Hair & beauty

5 Cara Mudah agar Rambut Tetap Rapi Setelah Menggunakan Helm

By : Her World Indonesia - 2023-11-30 13:00:02 5 Cara Mudah agar Rambut Tetap Rapi Setelah Menggunakan Helm

Motor sering kali menjadi pilihan terbaik di tengah kemacetan yang semakin parah tiap harinya. Akan tetapi, terdapat beberapa permasalahan yang muncul ketika menggunakan helm. Sebut saja seperti rambut yang berantakan, lepek, dan rontok. Lantas, bagaimana cara agar rambut tetap rapi setelah menggunakan helm?


(Baca Juga: 3 Manfaat Pomade untuk Gaya Rambut)


1. Tidak mengikat rambut terlalu kencang

Biasanya, banyak wanita yang mengikat rambut terlalu kencang agar tidak berantakan ketika menggunakan helm. Namun, kamu masih dapat mengikat rambut dengan tidak terlalu kencang agar rambut tetap rapih ketika melepas helm. Jika mengikat rambut terlalu kencang, maka kebiasaan ini dapat membuat rambut kamu mudah rontok.  



(Tidak mengikat rambut terlalu kencang membuat rambut tetap rapih setelah menggunakan helm. Foto: Dok. Addy Pura/Unsplash)

2. Mengepang rambut

Salah satu cara yang Her World rekomendasikan agar rambut tetap rapih setelah menggunakan helm adalah mengepang rambut. Sebelum kamu mengepang rambut, jangan lupa untuk menggunakan hair mist. Hair mist ini membantu melembapkan rambut kamu agar lebih mudah dibentuk. Selain itu, hair mist dapat membuat rambut kamu tetap berkilau setelah menggunakan helm.


(Baca Juga: Gunakan 6 Vitamin Rambut Ini Agar Hasil Catokan Tahan Lama)


3. Gunakan syal berbahan licin


Kamu juga bisa, loh, menggunakan syal berbahan licin agar rambut tetap rapi setelah menggunakan helm. Syal ini dapat kamu gunakan untuk menutup bagian kepalamu sewaktu menggunakan helm. Kamu dapat menggunakan syal berbahan polyester atau satin yang terkenal dengan bahannya yang halus guna menghindari terjadinya gesekan di antara rambut dan helm. 


4. Berkendara saat rambut kering


Selalu pastikan rambut kamu sudah benar-benar kering sebelum menggunakan helm. Jika kamu menggunakan helm saat rambut masih basah, maka dapat membuat kotoran dan debu mudah menempel ke rambut. Hal ini tentunya membuat rambut kamu menjadi bau dan lepek. Selain itu, rambut menjadi gatal dan akan membuat kamu sering menggaruk kepala yang mengakibatkan rambut menjadi berantakan. 



(Jangan lupa berkendara saat rambut kering. Foto: Dok. Anastasia Shuraeva/Pexels)

5. Gunakan conditioner secara rutin

Conditioner berguna untuk membuat rambut kamu menjadi semakin halus dan mudah diatur. Selain itu, conditioner juga berguna agar rambut kamu tidak gampang kusut setelah menggunakan helm.  


(Baca Juga: 6 Cara Mudah Atasi Rambut Rusak Akibat Smoothing)


Nah, itu dia beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar rambut tetap rapi setelah menggunakan helm. Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu punya cara lain?


(Penulis: Romy Boy)

Hair & beauty