Life & health

Keramas Yang Baik, Perhatikan Tips Berikut Ini!

By : Her World Indonesia - 2023-11-20 16:50:02 Keramas Yang Baik, Perhatikan Tips Berikut Ini!

Keramas yang baik tidak hanya sekedar membersihkan rambut saja, tetapi juga tentang merawat kesehatan kulit dan rambut secara keseluruhan. Keramas merupakan salah satu rutinitas perawatan rambut pribadi yang sangat penting. Asal dalam membersihkan rambut tentu saja bisa memengaruhi kesehatan dan keindahan rambut. Berikut ini beberapa tips keramas yang baik untuk mendukung kesehatan dan keindahan rambut. Simak tipsnya!


1. Pilihlah Produk Perawatan Rambut yang Tepat


Memilih produk perawatan rambut yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan rambut adalah satu langkah yang sangat penting. Baik itu rambut kering, berminyak, atau normal, pastikan untuk memilih sampo dan kondisioner yang cocok dengan jenis dan kebutuhan rambut kamu. Untuk rambut berwarna, pilihlah produk perawatan rambut yang memang dirancang khusus sesuai dengan jenis dan  kebutuhan rambut ini. 

Dengan memilih produk perawatan rambut yang tepat, itu dapat membantu menjaga kesehatan dan keindahan rambut. Serta, dapat membantu mengurangi dan mencegah masalah kulit kepala dan rambut, seperti ketombe, gatal-gatal, dan rambut rusak, akibat penggunaan produk perawatan rambut yang kurang tepat.  


2. Keramas Sesuai dengan Kebutuhan


Pada dasarnya tidak ada aturan khusus tentang seberapa sering kamu harus keramas. Akan tetapi, keramas terlalu sering bisa menghilangkan minyak alami (sebum) di rambut dan kulit kepala, yang bisa menyebabkan rambut rentan terhadap kerusakan, kering, patah, bercabang, dan ketombe. Oleh karena itu, para ahli menyarankan untuk keramas setiap 2-3 hari sekali demi menjaga kesehatan, kelembapan, dan keindahan rambut.


3. Keramas Menggunakan Air Hangat


Setelah mengetahui produk shampo dan kondisioner yang tepat sesuai dengan jenis dan kebutuhan rambut kamu, maka kamu bisa mulai keramas dengan membahasi rambut secara merata menggunakan air hangat. Air hangat akan membantu sebum luruh bersama dengan kotoran yang menempel di rambut dan kulit kepala. Selain itu, suhu air yang hangat juga akan membuka kutikula rambut sehingga produk perawatan rambut dapat lebih mudah terserap dan bisa bekerja secara optimal. Namun pastikan kamu menggunakan air hangat ya, bukan air panas yang justru bisa membuat kulit kepala dan rambut kamu menjadi semakin kering. 


4. Gunakan Sampo Secukupnya

(Tips keramas yang baik. Photo by Karolina Grabowska on Pexels)


Berikutnya, tuangkan shampo secukupnya pada tangan, lalu aplikasikan ke seluruh rambut secara merata sambil di pijat-pijat lembut. Tidak perlu menggunakan terlalu banyak shampo saat keramas. Sejumlah kecil shampo seukuran koin sudah cukup untuk membersihkan rambut kamu. Pastikan untuk meratakan sampo dengan baik dan berkonsentrasi pada akar rambut, di mana sebum dan kotoran lebih banyak terkumpul.


5. Memijat Kulit Kepala


Saat keramas, pijat-pijat lembut kulit kepala menggunakan ujung jari. Dengan pijatan pada kulit kepala, tidak hanya untuk membuat sampo lebih merata supaya lebih bersih, tetapi juga membantu meningkatkan sirkulasi darah ke bagian kepala. Gerakan jari dan telapak tangan yang lembut juga dapat menghindari kusutnya rambut dan rusaknya folikel rambut. 

Namun, hindari memijat kulit kepala dan rambut terlalu keras. Hal itu karena, memijat (atau menggosok) rambut terlalu keras dan kasar bisa menyebabkan iritasi dan kerontokan rambut. Ditambah, kuku tajam yang mungkin tanpa sengaja menggores kulit kepala juga dapat menyebabkan infeksi.


