Fashion

Keseruan Jakarta Muslim Fashion Week 2024, Ada 200 Desainer!

By : Natasha Fitrand - 2023-11-02 15:00:02 Keseruan Jakarta Muslim Fashion Week 2024, Ada 200 Desainer!

Bulan Oktober penuh dengan momen fashion yang membanggakan!

Pada tanggal 19-21 Oktober 2023, Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2024 telah resmi diselenggarakan di di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD) City, Kabupaten Tangerang, Banten. Perhelatan ini berdampingan juga dengan dengan pameran dagang Trade Expo Indonesia (TEI) ke-38 yang digelar secara hybrid, yaitu offline pada tanggal 18-22 Oktober 2023 serta melalui situs web interaktif hingga 18 Desember 2023.



Bertema "Discover Indonesian Modest Fashion Excellence", perhelatan JMFW ketiga ini didukung oleh industri modest fashion yang berkembang pesat di Indonesia dan sangat diminati oleh masyarakatnya. Jerry Sambuaga, selaku Wakil Menteri Perdagangan yang membuka JMFW 2023 mengatakan bahwa penting bagi masing-masing komponen ekosistem modest fashion untuk menjalankan pengembangan sesuai tugas dan fungsinya agar dapat menjadikan Indonesia sebagai salah satu kiblat modest fashion di dunia.


(Baca Juga: RiaMiranda x Mang Moel, Kolaborasi Fashion dengan Seni Rajut)


Selain itu, Jerry Sambuaga juga berpesan bahwa aktor-aktor di balik industri modest fashion Indonesia perlu untuk memanfaatkan peluang ini, mengingat Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Penting bagi setiap pihak untuk solid dan terus menjalankan kolaborasi.

"JMFW bukan sekedar sebuah pagelaran busana, tetapi juga merupakan ekosistem modest fashion yang melibatkan berbagai pihak dari hulu hingga hilir. Kita harus terus memberikan dukungan untuk mempromosikan produk-produk buatan Indonesia. Diharapkan JMFW juga dapat menjadi salah satu kontributor untuk terus mengkampanyekan Bangga Buatan Indonesia sehingga masyarakat Indonesia semakin cinta dan menggunakan produk Indonesia," jelasnya dalam pidato pembukaannya di JMFW 2024.


(Perhelatan JMFW 2024 di ICE BSD, Tangeran. Foto: Dok. JMFW)


Selain Jerry Sambuaga, JMFW 2024 juga dihadiri oleh tokoh-tokoh penting lainnya seperti Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi, Direktur Jenderal Perdagangan Isy Karim, Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Budi Santoso, Kepala Badan Kebijakan Perdagangan Kasan, dan Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Didid Noordiatmoko.


(Desainer Buttonscarves di JMFW 2024 di ICE BSD, Tangeran. Foto: Dok. JMFW)

Perhelatan JMFW tahun ini menampilkan karya dari 214 desainer ternama dengan sekitar 1.000 koleksi, beberapa diantaranya Buttonscarves, Nada Puspita, Zeta Prive, Zaskia Sungkar, dan masih banyak lagi. Ada pula perusahaan-perusahaan dari sektor pendukung lainnya seperti kosmetika, tekstil dan garmen, alas kaki, tas, aksesoris, perhiasan, serta produk gaya hidup lainnya. Kementerian Perdagangan menargetkan transaksi dagang pada JMFW yang diselenggarakan pada 19-21 Oktober 2023 ini senilai USD 2,5 juta.


(Baca Juga: TARUM: Denim Handwoven Persembahan Sejauh Mata Memandang)


(Desainer Zeta Prive di JMFW 2024 di ICE BSD, Tangeran. