Hair & beauty

Sangat Mudah! Berikut 7 Tip Makeup Flawless untuk Pemula

By : Her World Indonesia - 2023-11-23 13:00:02 Sangat Mudah! Berikut 7 Tip Makeup Flawless untuk Pemula

Di tahun 2023 ini, makeup flawless tetap menjadi tren yang banyak dilirik oleh wanita Indonesia. Tidak banyak menggunakan warna yang mencolok, tipe makeup natural ini dapat menampilkan wajah cantik alami seseorang.


Untuk mendapatkan hasil makeup flawless terbaik, kulit wajah kamu harus dalam kondisi baik dan terawat. Selain itu, kamu dapat mengikuti beberapa tip makeup flawless di bawah ini untuk menyempurnakan penampilanmu. Yuk, dicek!


(Baca Juga: Gaya Makeup Flawless di Hari Raya Lebaran)


1. Membersihkan wajah


(Membersihkan wajah. Foto: Dok. Shiny Diamond/Pexels)

Seperti yang sudah dikatakan di atas, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menjaga kulit wajah agar tetap bersih dan sehat. Kamu dapat menggunakan skincare secara bertahap dan jangan lupa untuk mengaplikasikan sunscreen. Perlu kamu perhatikan juga agar tidak langsung mengaplikasikan base makeup setelah menggunakan skincare. Tunggu beberapa saat hingga skincare tadi meresap di wajah kamu. 


Jika kamu memiiki kulit wajah yang berminyak, maka penggunaan gel moisturizer sangat disarankan. Kamu perlu memilih pelembap yang cocok dengan jenis kulit berminyak. Pelembap dengan kandungan water based sangat cocok untuk diaplikasikan ke kulit wajah yang berminyak.


2. Gunakan primer


(Gunakan primer untuk makeup flawless. Foto: Dok. Karolina Grabowska/Pexels)

Setelah kamu menggunakan skincare dan pelembap, saatnya menggunakan primer sebagai base makeup untuk lapisan pertama di wajah kamu. Primer ini nantinya berfungsi untuk melembapkan kulit dan membuat makeup dapat bertahan lebih lama. Aplikasikan primer secara tipis dan merata. Tidak perlu menggunakan primer secara berlebihan di muka kamu, ya.


3. Aplikasikan skin tint


(Aplikasikan skin tint. Foto: Dok. rarebeauty.com)

Jika kamu masih pemula, maka Her World menyarankan untuk menggunakan skin tint agar hasil makeup-mu terlihat lebih natural. Jika nantinya kamu membutuhkan coverage lebih pada bagian tertentu, maka kamu tinggal build up coverage-nya dengan produk yang sama. Skint tint sendiri berfungsi untuk meratakan warna kulit wajah dan membuatnya tampak lebih bercahaya. Produk ini cocok untuk segala jenis kulit, termasuk kulit berminyak karena tidak akan menyumbat pori-pori wajah. 


Sebagai pemula, kamu juga perlu memperhatikan shade yang sesuai dengan undertone kulitmu. Her World sarankan untuk membelinya secara langsung di official store agar kamu bisa mencoba secara langsung produk yang akan kamu gunakan. 


(Baca Juga: Tampil Flawless Dengan Foundation dari Brand Makeup Korea)


4. Gunakan bedak


(Gunakan bedak. Foto: Dok. Gabrielle Henderson/Unsplash)

Jika kulit wajah kamu termasuk jenis yang berminyak maka dapat menggunakan bedak untuk mengontrol minyak berlebih. Akan tetapi, bila wajah kamu memiliki tipe kulit kering maka tidak perlu menggunakan bedak. Bedak ini berguna agar skin tint yang sudah kamu gunakan tadi tidak bergeser. Aplikasikan bedak secara merata dan tipis di seluruh permukaan wajah.


Untuk mendapatkan makeup flawless dan tidak terlalu mencolok, kamu dapat menggunakan jenis translucent powder. Jenis bedak ini lebih ringan dan memberikan hasil akhir riasan yang terlihat lebih natural. Translucent powder juga dapat menyerap minyak berlebih pada wajah dan menyamarkan kilau yang disebabkan oleh keringat.


5. Eye makeup


(Eye makeup. Foto: Dok. Shiny Diamond/Pexels)

Eye makeup juga mempunyai peran penting dalam menghasilkan makeup flawless. Sebagian besar wanita memilih alis sebagain bagian terpenting dari eye makeup. Oleh sebab itu, kamu dapat menggunakan eyebrow mascara untuk mempertegas warna alis. Gunakan shade eyebrow yang sesuai dengan kulit wajah kamu. Jika kamu memiliki alis yang tipis, maka dapat memilih shade yang lebih terang.


6. Blush on


(Blush on. Foto: Dok. EKATERINA BOLOVTSOVA/Pexels)

Untuk mendapakan tampilan makeup flawless yang segar, gunakan blush on berwarna peach atau warna lainnya yang sesuai dengan tone kulit kamu. Aplikasikan blush on tepat pada apple on the cheek. Jika kamu belum tahu, maka kamu dapat tersenyum terlebih dahulu. Nah, nantinya akan ada bagian pipi yang lebih menonjol, bagian inilah yang dinamakan apple on the cheek


Bagi kamu yang memiliki tipe kulit wajah berminyak dapat menggunakan jenis blush on matte atau powderry


7. Sentuhan akhir dengan lipstik


(Sentuhan akhir dengan lipstik. Foto: Dok. Shiny Diamond)

Untuk hasil akhir makeup flawless yang lebih segar dan bersinar, kamu dapat menggunakan lipstik berwarna peach. Kamu juga bisa mengaplikasikan lipstik dengan warna gradasi pink dan plum agar makeup-mu tidak terlihat pucat. 


(Baca Juga: Inspirasi Makeup Flawless)


Pada tahap akhir, jangan lupa untuk menggunakan setting spray untuk menjaga makeup flawless kamu bertahan sepanjang hari. Semoga tip kali ini bermanfaat untuk kamu, ya. Selamat mencoba!


(Penulis: Romy Boy)

Hair & beauty