Food & travel

Menelusuri Kuliner Nusantara melalui Loka Rasa

By : Her World Indonesia - 2023-11-20 17:00:02 Menelusuri Kuliner Nusantara melalui Loka Rasa

Indonesia memiliki beragam kuliner khas yang sangat menggugah selera. Oleh sebab itu, Marriott Bonvoy mengajak kamu untuk memulai perjalanan kuliner dengan tajuk “Loka Rasa”. Perjalanan ini akan membawa kamu pada penghormatan terhadap keragaman cita rasa Indonesia yang disajikan dalam delapan warisan kuliner Nusantara yang dibuat oleh empat master chef terkemuka asal Indonesia. 


Terinspirasi oleh masakan khas lokal, keempat koki ini membawa persembahan khusus dengan memodernisasi resep lokal agar sesuai dengan selera masa kini. Penasaran dengan koki beserta hidangan spesial mereka? Yuk, cari tahu di bawah ini!


(Baca Juga: 4 Restoran Enak di Yogyakarta)


1. Chef Bayu Retno Timur


(Tuna Sambal Kecombrang. Foto: Dok. Marriott Bonvoy)

Chef Bayu dari Mandapa, Ritz-Carlton Reserve, mempersembahkan dua hidangan istimewa. Pertama, ada Tuna Sambal Kecombrang - perpaduan lembut tuna sirip kuning, kacang panjang, bunga obor jahe, bawang merah, cabai, dan kemangi segar. Kedua, ada menu Rawon Sapi dengan iga sapi wagyu yang dimasak perlahan selama 48 jam berpadu dengan telur asin, tomat, tauge, dan kuah keluwek yang kental.


2. Chef I Made Wisnu Adiyatma


(Be Pasih Menyatnyat. Foto: Dok. Marriott Bonvoy)

Chef Wisnu menghadirkan hidangan spesial Kambing Panggang Basa Lalah Manis. Hidangan ini terdiri dari potongan daging domba panggang yang dibumbui dengan bumbu yang diimbangi dengan gula palem dan cabai, berpadu dengan terong dan krim kelapa celengis, dan ditonjolkan oleh bumbu merah Bali dan saus kelapa. 


Hidangan kedua ada Be Pasih Menyatnyat yang mengusung cita rasa ikan kakap merah rebus dengan kuah kari obor jahe, ditemani nikmatnya keripik kulit ikan, ketimun, serta nasi kukus beraroma kelapa dan jahe.


(Baca Juga: 6 Makanan Tradisional Jawa Barat yang Wajib Kalian Coba!)


3. Chef Rizky Annisa Apriliana 


(Padang Ayam Pop. Foto: Dok. Marriott Bonvoy)

Chef Rizky yang berasal dari The St. Regis Jakarta turut mempersembahkan Padang Ayam Pop, hidangan lezat yang terbuat dari ayam musim semi, bawang putih, bawang merah, dan kemiri dengan berbagai pelengkap dari tumbukan singkong, sayur ceciwis, gel cabai hijau, dan sambal balado puree


Hidangan wajib lainnya yang harus kamu coba adalah Red Mullet 'Kuah Asam Manis'. Hidangan ini berisi mousse kepiting bumbu kuning, kemangi segar, air tomat, dan minyak serai wangi.


4. Chef Denny Boy Gunawan


(Asinan Salmon. Foto: Dok. Marriott Bonvoy)

Selanjutnya ada Chef Deny, Executive Chef di Hotel Sheraton Grand Jakarta Gandaria City juga berbagi resep spesialnya, Dendeng Manis. Hidangan ini terdiri dari daging sapi kering dengan bumbu lokal, dilengkapi dengan ketimun, sambal tomat hijau, dan nasi singkong. 


Ada juga Asinan Salmon yang merupakan kombinasi lezat dari salmon confit, tahu kukus, berbagai macam sayuran, dan hiasan touille kulit salmon.


(Baca Juga: 10 Makanan Indonesia yang Terkenal di Mancanegara)


Loka Rasa berlangsung dari 10 November 2023 hingga 17 Desember 2023. Jadi, jangan sampai kelewatan menikamati berbagai hidangan istimewa dari Marriott Bonvoy!


(Penulis: Romy Boy)

Food & travel