Hair & beauty

Buah yang Bagus untuk Kulit Kering, Bikin Sehat dan Glowing!

By : Her World Indonesia - 2023-12-16 16:40:01 Buah yang Bagus untuk Kulit Kering, Bikin Sehat dan Glowing!

Mendapatkan kulit yang cantik, sehat, dan lembap tidak cukup hanya dengan merawat kulit dari luar saja. Tetapi, juga perlu dibarengi dengan konsumsi buah-buahan yang baik untuk kulit kering. Pilihan buah yang bagus untuk kulit kering cukup banyak, biasanya dikemas dengan vitamin C, E, A, dan antioksidan tinggi, yang sangat bermanfaat untuk mendukung kesehatan dan kecantikan kulit. Berikut ini beberapa pilihan buah yang bagus untuk kulit kering. Simak!


1. Alpukat


Alpukat termasuk superfood yang telah terbukti mengandung banyak vitamin dan mineral penting yang tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi juga kesehatan dan kecantikan kulit. Buah alpukat mengandung vitamin E dan lemak sehat yang mampu mengembalikan kelembapan kulit dan mencegah kerusakan oksidatif pada kulit. Kandungan vitamin C dalam buah ini juga bermanfaat untuk mencegah kulit kering dan menjaga kesehatan kulit. 


2. Jeruk

(Buah yang bagus untuk kulit kering. Photo by Pixabay on Pexels)


Sudah menjadi rahasia umum jika buah jeruk mengandung vitamin C tinggi yang terbukti baik untuk meningkatkan kelembapan kulit. Jeruk dapat membantu merawat kulit dan membuatnya tampak lebih bercahaya. Buah ini juga mengandung antioksidan tinggi yang bermanfaat untuk membuat kulit tampak lebih awet muda. Antioksidan dalam jeruk bekerja dengan cara merangsang produksi kolagen yang dibutuhkan untuk mempercepat regenerasi kulit. 


3. Kelapa

Daging buah kelapa sudah terkenal bermanfaat untuk meningkatkan kelembapan kulit. Itu berkat kandungan lemak di dalamnya yang termasuk nutrisi antibakteri, yang dapat menjaga kelembapan kulit dan membuat kulit tampak lebih cerah, sehat, dan awet muda. 


4. Tomat

Berikutnya dalam daftar buah yang bagus untuk kulit kering, yaitu ada tomat. Tomat mengandung vitamin C tinggi yang sangat baik untuk kesehatan kulit wajah, menjadikan kulit lebih sehat dan lembap. Tomat juga mengandung likopen yang cukup tinggi, sumber antioksidan yang dapat melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari dan sebagai anti penuaan.


5. Pisang

Pisang termasuk buah yang bagus untuk kulit kering karena mengandung banyak vitamin, seperti vitamin A, C, D, dan vitamin B. Pisang juga memiliki kandungan mineral penting seperti kalsium, magnesium, potasium, dan zat besi. semua kandungan nutrisi dalam pisang ini sangat bagus untuk mendukung kesehatan dan kecantikan kulit. 


6. Delima


(Buah yang bagus untuk kulit kering. Photo by Any Lane on Pexels)


Delima termasuk buah yang kaya akan air dan vitamin C, yang dapat membantu memelihara kesehatan kulit. Kandungan vitamin C pada buah ini berperan penting untuk meningkatkan elastisitas dan kelembapan kulit. Selain itu, buah dengan warna merah menyala ini juga dikenal memiliki sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi yang bagus untuk mengatasi dan mencegah timbulnya jerawat. 


7. Buah beri-berian


Buat kamu yang sering bermasalah dengan kulit kering, mengonsumsi buah beri-berian dapat membantu mengembalikan kelembapan kulitmu. Faktanya, buah-buahan ini mengandung vitamin A dan vitamin C yang cukup tinggi, yang dapat membantu melembapkan kulit, memberikan nutrisi pada kulit, dan merangsang produksi kolagen. Buah beri-berian juga merupakan sumber antioksidan yang baik untuk mencegah penuaan dan melindungi kulit efek negatif paparan sinar matahari. Plus, buah beri-berian memiliki kandungan gula yang cukup rendah sehingga bisa dikonsumsi semua orang, termasuk kamu yang sedang diet atau penderita diabetes. 


8. Pepaya

Tak hanya tinggi serat yang baik untuk meningkatkan sistem pencernaan, buah pepaya juga dikemas dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan vitamin C tersebut sangat baik untuk membantu menjaga kelembapan dan meremajakan kulit. Selain itu, enzim papain dalam buah pepaya juga bagus untuk merawat kulit dan melindungi kulit dari bahaya radikal bebas. Sementara kandungan vitamin A di dalamnya berperan penting untuk mengangkat sel-sel kulit mati.


9. Buah naga

Memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut, buah ini ternyata juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk meningkatkan kesehatan kulit. Itu berkat kandungan vitamin C di dalamnya yang berperan untuk menjaga kelembapan dan mencerahkan kulit secara alami.


10. Apel

Pilihan buah yang bagus untuk kulit kering berikutnynya, yaitu buah apel. Buah ini mengandung tinggi vitamin dan antioksidan yang bagus untuk merawat kulit kering dan menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan. Mengonsumsi apel secara rutin dapat membantu kulit lebih lembap dan cerah alami. Antioksidan dari buah ini juga bagus untuk melindungi kulit dari bahaya radikal bebas.


11. Kiwi

(Buah yang bagus untuk kulit kering. Photo by Any Lane on Pexels)


Kiwi bisa menjadi pilihan sumber vitamin C yang dapat merawat kulit kering dan membuatnya lebih lembap. Buah yang tinggi antioksidan ini juga bagus untuk merangsang produksi kolagen. Zat kolagen inilah yang bisa membantu mengatasi kulit kering dan mampu meremajakan kulit, serta melindungi kulit dari sinar UV dan bahaya radikal bebas. Dengan kata lain, buah kiwi sangat baik untuk membuat kulit lebih sehat, lembap, dan cerah.


12. Semangka

Sepertinya yang diketahui, semangka merupakan buah kaya air yang bagus untuk mencegah dehidrasi pada tubuh dan kulit. Itulah yang bisa membuat kulit kamu lebih lembap, sehat, dan glowing. 


13. Mangga

(Buah yang bagus untuk kulit kering. Photo by Ron Lach on Pexels)


Satu lagi buah yang bagus untuk kulit kering yaitu buah mangga. Buah ini mengandung flavonoid dan betakaroten yang baik untuk melindungi kulit dari kerusakan, mengatasi kulit kering, dan mencegah timbulnya jerawat di kulit. Selain itu, mangga juga memiliki kandungan vitamin C tinggi yang bisa membantu mencerahkan kulit secara alami. 



Itulah beberapa buah yang bagus untuk kulit kering dengan berbagai kandungan nutrisinya. Buah-buah di atas dapat dikonsumsi untuk mendapatkan kulit yang sehat dan lembap. 





(Penulis: Calvin)

Hair & beauty