Hair & beauty

Cara Pakai Minyak Kemiri untuk Rambut, Beserta Manfaatnya!

By : Her World Indonesia - 2023-11-29 14:00:02 Cara Pakai Minyak Kemiri untuk Rambut, Beserta Manfaatnya!

Minyak kemiri telah terbukti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan rambut, seperti mengatasi rambut yang rusak, rapuh, dan kering. Itu semua berkat kandungan asam lemak yang tinggi di dalam minyak kemiri, termasuk asam oleat, asam amino, asam linoleat, dan asam palmitat, yang mampu menutrisi dan melembapkan rambut sekaligus meningkatkan pertumbuhan rambut dengan mendukung kesehatan kulit kepala. Serta kandungan antioksidan dan vitamin A dan E yang bisa melindungi rambut dari kerusakan lingkungan.


Meski tidak terlalu sulit, tetapi kamu tetap perlu mengetahui cara pakai minyak kemiri untuk rambut, agar bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal. Berikut ini cara pemakaian minyak kemiri yang benar untuk rambut. Yuk simak!


Cara Pakai Minyak Kemiri yang Benar untuk Kesehatan Rambut


Kemiri, atau juga dikenal sebagai Aleurites moluccanus, merupakan pohon tropis yang banyak ditemukan di seluruh Asia Tenggara dan Kepulauan Pasifik. Minyak kemiri, yang diekstrak dari biji pohonnya, telah terbukti memiliki banyak manfaat untuk rambut (dan kulit). 

Penggunaan minyak kemiri secara tradisional untuk perawatan rambut cukup mudah, yakni hanya dengan mengoleskan minyak kemiri murni langsung pada kulit kepala, untuk menutrisi, melembapkan, dan mengatasi berbagai masalah rambut. Namun, kamu juga bisa menggunakan minyak kemiri sebagai hair tonic, masker rambut (hair mask), atau serum rambut. 


1. Sebagai hair tonic


(Cara pakai minyak kemiri untuk rambut. Photo by Freepik)


Hair tonic merupakan salah satu produk perawatan rambut berbentuk cair, dan paling efektif untuk merangsang pertumbuhan rambut yang lebih cepat dan tebal. Serta memperkuat batang rambut agar tidak mudah rontok dan patah.  Menggunakan minyak kemiri sebagai hair tonic cukup mudah, kamu hanya cukup mengaplikasikan hair tonic dengan kandungan minyak kemiri secukupnya ke seluruh kulit kepala sambil dipijat-pijat lembut, tanpa perlu dibilas. 


2. Sebagai masker rambut


Selain sebagai hair tonic, kamu juaga bisa mengaplikasikan minyak kemiri sebagai masker rambut (hair mask). Caranya, tuangkan minyak kemiri secukupnya ke tangan kamu, lalu aplikasikan minyak kemiri ke kulit kepala dan rambut secara merata sambil dipijat-pijat lembut agar kandungan nutrisi dalam minyak kemiri dapat menyerap ke folikel rambut. Setelah itu, diamkan sekitar 30 menit sampai 1 jam sebelum dibilas hingga bersih menggunakan sampo atau air hangat. Atau untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa menggunakan minyak kemiri sebagai overnight hair mask, barulah keesokan paginya dibilas sampai bersih. 

Disarankan untuk menggunakan minyak kemiri sebagai hair mask ini setidaknya seminggu sekali. Namun, apabila rambutmu cenderung berminyak, cukup lakukan setiap dua minggu sekali.


3. Sebagai serum rambut


(Cara pakai minyak kemiri untuk rambut. Photo by Ron Lach on Pexels)


Cara pakai minyak kemiri untuk rambut berikutnya yaitu mengaplikasikannya sebagai serum rambut. Sama seperti hair tonic, kamu hanya perlu mengaplikasikan hair serum dengan kandungan minyak kemiri pada rambut secukupnya, baik itu ketika rambut masih dalam keadaan basah, setengah kering, ataupun saat kondisi rambut kering. Hair serum dengan kandungan minyak kemiri dapat membantu menutrisi dan melembapkan rambut, sekaligus meningkatkan pertumbuhan rambut dan mendukung kesehatan kulit kepala. Menggunakan minyak kemiri sebelum menyisir rambut juga dapat membuatnya lebih halus dan mengurangi rambut kusut.


(Baca Juga: Buat Rambut Berkilau, Ini 5 Manfaat Toning Rambut)


Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut


Ada beberapa manfaat minyak kemiri bagi rambut, antara lain:


1. Melembapkan dan melembutkan rambut


Paparan sinar matahari yang terus-menurus, terutama tanpa perlindungan maksimal, dapat membuat rambut kehilangan lapisan pelembap alaminya. Akibatnya, rambut menjadi kering, mudah mengembang, mengalami kerusakan, dan warna rambut menjadi memudar. Menggunakan minyak kemiri secara rutin mampu memberi nutrisi dan melembapkan setiap helaian rambut, berkat kandungan asam lemak dan asam amino di dalamnya. Itu dapat membuat rambut kamu kembali lembut, lembap, dan tentu saja sehat.


2. Mendorong pertumbuhan rambut


Salah satu manfaat utama dari menggunakan minyak kemiri untuk rambut, yakni dapat merangsang pertumbuhan rambut yang lebih cepat, tebal, dan kuat. Jadi tak heran jika banyak orang yang akhirnya menggunakan minyak kemiri untuk membantu menumbuhkan dan menebalkan rambut, terutama pada bayi dan anak-anak. Manfaat ini dipercaya berkat kandungan antioksidan di dalam minyak kemiri yang mampu menetralkan radikal bebas dan mencegah kerusakan pada sel kulit kepala. Serta, asam oleat dan asam linoleat yang bisa membantu relaksasi otot pada folikel rambut. Itulah yang bisa mendorong dan mempercepat pertumbuhan rambut dan mengurangi rambut rontok—sehingga rambut bisa tumbuh lebih cepat, kuat, tebal, dan sehat. 


3. Mencegah rambut patah


Minyak kemiri bisa membantu mencegah rambut patah. Seperti yang diketahui, rambut yang kering dan mengalami dehidrasi bisa menjadi penyebab rambut patah dan rontok. Namun, kandungan asam linoleat dan asam linolenat dalam minyak kemiri mampu menghidrasi dan merupakan oklusif yang bisa mengunci hidrasi pada batang rambut.


(Baca Juga: Ketahui 10 Penyebab Rambut Rontok Berlebihan)


Itulah beberapa cara pakai minyak kemiri untuk rambut yang benar, serta manfaat minyak kemiri untuk rambut. Terlepas dari manfaat yang bisa diperoleh, perlu diketahui bahwa pada sebagian orang, minyak kemiri mungkin dapat memberikan efek samping atau timbulnya reaksi alergi, seperti gatal-gatal, bentol, hingga kemerahan pada kulit kepala. Maka dari itu, disarankan untuk melakukan patch tes terlebih dahulu sebelum mengaplikasikannya ke seluruh kulit kepala. Ini bertujuan untuk melihat ada atau tidak adanya reaksi alergi ketika menggunakan minyak kemiri pada rambut. Bagi kamu yang mempunyai alergi terhadap kacang-kacangan, kemungkinan besar kamu juga mengembangkan alergi terhadap minyak kemiri. 



(Penulis: Calvin)

Hair & beauty