Hair & beauty

6 Urutan Skin Preparation Sebelum Makeup Yang Benar!

By : Fariza Rahmadinna - 2023-11-28 18:00:02 6 Urutan Skin Preparation Sebelum Makeup Yang Benar!

Ketika ingin mendapatkan tampilan riasan yang sempurna, tidak cukup hanya dengan mengandalkan keahlian atau produk makeup yang kamu gunakan, tetapi juga pada seberapa baik kamu menerapkan skin preparation. Mempersiapkan kulit dengan baik merupakan langkah penting sebelum mulai merias wajah, yang bertujuan untuk membuat hasil makeup tampak lebih halus dan tahan lama. 


Berikut ini urutan skin preparation sebelum make up yang benar, yang bisa membantu kamu mendapatkan hasil riasan wajah yang tahan lama dan flawless, serta memastikan kulit kamu tetap sehat di bawahnya. 


Langkah 1: Pembersihan


(Urutan skin preparation sebelum make up yang benar. Photo by Ron Lach on Pexels)


Sebelum mulai merias wajah, sangat penting untuk memastikan kulit wajah kamu bener-benar bersih. Lakukan pembersihan wajah secara menyeluruh menggunakan face wash yang lembut sesuai dan jenis kulit kamu. Langkah ini dilakukan untuk menghilangkan kotoran dan minyak berlebih yang menempel di wajah. Gunakan air suam kuku untuk mencuci wajah, lalu keringkan menggunakan handuk bersih yang lembut. Hindari menggosok kulit wajah dengan kasar, karena dapat menyebabkan kemerahan dan iritasi. 


(Baca Juga: 5 Tips Memanjangkan Bulu Mata Secara Alami)


Langkah 2: Gunakan toner


(Urutan skin preparation sebelum make up yang benar. Photo by Ron Lach on Pexels)


Urutan skin preparation sebelum make up berikutnya, yaitu menggunakan toner. Toner adalah produk skincare yang memiliki konsistensi cair, seperti air, yang berfungsi untuk membersihkan sisa produk pembersih yang mungkin tertinggal di kulit setelah mencuci wajah, sekaligus menutrisi dan menghidrasi kulit serta mengembalikan pH kulit ke tingkat normal. 


Aplikasikan toner yang sesuai dengan jenis kulit kamu menggunakan kapas atau semprotkan langsung ke wajah—beberapa produk toner tersedia dalam botol spritz. 


Langkah 3: Gunakan produk skincare selanjutnya dalam rutinitas perawatan kulit kamu


Sekaranglah waktunya untuk menggunakan serum, esens, atau produk skincare selanjutnya dalam rutinitas perawatan kulit kamu. Pilih dan gunakan produk skincare berdasarkan jenis dan kebutuhan kulit kamu dan aplikasikan dalam urutan konsistensi paling ringan atau cair hingga paling kental. Biarkan setiap produk skincare terserap sepenuhnya sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya. 


Langkah 4: Pelembap


(Urutan skin preparation sebelum make up yang benar. Photo by Sora Shimazaki on Pexels)


Kulit yang lembap dan terhidrasi dengan baik membuat pengaplikasikan makeup menjadi lebih mudah dan halus. Apa pun jenis kulit kamu, jangan pernah melewatkan langkah penting ini. Pilih dan gunakan pelembap yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu, baik itu pelembap yang oil-free, memiliki formula gel, atau pun krim yang kental. Pastikan untuk mengaplikasikannya secara merata ke seluruh wajah dan leher, tunggu hingga produk meresap sepenuhnya sebelum melanjutkan ke urutan skin preparation sebelum make up selanjutnya. 


Langkah 5: Sunscreen


Melindungi kulit dari paparan sinar matahari itu sangat penting, meskipun jika kamu berencana hanya menghabiskan sebagian besar aktivitas kamu di dalam ruangan. Atau, meskipun kamu menggunakan produk makeup yang memiliki perlindungan matahari sekalipun, menggunakan sunscreen sebelum makeup, terutama di pagi dan siang hari, itu wajib! 


Untuk dapat melindungi kulit dengan baik, Dermatologis merekomendasikan untuk memilih sunscreen minimal SPF 30, karena dapat menghalangi 97% dari sinar UVB dan pilihlah tabir surya yang juga mampu menghalangi sinar UVA (biasanya diberi label PA +++). Semakin banyak tanda + yang mengikuti PA, menunjukkan semakin banyak perlindungan terhadap sinar UVA. Itu juga bisa melindungi kulit kamu dari penuaan dini, flek hitam, dan yang terpenting, kanker kulit. 


Langkah 6: Primer


Terakhir, aplikasikan primer makeup yang sesuai dengan jenis kulit dan hasil akhir yang kamu inginkan, baik itu memberikan efek dewy, matte, atau menyamarkan tampilan pori-pori. Primer juga membantu makeup bertahan labih lama, lebih flawless, dan menciptakan penghalang antara kulit dan produk makeup, sehingga mencegah munculnya jerawat. 


Oleskan primer makeup secukupnya dan ratakan dengan jari, fokuskan pada area di mana riasan kamu cenderung cepat memudar atau creasing. 


(Baca Juga: Sangat Mudah! Berikut 7 Tip Makeup Flawless untuk Pemula)


Itulah urutan skin preparation sebelum make up yang benar, yang bisa membantu kamu mendapatkan hasil riasan wajah yang tahan lama dan flawless. Penting juga untuk melakukan eksfoliasi kulit, satu hingga dua kali dalam seminggu, untuk membantu mengangkat sel kulit mati sehingga permukaan kulit menjadi lebih halus—membuat pengaplikasikan makeup menjadi lebih mudah. 





Hair & beauty