Hair & beauty

Basic Skincare untuk Kulit Berjerawat, Cukup 4 Langkah Saja!

By : Fariza Rahmadinna - 2023-12-22 18:00:01 Basic Skincare untuk Kulit Berjerawat, Cukup 4 Langkah Saja!

Beda jenis kulit, beda pula rutinitas perawatan kulit yang harus diterapkan, terutama untuk kulit berjerawat. Melihat tips merawat wajah agar glowing mungkin tampak sangat menggoda untuk diikuti, tapi menerapkan rutinitas perawatan yang sama pada kulit berjerawat justru bisa memperburuk kondisi jerawat di wajah kamu. Satu jerawat bisa berubah menjadi kumpulan jerawat dalam sekejap mata. 


Ketika berbicara tentang kulit yang rentan berjerawat, kuncinya adalah menerapkan rutinitas perawatan kulit yang sederhana dan konsisten. Hanya dengan empat langkah saja, berikut ini basic skincare untuk kulit berjerawat untuk pagi dan malam hari yang direkomendasikan oleh dokter kulit. Simak!


Rutinitas Perawatan Kulit Berjerawat Pagi Hari


1. Membersihkan Wajah


Membersihkan wajah di pagi hari merupakan salah satu langkah penting dalam basic skincare untuk kulit berjerawat. Itu bertujuan untuk menghilangkan sebum dan kotoran yang mungkin menumpuk di permukaan kulit sepanjang malam, serta menghilangkan sisa residu produk skincare yang digunakan malam sebelumnya, menurut Dr. Noelani Gonzalez, dermatolog bersertifikat di New York. 

Untuk kulit berjerawat, kamu disarankan untuk menggunakan pembersih wajah yang mengandung salicylic acid atau benzoil peroksida, dan berlabel “oil-free” dan “non-comedogenic”, yang dapat membantu mengurangi dan menghilangkan jerawat. 


2. Gunakan Toner 


(Basic skincare untuk kulit berjerawat. Photo by Ron Lach on Pexels)


Setelah membersihkan wajah, lanjutkan dengan mengaplikasikan toner. “Toner dapat membantu menghilangkan sisa produk pembersih yang mungkin tertinggal di kulit setelah mencuci wajah, menutrisi kulit, dan mengembalikan pH kulit ke tingkat normal—beberapa pembersih wajah mungkin mendorong pH kulit ke arah sedikit asam atau bahkan basa,” kata Brendan Camp, MD, dokter kulit bersertifikat di New York.

Pilihlah toner bebas alkohol dengan bahan-bahan seperti witch hazel atau green tea yang memiliki sifat anti inflamasi dan antioksidan yang bermanfaat untuk mengurangi dan menghilangkan jerawat. 


3. Gunakan Pelembap


Jika kamu berpikir kulit berminyak yang rentan berjerawat tidak memerlukan pelembap, kamu salah! Semua jenis kulit membutuhkan pelembap, tidak terkecuali kulit berjerawat. Melewatkan penggunaan pelembap dalam rutinitas skincare harian dapat menyebabkan kulit memproduksi lebih banyak minyak, yang berpotensi menimbulkan lebih banyak jerawat di wajah. “Pelembap dapat membantu menjaga keseimbangan produksi minyak di kulit,” kata Elyse M. Love, M.D., seorang dokter kulit bersertifikat di New York. 

Selain itu, pelembap juga dapat mencegah kulit kering setelah menggunakan obat jerawat. Sama halnya dengan pembersih wajah, pilihlah juga pelembap yang berlabel “oil-free” dan “non-comedogenic” untuk kulit berjerawat. Kamu bisa memilih pelembap dengan kandungan utama lidah buaya atau hyaluronic acid, yang bisa melembapkan dan menghidrasi kulit berjerawat dengan baik tanpa menyumbat pori-pori. 


4. Gunakan Sunscreen!


Ini adalah langkah penting dalam basic skincare untuk kulit berjerawat di pagi hari. Paparan sinar UVA dan UVB ke kulit berjerawat tanpa adanya perlindungan dapat memparah kondisi jerawat yang sudah ada dan membuat bekas jerawat menjadi lebih menggelap. Oleh karena itu, menggunakan sunscreen di pagi hari (setiap hari) sebelum beraktivitas di luar ruangan sangat penting. Pilih sunscreen non-comedogenic berspektrum luas dengan minimal SPF 30 atau lebih tinggi dan memiliki perlindungan PA++++. 


(Baca Juga: 9 Cara Menghilangkan Bintik Hitam di Wajah Secara Ampuh!)


Rutinitas Perawatan Kulit Berjerawat Malam Hari


1. Bersihkan Wajah


(Basic skincare untuk kulit berjerawat. Photo by Miriam Alonso on Pexels)


Setelah beraktivitas sepanjang hari, bersihkan lagi wajah di malam hari sebelum tidur. Membersihkan wajah di malam hari ini mencakup penggunaan makeup remover dan pembersih wajah (facial wash). “Itu akan menghilangkan residu makeup, minyak, kotoran, dan polutan lainnya yang mungkin menempel di wajah selama beraktivitas seharian, sehingga pori-pori tidak tersumbat,” kata Dr. Camp. 


2. Aplikasikan Toner 


Masih sama, penggunaan toner pada malam hari setelah membersihkan wajah bertujuan untuk membantu menghilangkan sisa produk pembersih yang mungkin tertinggal di kulit setelah mencuci wajah, menutrisi kulit, dan mengembalikan pH kulit ke tingkat normal. 


3. Menggunakan Produk Khusus untuk Mengobati Jerawat


Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, beberapa produk skincare untuk kulit berjerawat cenderung membuat kulit kamu lebih sensitif terhadap sinar matahari. Itulah mengapa malam hari adalah waktu yang tepat untuk menggunakan produk-produk khusus untuk mengobati jerawat, misalnya produk skincare yang mengandung salicylic acid, benzoyl peroxide, niacinamide, atau retinol. 


4. Menggunakan Pelembap


(Basic skincare untuk kulit berjerawat. Photo by Sora Shimazaki on Pexels)


Langkah terakhir dalam basic skincare untuk kulit berjerawat di malam hari, yaitu menggunakan pelembap. Kulit akan secara alami kehilangan sebagian kelembapannya dalam semalam. Itulah mengapa, kamu membutuhkan pelembap di malam hari. 

Jika kamu menggunakan pelembap yang mengandung SPF di pagi hari, sebaliknya hindari penggunaan pelembap yang sama pada malam hari. Jelas saja, itu karena kamu tidak membutuhkan perlindungan terhadap sinar matahari di malam hari. Carilah pelembap atau krim malam yang mengandung asam hialuronat, bahan yang dapat membantu melembapkan dan menghidrasi kulit dengan baik sepanjang malam. 


(Baca Juga: Buah yang Bagus untuk Kulit Kering, Bikin Sehat dan Glowing!)


Itulah empat langkah sederhana dalam basic skincare untuk kulit berjerawat di pagi dan malam hari. Kunci mendapatkan wajah yang bebas jerawat dan lebih sehat adalah dengan konsisten dan kesabaran, di samping menerapakan basic skincare untuk kulit berjerawat yang tepat, menjaga kebersihan, dan memperhatikan pola makan dan gaya hidup. 







Hair & beauty