Fashion

Kacamata untuk Wajah Lebar, Berikut Ini 9 Tips Memilihnya!

By : Her World Indonesia - 2023-12-25 12:00:01 Kacamata untuk Wajah Lebar, Berikut Ini 9 Tips Memilihnya!

Ada berbagai model kacamata yang bisa disesuaikan dengan bentuk wajah. Salah satunya kacamata untuk wajah lebar. Kacamata tidak hanya berfungsi untuk membantu mempertajam penglihatan dan melindungi mata dari paparan sinar matahari dan sinar biru gadget saja, tetapi juga sebagai aksesori mode tambahan untuk penampilan yang semakin bergaya. Berikut ini beberapa tips memilih kacamata untuk wajah lebar. Simak!


1. Model Kacamata untuk Wajah Lebar

Ada berbagai model kacamata yang bisa kamu sesuaikan dengan bentuk wajah yang lebar, antara lain:


Kacamata Cat-Eye

Sesuai namanya, model kacamata cat-eye memiliki bentuk yang sekilas mirip dengan mata kucing. Model kacamata ini memiliki bentuk bulat namun menukik ke atas di sudut atas luar frame. Model kacamata cat-eye bisa menciptakan kesan pipi tirus sekaligus menambah daya tarik pada fitur wajah. Untuk tampilan yang lebih berani, bergaya, dan semakin eye-catching, kamu bisa memilih model kacamata cat-eye dengan detail yang elegan atau warna yang mencolok. 


Kacamata Aviator

Model kacamata aviator biasanya memiliki lensa besar dengan sudut yang melengkung. Model kacamata ini terinspirasi dari bentuk kacamata yang sering digunakan oleh para pilot. Akibat lensanya yang besar, model kacamata aviator bisa menciptakan ilusi wajah yang lebih kecil dan pipi yang lebih tirus. Ini adalah salah satu model kacamata yang cukup ikonik dan sangat bergaya.


Kacamata Berbentuk Oval Lebar

Model kacamata berbentuk oval lebar, sesuai namanya, adalah model kacamata yang memiliki lensa lebar berbentuk oval. Model kacamata ini bisa memberikan keseimbangan visual antara dahi dan rahang yang lebar, menciptakan tampilan wajah yang lebih tirus, dan membantu melembutkan fitur wajah yang kuat.


Kacamata Persegi Panjang

Dari namanya saja dapat dipastikan jika model kacamata ini memiliki lensa berbentuk persegi panjang dengan sudut yang tajam. Model kacamata ini menciptakan kontras yang menarik dengan fitur rahang yang kuat dan lebar serta dahi yang luas, memberikan kesan wajah yang lebih proporsional.


Kacamata Oversize

Kacamata oversize adalah model kacamata yang memiliki lensa besar dan bingkai (frame) yang mencolok, sehingga menciptakan tampilan yang dramatis dan fashion-forward.


2. Memahami Bentuk Wajah

Setelah mengetahui beberapa model kacamata untuk wajah lebar, selanjutnya adalah memahami bentuk wajah kamu sendiri. Secara umum, bentuk wajah lebar biasanya memiliki ciri-ciri tertentu, seperti rahang yang kuat dan lebar serta dahi yang luas. Namun, bentuk wajah lebar bisa berbeda-beda, dan penting untuk memahami bentuk wajah dengan tepat sebelum memilih model kacamata yang tepat. Beberapa bentuk wajah lebar antara lain: 


Bentuk Wajah Bulat

Jika kamu memiliki bentuk wajah bulat, berarti lebar dan panjangnya hampir sama dengan lekukan yang lembut di sudut rahang. Maka dari itu, model kacamata persegi panjang atau model kacamata cat-eye sangat cocok untuk kamu yang memiliki bentuk wajah lebar bulat. Model kacamata seperti itu bisa membantu menciptakan kontras yang menarik di wajah bulat kamu. 


Bentuk Wajah Oval

Bentuk wajah oval dianggap sebagai bentuk wajah yang paling seimbang, yang mana dahi dan rahang hampir sama lebarnya, sedangkan lekukan pipi adalah lekukan yang lembut. Hampir semua model kacamata biasanya akan terlihat cocok di bentuk wajah oval, termasuk model kacamat aviator atau model kacamata cat-eye. 


