Fashion

Kilas Balik Fakta Menarik di Jakarta Fashion Week 2024

By : Her World Indonesia - 2023-11-10 10:00:02 Kilas Balik Fakta Menarik di Jakarta Fashion Week 2024

Ajang pekan mode terbesar di Indonesia, yaitu Jakarta Fashion Week (JFW) 2024 telah menyelesaikan show nya. JFW 2024 tahun ini dilaksanakan dari tanggal 23 hingga 29 Oktober 2023 di Pondok Indah Mall 3, Jakarta. 


Pada JFW 2024 banyak sekali menampilkan karya-karya perancang mode yang berbakat dan kreatif. Bukan Jakarta Fashion Week namanya kalau tidak ada hal yang mindblowing. Yuk cari tahu hal-hal menarik apa saja selama acara Jakarta Fashion Week 2024 ini!


Lahirnya Bibit-Bibit Desainer Terbaik


(Koleksi Pemenang Lomba Perancang Mode 2023. Foto: Dok. Jakarta Fashion Week)


Jakarta Fashion Week menyelenggarakan ajang kompetisi yang menjadi salah satu bagian penting dalam perayaan tahun ini. Lomba Perancang Mode (LPM) 2023 diadakan untuk mencari desainer terbaik sejak diselenggarakan pertama kali pada 1979. Lomba ini dimeriahkan dengan juri dari JFW, Asia Pacific Rayon (APR), dan Instituto Marangoni bersama Sebastian Gunawan dan Hian Tjen untuk menyaring ratusan karya peserta LPM 2023 dengan tema “Authenticity” hingga 10 finalis. LPM 2023 mengumumkan pemenang pertama adalah Lutfiana Rusda (Project Lulu), pemenang kedua Caroline Devina (Caroline Devina), pemenang ketiga Ni Pande Nyoman Ayu Trina Damayanti (Ayu Trina), dan selanjutnya adalah pemenang Asia Pacific Rayon (APR) Award yaitu Nurfathiyah Maulifah Qalbi (Thiya). 


(Baca Juga: Intip 10 Kostum Selebritis Terbaik Halloween 2023)


Fashion & Earth



(Fashion Ramah Lingkungan. Foto: Dok. Jakarta Fashion Week)


Fashion tidak semata-mata tentang pakaian dengan desain yang kreatif, tetapi fashion merupakan sebuah ekosistem yang saling berhubungan antara desainer dan lingkungan yang mendukungnya. Sebagai manusia yang tinggal di Bumi, manusia juga perlu menyayangi dan menghormati Bumi. Kamu dapat menyayangi Bumi dengan berbagai cara salah satunya melalui fashion. Pada JFW 2024, terdapat desainer yang membawakan koleksinya dengan membawa awareness tentang lingkungan. Diantaranya adalah Sejauh Mata Memandang, Vegan Tiger, dan Bluesville.


(Baca Juga: Keseruan Jakarta Muslim Fashion Week 2024, Ada 200 Desainer!)


Indonesia Kaya Budaya



(Melestarikan Budaya Melalui Fashion. Foto: Dok. Jakarta Fashion Week)


Indonesia adalah salah satu negara yang kaya akan budaya. Pada dunia fashion, budaya Indonesia dapat menjadi inspirasi yang unik dan kreatif. Pada ajang yang bergengsi ini Studio Jeje X Dekranasda Nusa Tenggara Timur, BINhouse, APR x Bateeq, dan APR x Aruna membawakan koleksi yang terdapat unsur budaya Indonesia-nya. Mulai dari kebaya hingga batik, berlenggang di Jakarta Fashion Week 2024. 



Nantikan keseruan selanjutnya di Jakarta Fashion Week 2025, ya!




(Penulis: Nada Kamiliya)


Fashion