(Baca Juga: Ketahui 10 Penyebab Rambut Rontok Berlebihan)


6. Bilas Rambut Dengan Air Dingin


Setelah mengaplikasikan shampo secara merata ke seluruh rambut sambil dipijat-pijat lembut, berikutnya bilas rambut menggunakan air dingin (tapi jangan terlalu dingin) hingga bersih. Air dingin dapat membantu menutup kutikula rambut, membuat rambut tampak lebih berkilau, dan mengunci kelembapan. Itu juga dapat membantu mengontrol produksi minyak alami kulit kepala—penting bagi kamu yang memiliki kulit kepala berminyak. Dengan menggunakan air dingin untuk membilas rambut juga dapat memberikan efek menyegarkan dan membangunkan tubuh, yang dapat membuat kamu merasa lebih segar setelah mandi.


7. Gunakan Kondisioner


Selesai membilas rambut, cara keramas yang baik selanjutnya yaitu dengan mengaplikasikan produk kondisioner. Kondisioner dapat membantu menyehatkan rambut, membuat rambut lebih mudah diatur dan halus, menjaga kelembapan rambut, mencegah kerusakan rambut, dan meminimalkan kekeringan pada rambut. Aplikasikan kondisioner dari tengah hingga ujung rambut. Hindari mengoleskan kondisioner pada kulit kepala atau dari pangkal rambut karena dapat membuat rambut menjadi lebih berminyak. 

Setelah diaplikasikan, biarkan selama beberapa menit agar produk kondisioner bisa meresep dan bekerja secara maksimal untuk melembutkan dan menghaluskan rambut. Setelah itu, bilas rambut sampai benar-benar bersih dan tidak ada sisa produk kondisioner yang tertinggal di rambut. 


8. Keringkan Rambut


(Tips keramas yang baik. Photo by Freepik)


Mengeringkan rambut adalah tahap penting yang tidak boleh diremehkan dalam rutinitas perawatan rambut. Cara mengeringkan rambut dapat memengaruhi kesehatan dan keindahan rambut. Cara mengeringkan rambut yang benar yaitu dengan menggunakan handuk bersih dan lembut. Alih-alih menggosok rambut, sebaliknya peras dan tekan-tekan rambut secara lembut untuk menggunakan handuk untuk membantu mengeringkannya. Hindari memeras dan menggosok rambut terlalu keras, karena gesekan berlebihan dapat merusak kutikula rambut dan menyebabkan kerusakan.

Setelah menghilangkan kelebihan air pada rambut, jika memungkinkan, biarkan rambut mengering secara alami tanpa bantuan hair dryer atau alat pengering apapun. Namun, jika tidak ada waktu untuk menunggu rambut mengering secara alami dan terpaksa harus menggunakan hair dryer, gunakanlah terlebih dahulu pelindung panas untuk rambut agar terhindar dari kerusakan.


9. Rutin Menggunakan Masker Rambut


Untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut, kamu bisa melakukan rutinitas perawatan rambut tambahan seperti rutin menggunakan masker rambut (hair mask), setidaknya satu hingga dua kali seminggu. Pastikan kamu memilih dan menggunakan hair mask sesuai dengan jenis dan kebutuhan rambut kamu.


10. Perhatikan Pola Makan dan Gaya Hidup


Perawatan rambut yang baik tidak hanya sebatas menerapkan cara keramas yang baik, tetapi juga penting menerapkan pola makan dan gaya hidup yang sehat, seperti makan makanan bergizi dan bernutrisi, minum cukup air, tidur yang cukup, dan mengurangi stres. Semua faktor ini dapat memengaruhi kesehatan dan keindahan rambut kamu. 


(Baca Juga: Buat Rambut Berkilau, Ini 5 Manfaat Toning Rambut)


Itulah tips keramas yang baik demi menjaga kesehatan dan keindahan rambut. Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu dapat memiliki rambut yang sehat, lebih lembap, dan berkilau. 




(Penulis: Calvin)


Life & health