani prosesnya dengan komitmen tinggi


Silakan menikmati perasaan senang saat kamu menyukainya, apalagi dengan hal-hal kecil yang bisa bikin hatimu senang. Namun, saat kamu memutuskan untuk berhenti berharap pada seseorang yang disukai, jalani prosesnya dengan komitmen tinggi. Kunci untuk menjalaninya penuh komitmen, kamu juga harus mau berhenti menyukai atau berharap padanya.


(Baca Juga: 4 Tanda Seorang Pria Bahagia Dengan Pasangannya)


Itu dia beberapa cara untuk bisa berhenti berharap pada seseorang yang kamu suka. Semoga bermanfaat!


Sex & relationship