Hair & beauty

8 Cara Menghilangkan Bruntusan di Jidat Paling Ampuh!

By : Her World Indonesia - 2023-12-27 12:00:01 8 Cara Menghilangkan Bruntusan di Jidat Paling Ampuh!

Bruntusan biasanya ditandai dengan sejumlah benjolan kecil yang bisa membuat permukaan kulit terlihat dan terasa kasar. Bruntusan bisa terjadi di beberapa area wajah, salah satunya bruntusan di jidat. Bruntusan di jidat bisa disebabkan karena beberapa faktor seperti stres, hormon tidak seimbang, pori-pori tersumbat, ataupun tidak cocok produk makeup atau skincare. Ada beberapa cara menghilangkan bruntusan di jidat yang bisa kamu lakukan, ini termasuk membersihkan wajah secara rutin, menggunakan produk skincare dengan kandungan yang ampuh untuk mengatasi bruntusan, dan rutin melakukan eksfoliasi. Berikut ini beberapa cara menghilangkan bruntusan di jidat dari Her World yang bisa kamu coba. Simak!


1. Menggunakan Asam Salisilat

Asam salisilat adalah salah satu kandungan skincare yang dipercaya ampuh untuk menghilangkan bruntusan di jidat sekaligus jerawat. Kandungan skincare ini bekerja dengan cara membersihkan pori-pori secara mendalam dan mengangkat penumpukan sel-sel kulit mati di permukaan kulit. Kamu dapat menggunakan produk skincare yang mengandung asam salisilat setiap hari, pada pagi dan malam hari. Memakain produk skincare yang mengandung asam salisilat pada gilirannya dapat mengurangi dan mencegah bruntusan di jidat. 


2. Menggunakan AHA

Selain menggunakan produk skincare dengan kandungan asam salisilat, kamu juga bisa menggunakan produk skincare yang mengandung alpa hydroxy acid (AHA) untuk membantu menghilangkan bruntusan di jidat. AHA adalah eksfoliator yang memiliki kemampuan untuk mengangkat sel kulit mati, sekaligus bisa membantu mengatasi masalah beruntusan di jidat dan menghaluskan kulit. 

Kamu bisa melakukan eksfoliasi dengan AHA 2 kali dalam seminggu di malam hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. AHA akan membuat kulit kamu menjadi jadi lebih sensitif terhadap sinar matahari, sehingga selalu gunakan sunscreen sebelum beraktivitas di pagi harinya. 


3. Melakukan Ekstraksi Komedo

Sebum, kotoran, dan sel-sel kulit mati dapat menyumbat pori-pori wajah, dan menyebabkan munculnya komedo dan bruntusan di jidat. Selain membersihkan wajah dan melakukan eksfoliasi secara rutin, kamu juga perlu melakukan  ekstraksi komedo untuk membantu mengatasi masalah bruntusan di jidat. Ekstraksi komedo adalah pengangkatan komedo yang biasa dilakukan oleh dokter atau profesional. 

Kamu bisa datang ke klinik kecantikan untuk melakukan ekstraksi komedo yang tepat dan aman. Cara ini harus dilakukan oleh ahlinya dan menggunakan alat khusus agar tidak menyebabkan iritasi kulit dan memperparah bruntusan. Jadi sebaiknya kamu tidak mencoba melakukan ekstraksi komedo sendiri di rumah. 


(Baca Juga: 6 Urutan Skin Preparation Sebelum Makeup Yang Benar!)


4. Melakukan Scrub Wajah


(Cara menghilangkan bruntusan di jidat. Foto: Wayhomestudio on Freepik)


Cara menghilangkan bruntusan di jidat berikutnya yakni dengan cara melakukan scrub wajah secara rutin. Scrub wajah termasuk physical exfoliator yang bertujuan untuk mengangkat kotoran, sebum, dan sel-sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit wajah. Sebelum melakukan scrub di wajah, pastikan kamu memilih produk scrub yang sesuai dengan jenis dan permasalahan kulit. Sebaiknya, gunakan scrub dalam keadaan wajah basah, aplikasikan secara merata sambil melakukan pemijatan secara perlahan agar tidak mengiritasi kulit, lalu bilas dengan air suam kuku sampai bersih dan keringkan wajah menggunakan handuk kering dan lembut. 

