Food & travel

Ini Dia Pasar-Pasar di Korea Selatan yang Wajib Dikunjungi

By : Her World Indonesia - 2023-11-29 16:00:02 Ini Dia Pasar-Pasar di Korea Selatan yang Wajib Dikunjungi

Mengunjungi Korea Selatan rasanya kurang lengkap bila belum mengunjungi beberapa pasar tradisional favorit turis. Di pasar tradisional ini, kamu bisa menemukan banyak hal, mulai dari makanan tradisional hingga sovenir khas Korea Selatan dengan harga terjangkau. 


Khusus untuk artikel kali ini, Her World akan secara khusus membahas pasar-pasar di Korea Selatan yang wajib dikunjungi oleh pecinta kuliner. Yuk, cek ulasannya di bawah ini!


(Baca Juga: Bikin Lapar, 11 Makanan Ini Sering Muncul Di Drama Korea!)


1. Pasar Malam Dongdaemun


Menjadi salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Kota Seoul, pasar Dongdaemun banyak menjual aneka pakaian masa kini. Meskipun terkenal sebagai pusat fashion, pasar ini ternyata menyimpan banyak jajanan street food yang menggugah selera. Kamu juga dapat mencicipi tteokbokki khas Korea secara langsung. Jika belum puas mencicipi kenikmatan tteokbokki, maka kamu dapat mencoba camilan lainnya, seperti hotteok dan sundae.


Karena pasar ini hampair buka setiap jam, kamu dapat mengunjunginya kapan saja. Bahkan, kamu dapat menikmati semua jajanan yang ada hingga jam tiga pagi. 


2. Pasar Gwanjang


Pasar Gwanjang merupakan salah satu pasar tertua di Korea Selatan yang sampai saat ini masih beroperasi. Seiring berjalannya waktu, makanan ataupun budaya Korea Selatan masih sangat terasa di pasar ini. Jika kamu berkesempatan untuk mengunjungi Pasar Gwanjang, maka jangan lupa untuk mencicipi bindaetteok, camilan yang terbuat dari kacang hijau dan digoreng menggunakan sedikit minyak.


Selain itu, kamu juga bisa mencicipi mayak kimbap. Salah satu jenis kimbap Korea ini merupakan makanan yang populer di pasar ini. Nasi gulung yang sering kali terlihat dalam K-Drama berisi, acar lobak, wortel, bayam, dan tentunya nasi. Berbeda dengan varian kimbap lainnya yang dipotong kecil-kecil, mayak kimbap dapat langsung disantap secara utuh.



(Situasi pasar di Korea Selatan yang wajib dikunjungi. Foto: Dok. Bundo Kim/Unsplash)

(Baca Juga: Makanan Korea Wajib Coba)


3. Pasar Seogwipo Olle


Bukan hanya Seoul saja yang menyajikan beragam kuliner yang menggugah selera. Di Pulau Jeju juga ada, loh, pasar yang menawarkan berbagai makanan khas Korea Selatan yang sayang untuk dilewatkan. Pasar Seogwipo Olle ini adalah pasar tertua dan terbesar di Kota Seogwipo. Terletak di kota terbesar kedua di Pulau Jeju, pasar ini menjual banyak hal, mulai dari pakaian, sepatu, makanan tradisional, hingga buah jeruk keprok khas Pulau Jeju. 


Selain jeruk keprok, kamu juga dapat mencicipi kue beras jawawut ataupun jus hallabong. Pasar Seogwipo Olle sendiri buka dari jam 7 pagi sampai dengan 8 malam di saat musim dingin. Akan tetapi, jam bukanya tidak selalu sama, tergantung pada setiap pemilik toko. Tidak jauh dari pasar ini, bila masih memiliki banyak waktu, maka kamu bisa mengunjungi beberapa tempat wisata, seperti Air Terjun Jeongbang, Air Terjun Cheonjiyeon, Balai Pameran Seobok, dan Jalan Lee Jung Seop. 


4. Pasar Namdaemun


Berdiri sejak tahun 1400-an, Pasar Namdaemun memiliki lebih dari 10.000 kios dan tempat makan di dalamnya. Pasar yang terlihat selalu ramai ini, buka dari hari Senin sampai Sabtu selama 24 jam. Di salah satu gang di pasar ini terdapat jajanan kaki lima yang berderet menjajakan makanan tradisional Korea Selatan. 


Jika tujuan utama kamu untuk berburu kuliner, maka jangan lupa untuk mencicipi tteokgalbi, terbuat dari iga sapi yang dihaluskan lalu dipanggang dan diolesi saus. Ada juga mandu, mirip dengan pangsit yang diisi dengan daging yang sudah dibumbui. Bila ingin mencoba makanan anti mainstream, maka kamu bisa mencoba kaki babi (jokbal).



(Wisata kuliner di pasar Korea yang Wajib Dikunjungi. Foto: Dok. Markus Winkler/Pexels)

5. Pasar Tongin


Pasar Tongin ini terletak di sebelah barat Istana Gyeongbokgung. Sudah berdiri sejak Juni 1941, pasar ini awalnya dibuat untuk warga Jepang ketika Korea Selatan masih dalam jajahan Jepang. Saat ini, banyak pelancong yang megunjungi pasar ini untuk mencoba dosirak atau kotak makan siang ala Korea.


Nantinya, para pengunjung akan diberikan kotak makan yang dapat diisi dengan berbagai macam camilan. Terdapat hal unik dalam proses pembayaran di pasar ini di mana kamu perlu membeli koin khusus yang nantinya dapat ditukarkan dengan berbagai makanan, seperti jajangmyeon atau bulgogi. Pasar Tongin sendiri buka setiap hari dari jam 7 pagi hingga jam 7 malam dan akan tutup di minggu ketiga setiap bulannya.


(Baca Juga: Makanan Korea Yang Mudah Dibuat Dengan Bahan Di Rumah)


Nah, itu dia pasar-pasar di Korea Selatan yang wajib dikunjungi untuk berburu kuliner lokal. Kira-kira, pasar mana, nih, yang bakalan masuk ke wish list kamu? 


(Penulis: Romy Boy)

Food & travel