Sex & relationship

Jangan Sampai Terjadi ! Inilah 4 Penyebab Utama Overthinking

By : Her World Indonesia - 2023-12-18 20:00:01 Jangan Sampai Terjadi ! Inilah 4 Penyebab Utama Overthinking

Apapun hubungan kamu dengan dia, overthinking bisa tetap terjadi. Overthinking merupakan pikiran negatif yang menumpuk dalam pikiran seseorang. Tidak hanya mencari hidden meaning dari apapun yang pasangan lakukan, tetapi juga terobsesi dengan masa lalu, sekarang dan masa depan pasangan. Hal ini dapat menghambat proses dan merubah kebahagian kamu dengan pasangan kamu. Inilah empat penyebab utama overthinking yang dapat terjadi dalam hubungan kamu dan cara untuk mengatasinya.


(Baca Juga : Sudah Pacaran Lama? 3 Hal Ini Tanda Ia Bukan Jodohmu)



1.Komunikasi Yang Kurang

You cannot deny bahwa komunikasi yang baik merupakan salah satu fondasi paling penting dari sebuah hubungan. Ketika kamu ataupun dia tidak dapat terbuka tentang apa yang dirasakan, overthinking akan hadir mengisi pikiranmu.



(Komunikasi yang kurang dapat memulai pertengkaran. Foto: Dok. MART PRODUCTION/ Pexels)


2. Ada Trauma Yang Membekas

Mungkin bukan komunikasi masalahnya tetapi rasa sakit yang membekas. Last relationship kamu berakhir dengan buruk dan hubungan itu tersendiri sangatlah toxic. Kamu tahu bahwa orang yang kamu kencani saat ini adalah sosok yang berbeda dari sang mantan. Namun sangatlah sulit untuk percaya bahwa dia adalah individu yang berbeda. Disinilah kamu akan mulai overthinking.


3.Tidak Percaya

Mungkin dalam hubungan ini, pernah ada yang jujur dan berkata bahwa pernah berselingkuh ataupun mempunyai perasaan terhadap orang lain. Bisa juga karena trauma yang membekas, kamu tidak dapat mempercayai pasangan kamu. Rasa tidak percaya itu bisa membuat pasangan mempunyai pikiran negatif dan berujung overthinking.


4.Terlalu Banyak Waktu Luang

Iya, terlalu banyak waktu luang atau free time dapat membuat seseorang overthinking. Ketika sibuk, kamu masih bisa memikirkan pasanganmu, apalagi kalau ada waktu kosong. Dimulai dari yang , “ Dia lagi ngapain ya? “, bisa berakhiran dengan “ Kenapa dia begitu ya? Enggak sayang dia sama aku”.


(Baca Juga : 5 Lagu Duet Pop Romantis untuk Dinyanyikan Bersama Pasangan!)



(Bergantunglah dengan pasangan kamu jangan melewatinya sendiri. Foto: Dok. Alex Green/ Pexels)


Bagaimana cara mengatasi overthinking? Ada berbagai macam cara untuk mencapai Roma, begitu juga dengan masalah ini. Carilah inti dari permasalahan overthinking kamu dan diskusikan bersama pasangan kamu. Berusaha untuk tidak emosional dan lebih logis. Setelah membahas permasalahan tersebut dengan pasangan, diskusikan apa yang bisa dilakukan untuk melalui overthinking bersama. Seperti mengadakan sesi curhat mingguan atau konseling yang ditujukan untuk pasangan bisa menjadi solusi overthinking kamu. Selain dari itu, kamu bisa mencari aktivitas yang positif untuk mengisi waktu kosong kamu.


Ada banyak cara untuk mengatasi overthinking, tetapi tidak menjamin bahwa tidak akan terjadi di masa depan. Hal yang terpenting adalah untuk selalu berusaha menyikapi masalah ini secara head on dan lebih positif. Semoga artikel ini bermanfaat ya!




( Penulis : Ruby Ishak)


Sex & relationship