Food & travel

Wonderful! 5 Christmas Market yang Wajib Dikunjungi

By : Her World Indonesia - 2023-12-25 14:00:02 Wonderful! 5 Christmas Market yang Wajib Dikunjungi

Menyambut the most wonderful time of the year, yaitu Natal banyak sekali pilihan tempat dan aktivitas yang dapat kamu kunjungi dan lakukan. Salah satu hal yang menarik untuk dilakukan adalah berkunjung ke Eropa, di mana ornamen lampu kelap-kelip dan hiasan Natal yang cantik menghiasi kota yang cantik juga. 

Selagi mengunjungi negara-negara tersebut, mengunjungi Christmas market dapat menjadi pilihan menarik untuk kamu kunjungi selagi berlibur. Christmas market adalah pasar malam yang diadakan untuk merayakan Natal selama adven. Terutama empat minggu sebelum hari Natal. Awalnya, Christmas market ini tradisi di Jerman dan Austria. Kini Christmas market meluas ke berbagai negara di dunia. 


Berikut lima Christmas market yang harus kamu kunjungi, simak sampai akhir, ya!


1. Strasbourg Christmas Market 


(Berbagai kios-kios di Strasbourg Christmas market. Foto: Dok. Christophe Hamm/noel.alsace)


Strasbourg Christmas Market di Prancis adalah Christmas market tertua. Sudah ada dari 1570 membuat Strasbourg Christmas Market menjadi ‘Capital of Christmas’. Pada tahun ini Strasbourg Christmas Market diadakan dari 24 November hingga 24 Desember 2023. 


Di sini kamu dapat menemukan indahnya Natal dengan seluruh kota dihiasi oleh Christmassy things. Jendela-jendela toko berubah menjadi negeri dongeng musim dingin dan jalanan dihiasi dengan lampu berkelip dan rangkaian bunga yang cantik.


Strasbourg Christmas Market adalah destinasi sempurna untuk berbelanja menjelang Natal. Pasar Natal di Strasbourg meluas di sekitar pusat kota, berfokus di sekitar Cathedral Square dan Place Broglie di mana ratusan kios menjual hiasan, mainan, makanan, dan anggur hangat untuk menjaga Anda tetap hangat saat berbelanja.


Makanan jalanan yang bisa dicoba dari kios-kios Strasbourg Christmas Market seperti Bretzels - pretzel lembut dan beragi. Bredeles - biskuit berbumbu lezat berbentuk bintang. Knacks - sosis berbagai ukuran dan deskripsi. Pain d’épices - kue jahe - seperti versi kue jahe yang lebih halus dan padat. Vin chaud - anggur hangat yang harum dengan rempah-rempah dan buah yang lezat. 



2. The Nuremberg Christkindlesmarkt


(Christkindlesmarkt the little city of wood and cloth. Foto: Dok. Christkindlesmarkt.nuernberg/Instagram)


The Nuremberg Christkindlesmarkt merupakan salah satu Christmas market yang paling tua dan paling terkenal di Dunia. Diramaikan dengan kios-kios yang terbuat dari kayu “the little city of wood and cloth” yang didekorasi dengan tema traditional Christmas. Kamu juga akan menemukan aneka camilan manis seperti kue jahe dan kue almond Spekulatius.


3. Basel, Switzerland


(Pasar Natal wajib dikunjungi di Basel. Foto: Dok. Basel.com)


Barfüsserplatz Christmas market di Basel memiliki nuansa yang hangat dan nyaman. Kamu dapat selalu menemukan hal yang menyenangkan di sini selagi menikmati the most wonerful time of the year. Di Christmas market ini kamu akan mendapati banyak pilihan makan selagi menikmati gemerlap lampu Natal yang unik. Pemandangan di depan Barfüsserkirche membentang melintasi atap putih kios pasar yang cantik.


(Baca Juga: Rayakan Hari Natal Dengan Spesial Di 5 Restoran Ini!)

4. Krampus Run, Salsberg, Austria


(Penampakan krampus di Christmas market. Foto: Dok. Kara and Nate/Youtube)


Berbeda dari Christmas market yang lain, Krampus Run di Austria terbilang unik. Di sini kamu dapat bertemu parade krampus, walaupun disebut krampus run, tempat diadakannya tetap berada di jalanan Christmas market.


Krampus Run, atau Krampuslauf adalah acara tradisional di wilayan Pegunungan Alpen Eropa di mana peserta berdandan sebagai Krampus, sosok berkepala tanduk dengan fitur seperti setan. Saat Krampus Run, orang-orang mengenakan kostum Krampus yang rumit. Mereka menggunakan topeng dengan ekspresi menakutkan, pakaian berbulu, serta tanduk besar yang menyeramkan. Para Krampus menjelajahu jalanan, berinteraksi dengan orang-orang yang datang dengan cara menakuti atau mengejar mereka dengan penuh semangat. 


5. Prague Christmas Market in the Czech Republic


(Pemandangan cantik dari Christmas market di Prague. Foto: Dok. Pragueexperience)


Terdiri dari kios-kios kayu yang terang-benderang, dipenuhi dengan kerajinan tangan lokal dan camilan Natal tradisional.


Di antara barang dagangan yang dipajang termasuk keramik, perhiasan, mainan kayu, lilin, hiasan pohon Natal, topi dan sarung tangan musim dingin, serta boneka dan boneka yang berpakaian kostum tradisional bisa kamu temukan di Christmas market ini.


Market ini tidak hanya tentang berbelanja, kamu dapat menemukan berbagai makanan dan minuman lokal yang dapat dicicipi, banyak di antaranya disiapkan di kios-kios sepanjang Christmas market. Berbagai makanan tersebut diantaranya ada daging ham besar on spits(šunka), sosis panggang yang sangat tidak sehat namun lezat (klobása), roti yang dilapisi bawang putih, keju, dan saus tomat (langoš), kentang goreng (hranolky), knedlíky (dumpling) berisi daging asap (knedlíky pln?né uzeným masem), knedlíky manis (sladké knedlíky), dan pancake atau crêpes (pala?inky).


(Baca Juga: Rayakan Natal dan Tahun Baru Bersama The Stones Hotel Bali)


Itu dia lima Christmas market yang unik dan indah yang dapat kamu datangi jika kamu berlibur ke negara-negara tersebut. Simak artikel lainnya untuk mencari tahu lebih banyak lagi tentang yang seru saat Natal. 



(Penulis: Nada Kamiliya)


Food & travel