Proses eksfoliasi dengan cara ini bisa membuat kulit kering, sehingga tidak dianjurkan untuk melakukannya terlalu sering. Dan, aplikasikan pelembap setelah melakukan scrub wajah untuk mengembalikan kelembapan kulit. 


5. Melakukan Laser

Melakukan laser juga jadi salah satu cara mengatasi beruntusan di jidat dengan jitu. Prosedur ini umumnya dilakukan dengan menggunakan sinar khusus yang diarahkan ke kulit yang bermasalah. Laser bisa mengatasi jerawat dan beruntusan pada wajah dengan cepat.

Proses ini bisanya dilakukan oleh dokter atau ahli kecantikan dan fungsinya untuk mengangkat sel kulit mati dan minyak berlebih penyebab beruntusan. Agar mendapatkan hasil yang optimal, kamu tidak hanya cukup melakukan laser 1 kali saja. Biasanya hasilnya akan mulai terlihat setelah 4 minggu perawatan.


6. Menggunakan Retinol


(Cara menghilangkan bruntusan di jidat. Foto: Ron Lach on Pexels)


Sama seperti AHA dan BHA, retinol juga sangat efektif untuk membantu menghilangkan bruntusan di jidat, sekaligus menghambat penuaan dini dan memperbaiki tekstur kulit. Sayangnya, penggunaan retinol cenderung bisa membuat kulit kering dan menjadi sensitif terhadap sinar matahari. Itulah mengapa, kamu dianjurkan untuk menggunakan produk skincare yang mengandung retinol pada malam hari dan gunakan sunscreen keesokan paginya, serta selalu gunakan pelembap wajah setelahnya. Jika ini kali pertama kamu menggunakan produk skincare yang mengandung retinol, kamu bisa mencoba menggunakannya secara bertahap. Pertama, gunakan retinol dua hari sekali, lalu saat kulit kamu sudah terbiasa dengan kandungan skincare ini, tingkatkan penggunaannya menjadi satu hari sekali. Saat kamu menggunakan produk retinol sebaiknya hindari penggunaan produk skincare lainnya yang mengandung AHA secara bersamaan, karena bisa menyebabkan kulit iritasi dan kering.


7. Melakukan Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi merupakan treatment perawatan kulit yang dilakukan dengan cara mengangkat lapisan atas kulit secara lembut. Perawatan ini mampu membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat sehingga bisa menghilangkan dan mencegah bruntusan di jidat. Ini juga akan membuat permukaan kulit terasa lebih halus, membantu memudarkan bintik hitam di wajah, dan mengurangi tanda-tanda penuaan dini. 


8. Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Zinc


Kamu juga bisa mengonsumsi makanan tinggi zinc seperti daging, telur, kacang-kacangan, tiram, biji-bijian dan lobster, untuk membantu menghilangkan bruntusan di jidat dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan. Selain dari makanan, kamu juga bisa mendapatkan zinc dari suplemen yang bisa kamu beli di apotek terdekat. kuti anjuran mengonsumsi zinc yang ada di kemasan suplemen yang kamu beli agar mendapatkan hasil maksimal.


(Baca Juga: 9 Cara Menghilangkan Bintik Hitam di Wajah Secara Ampuh!)


Nah, itulah cara menghilangkan bruntusan di jidat yang bisa kamu coba di rumah. Dan, pastikan juga melakukan semua cara tersebut secara berkala agar hasilnya lebih maksimal!




(Penulis: Calvin)

Hair & beauty