Bentuk Wajah Persegi

Bentuk wajah persegi biasanya dicirikan dengan dahi dan rahang yang lebar. Model kacamata dengan sudut tajam seperti kacamata aviator atau kacamata berbentuk oval lebar akan membantu melembutkan fitur wajah yang kuat ini.


Bentuk Wajah Hati

Bentuk wajah hati biasanya memiliki dahi yang lebih lebar dan menyempit ke arah rahang. Model kacamata cat-eye atau kacamata oval dengan sudut lebar adalah pilihan yang baik untuk pemilik bentuk wajah hati.


3. Sesuaikan dengan Gaya Pribadi


Setelah mengetahui model-model kacamata dan memahami bentuk wajah kamu sendiri, dalam memilih model kacamata untuk wajah lebar, kamu juga perlu menyesuaikan dengan gaya atau preferensi pribadi. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kacamata tidak hanaya berfungsi untuk membantu mempertajam penglihatan dan melindungi mata dari paparan sinar matahari dan sinar biru gadget saja, tetapi juga sebagai aksesori mode tambahan yang bisa menunjukkan persona diri kamu dan meningkatkan penampilan. 


4. Sesuaikan Model Kacamata dengan Bentuk Wajah


(Tips memilih model kacamata untuk wajah lebar. Photo by Tamara Bellis on Unsplash)


Perlu dipahami, janganlah memilih model kacamata hanya karena mengikuti tren atau sekadar menyukai model kacamata tersebut, tetapi pilihlah model kacamata yang sesuai dengan bentuk wajah kamu (dan tetap sesuaikan dengan gaya dan preferensi pribadi kamu). Itu karena, tidak semua orang mempunyai bentuk wajah yang sama.


(Baca Juga: Wajib Tahu! 4 Tip Mudah Memakai Baju Warna Putih)


5. Sesuaikan dengan Budget


Ini adalah salah satu tips penting dalam memilih model kacamata yang tepat! Pilihlah model kacamata yang sesuai dengan budget yang kamu miliki. Saat ini sudah banyak merek kacamata dengan harga yang lebih murah, tapi memiliki kualitas yang tidak murahan, dan dengan model kacamata yang kekinian dan mengikuti tren. 


6. Pertimbangkan Warna Kulit dan Warna Rambut


(Tips memilih model kacamata untuk wajah lebar. Photo by Carlos Vaz on Unsplash)


Warna kulit dan warna rambutmu juga dapat kamu pertimbangkan saat memilih warna frame kacamata yang tepat. Kacamata dengan warna yang cocok dengan palet warna kulit dan rambutmu akan membuat keseluruhan penampilan kamu terlihat lebih seimbang.


7. Cobalah Beberapa Model


Sebelum membeli kacamata, pastikan untuk mencoba beberapa model berbeda. Dengan mencoba, kamu dapat melihat dengan jelas bagaimana setiap model akan terlihat di wajah kamu. Pada akhirnya, kamu bisa mengetahui dan menentukan model kacamata seperti apa yang cocok dengan bentuk wajah dan preferensi pribadi kamu. 


8. Pertimbangkan Kenyamanan


Selain mempertimbangkan penampilan, sangat penting juga untuk memastikan kenyamanan kacamata yang kamu pilih. Kemungkinan besar, kamu akan menggunakan kacamata tersebut dari waktu yang lama, bahkan mungkin sepanjang hari sampai menjelang waktu tidur dimalam hari. Karena alasan itu, kenyamanan adalah faktor penting yang tidak boleh kamu abaikan. 


9. Konsultasi dengan Ahli Optik


Jika kamu masih bingung dalam memilih model kacamata yang tepat, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli optik. Ahli optik akan memberikan saran model kacamata yang tepat berdasarkan bentuk wajah, preskripsi kacamata, preferensi pribadimu, dan sesuai budget yang kamu miliki. 



(Baca Juga: The Knot Collection: Kolaborasi Jovi Adhiguna dan ROUNN)


Itulah beberapa tips memilih model kacamata untuk wajah lebar yang tepat. Selain memperhatikan model dan bentuk kacamata, jangan lupa juga untuk memperhatikan kenyamanan saat menggunakan kacamata. 





(Penulis: Calvin)

Fashion