Life & health

Tak Hanya Simbol Cinta, Ini 5 Arti Simbol Bunga Mawar!

By : Fariza Rahmadinna - 2023-12-11 10:00:01 Tak Hanya Simbol Cinta, Ini 5 Arti Simbol Bunga Mawar!

Dalam banyak budaya, bunga mawar mawar sering dijadikan simbol keindahan, kegembiraan, kekaguman, cinta, gairah, spiritualitas, dan kemurnian (purity). Tidak mengherankan jika bunga mawar ini menjadi pilihan populer untuk merayakan momen-momen spesial, seperti anniversary, hari ibu, dan tentu saja, hari Valentine. 

Dalam artikel ini, Her World akan menjabarkan mengenai beberapa arti simbol bunga mawar. Simak!


1. Sebagai Simbol Keindahan dan Cinta


(Bunga mawar selalu jadi lambang cinta? Belum tentu. Foto: Freepik)


Salah satu arti simbol bunga mawar yang paling umum dan terkenal, bahkan menjadi sebuah sentimen yang bertahan hingga saat ini, yaitu simbol keindahan, cinta, romansa, dan gairah. Itulah mengapa, bunga mawar menjadi simbol utama hari Valentine, atau dikenal juga dengan hari kasih sayang. 

Di Korea, setiap tanggal 14 Mei merayakan Rose Day, yaitu hari dimana pasangan saling bertukar bunga mawar untuk mengekspresikan cinta dan pengabdian mereka satu sama lain. Demikian pula di Italia, mawar merah melambangkan cinta dan gairah. 

Bunga mawar merah sering ditampilkan dalam sejumlah legenda dalam mitologi Yunani kuno, khususnya yang berkaitan dengan dewi cinta dan kecantikan Yunani, Aphrodite. Itulah mengapa, bunga mawar merah sering diartikan sebagai simbol keindahan dan cinta. 

Dalam karya seni dan sastra Barat, beberapa kali William Shakespeare menggunakan kata 'rose'—berarti bunga mawar dalam bahasa Indonesia—dengan cinta dan rasa manis dari cinta itu sendiri, serta keindahan. Shakespeare juga menggunakan kata 'rose' untuk menunjukkan sisi menyakitkan dari sebuah cinta. 


2. Sebagai Simbol Kemurnian (Purity) dan Spiritual


Bunga mawar juga sering diasosiasikan dengan kemurnian (purity) dan melambangkan hubungan spiritual dan cinta Tuhan. Dalam agama Kristen, misalnya, bunga mawar diidentikan dengan Bunga Maria atau Virgin Mary, karena kemurniaan dan kesuciaannya—dalam arti sesungguhnya. Pada abad pertengahan, bunga mawar berkelopak lima sering ditemukan dalam desain banyak katedral Gotik—menunjukkan pentingnya simbol bunga mawar dalam agama Kristen pada masa itu. 

Demikian pula, bunga mawar juga memiliki arti penting dalam agama Islam, terutama di negara-negara Timur seperti di Iran dan wilayah sekitarnya. Bunga mawar dianggap melambangkan cinta ilahi dan hubungan spiritual dengan Yang Maha Esa—sebagian besar dipengaruhi oleh puisi-puisi sufi. 


(Baca Juga: 5 Lagu Duet Pop Romantis untuk Dinyanyikan Bersama Pasangan!)


3. Sebagai Simbol Politik, Gerakan, dan Organisasi


Arti simbol bunga mawar tidak terbatas hanya sebagai simbol keindahan, gairah, dan cinta saja, tetapi juga digunakan sebagai simbol politik untuk berbagai gerakan dan organisasi. Misalnya, “Tudor Rose” yang terkenal dari dinasti Tudor Inggris, yang merupakan simbol persatuan Keluarga Lancaster (House of Lancaster) dan Keluarga York (House of York) setelah Wars of the Roses. Dinasti Tudor menciptakan “Tudor Rose”, yang menyatukan mawar merah dan putih; mawar merah merupakan simbol untuk House of Lancaster, sedangkan mawar putih merupakan simbol untuk House of York. 

Bunga mawar juga merupakan lambang untuk England National Rugby Union Team dan Rugby Football Union sejak tahun 1871, dan telah muncul sebagai emblem untuk baju resmi tim. 


4. Sebagai Simbol Kerahasiaan


(Arti simbol bunga mawar. Foto: Freepik)


Bunga mawar juga bisa berarti kerahasiaan, yang kemudian dikenal istilah “sub rosa," atau secara harfiah berarti “di bawah mawar”. Pada zaman Romawi kuno, orang yang menggantung bunga mawar di langit-langit ruang perjamuan, artinya apa yang diucapkan di bawah pengaruh anggur akan tetap dirahasiakan.


5. Arti simbol bunga mawar sesuai warna


(Arti simbol bunga mawar. Photo by Ruba Abdulaziz on Pexels)


Bunga mawar memiliki beragam warna bunga, yang paling dikenal secara luas yaitu bunga mawar merah yang melambangkan keindahan, cinta, romansa, dan gairah. Itu menjadikannya pilihan sempurna sebagai hadiah spesial untuk pasangan kekasih. Sebaliknya, bunga mawar putih melambangkan kepolosan, kemurnian, harapan, dan awal baru. Bunga mawar putih juga sering digunakan dalam acara pernikahan atau ritual keagamaan. Dalam beberapa budaya, bunga mawar berwarna putih juga digunakan untuk mengungkapkan kenangan, cinta, dan rasa hormat terhadap orang yang meninggal.


Sementara itu, bunga mawar berwarna pink bisa melambangkan banyak arti yang berbeda. Bunga mawar berwarna deep pink bisa digunakan untuk mengungkapkan rasa terimakasih kepada teman. Untuk bunga mawar warna light pink melambangkan kebahagiaan, kelembutan, kekaguman, dan keanggunan, serta sempurna untuk menyampaikan persahabatan. Lalu, arti simbol bunga mawar berwarna oranye melambangkan antusiasme, energi positif, dan gairah, menjadikannya pilihan sempurna untuk merayakan ulang tahun, anniversary, atau perayaan apa pun. Di era Victoria, bunga mawar berwarna kuning melambangkan kecemburuan, konflik, dan perselingkuhan. Namun, arti simbol bunga mawar kuning saat ini telah berubah, dan dikaitkan dengan persahabatan, kehangatan, memberi keceriaan, dan perhatian.

Bunga mawar berwarna ungu termasuk jenis mawar yang cukup langka, tapi sangat indah dan menarik. Mawar warna ungu sering digunakan untuk mengungkapkan perasaan terpesona atau kekaguman, adoration, dan cinta. Mawar dengan warna deep purple melambangkan kemegahan dan keagungan. Dan, bunga mawar warna ini juga melambangkan kebahagiaan. Kalau kamu ingin mengungkapkan perasaan kagum dan cinta yang tulus kepada seseorang, kamu bisa memberinya bunga mawar berwarna lavender. 


Bunga mawar hijau dapat mewakili banyak arti berbeda. Itu bisa melambangkan harapan, keceriaan, dan kesuburan. Namun dalam beberapa budaya, bunga mawar hijau juga bisa melambangkan kecemburuan dan iri hati. Satu lagi, arti simbol bunga mawar berwarna hitam yang langka sering dikaitkan dengan kematian, kehilangan, dan perpisahan. 


(Baca Juga: Bukan Cuma Lagu, Ini Arti Backburner dan 4 Tandanya)


Itulah beberapa arti simbol bunga mawar yang bisa mewakili banyak arti berbeda, bisa berarti positif maupun negatif.  



Life & health