Hair & beauty

9 Cara Menghilangkan Bintik Hitam di Wajah Secara Ampuh!

By : Her World Indonesia - 2023-12-15 15:00:02 9 Cara Menghilangkan Bintik Hitam di Wajah Secara Ampuh!

Bintik hitam atau flek hitam di wajah memang bisa mengurangi rasa percaya diri. Salah satu penyebab flek hitam yang paling umum yaitu bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebihan. Namun, kamu bisa mengatasi permasalahan bintik hitam di wajah dengan beberapa bahan dan cara alami, sehingga kulit wajah kembali sehat dan warna kulit cerah merata. Berikut ini beberapa cara menghilangkan bintik hitam di wajah secara alami dengan tepat yang sudah Her World rangkum. Simak!


1. Air Perasan Lemon


(Cara menghilangkan bintik hitam di wajah. Foto: Freepik)


Lemon jadi salah satu bahan alami yang bisa kamu coba untuk mengatasi permasalahan flek hitam di wajah. Lemon mengandung Vitamin C yang cukup tinggi yang bermanfaat untuk mencerahkan wajah dan menghilangkan bintik hitam di wajah. Untuk mendapatkan manfaatnya, cukup gunakan air perasaan lemon lalu oleskan ke wajah secara merata. Diamkan selama kurang lebih 10 menit, dan bilas dengan air sampai bersih. Buat kamu yang memiliki kulit sensitif, kamu bisa mencampurkan 1 sendok makan air perasaan lemon dengan 1 sendok makan air, baru diaplikasikan ke wajah secara merata. Bilas dan keringkan wajah setelah beberapa menit. 


2. Tomat

Tomat juga bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan bintik hitam di wajah. Pasalnya, tomat mengandung likopen yang bisa membantu menjaga kesehatan kulit dan memudarkan flek hitam di wajah. Caranya cukup dengan mengiris tomat menjadi beberapa bagian, lalu oleskan secara merata ke permukaan kulit wajah. Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas menggunakan air bersih.


3. Campuran Kunyit dan Madu

Kunyit termasuk bumbu dapur yang sering digunakan untuk memperkaya rasa makanan. Tetapi ternyata, selain bisa dijadikan sebagai bumbu dapur, kunyit juga bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan bintik hitam di wajah. Senyawa dalam kunyit dipercaya bisa menghambat produksi melanin pada kulit yang memicu hiperpigmentasi atau flek hitam. 

Cara mendapatkan manfaatnya, cukup pakai masker kunyit yang sudah dicampur dengan madu. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas menggunakan air bersih. Selain bisa mengatasi flek hitam, kunyit juga disebut-sebut bisa membantu mengatasi masalah komedo secara efektif. 


4. Menggunakan Yoghurt


(Cara menghilangkan bintik hitam di wajah. Foto: Freepik)


Kamu juga bisa menggunakan yoghurt untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Yoghurt mengandung AHA atau asam laktat yang mampu meratakan warna kulit sekaligus memudarkan flek hitam di wajah. Caranya cukup mudah, kamu hanya tinggal menggunakan masker wajah dari yoghurt dan pastikan kamu memilih jenis plain yoghurt, ya. Aplikasikan masker yoghurt secara merata, diamkan selama beberapa menit, baru bilas wajah sampai bersih dan keringkan menggunakan handuk lembut. 


(Baca Juga: 6 Urutan Skin Preparation Sebelum Makeup Yang Benar!)


5. Minyak Almond

Minyak almond juga dipercaya mampu menghilangkan bintik hitam di wajah secara efektif. Faktanya, minyak almond mengandung vitamin E dan niasin yang dapat terbukti dapat membantu menghilangkan flek hitam dan meratakan warna kulit. Minyak ini bersifat non-comedogenic sehingga tidak akan menyumbat pori-pori atau menyebabkan dan memperparah jerawat pada wajah. Gunakan minyak almond secara rutin untuk hasil yang lebih maksimal!


6. Ekstrak Teh Hijau

Sering dijadikan minuman yang lezat dan menyegarkan, ternyata ekstrak teh hijau juga bisa dimanfaatkan untuk membantu menghilangkan bintik hitam di wajah. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa ekstrak teh hijau mempunyai efek depigmentasi saat dioleskan pada kulit. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa merendam satu kantung teh hijau di air mendidih selama 3-5 menit. Dinginkan kantung teh hijaunya dan kemudian tempelkan pada wajah atau bagian yang memiliki flek hitam. Ulangi cara ini dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.


7. Cuka Apel

Cuka apel juga bisa kamu manfaatkan untuk membantu menghilangkan flek hitam dengan cepat. Penelitian telah menunjukkan bahwa kandungan asam asetat dalam cuka apel mampu memudarkan bintik hitam di wajah. Caranya, campurkan cuka apel dan air, lalu oleskan ke area bintik-bintik hitam di wajah menggunakan kapas. Diamkan selama beberapa menit, baru bilas dengan air bersih. Kamu bisa mengulangi cara ini 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal!


8. Masker Madu

Madu merupakan bahan alami lainnya yang bisa kamu manfaatkan untuk membantu menghilangkan bintik hitam di wajah dan membuatnya lebih glowing. Tips menghilangkan flek hitam di wajah dengan madu, yaitu cukup oleskan madu murni pada wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya secara merata. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih dan keringkan menggunakan handuk lembut. 


9. Masker Delima

Buah delima mengandung senyawa aktif berupa asam ellagic yang mampu menghilangkan flek hitam di wajah. Penelitian juga mengungkapkan jika penggunaan ekstrak kulit delima secara rutin bisa menghilangkan flek hitam dengan cara menekan produk melanin di kulit, sehingga kulit tampak lebih cerah merata dan flek hitam memudar. 

Cara menggunakannya yaitu haluskan biji delima dan campurkan dengan air hingga membentuk konsistensi seperti pasta. Kemudian oleskan pasta delima ke wajah sambil secara merata, kemudian diamkan selama 30 menit, dan bilas menggunakan air sampai bersih. Lakukan cara ini secara berkala untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


(Baca Juga: Rambut Patah dan Rontok? Ini 10 Tips Merawatnya!)


Jadi, itulah beberapa cara menghilangkan bintik hitam di wajah secara efektif yang bisa kamu coba di rumah. 



(Penulis: Calvin)

Hair & beauty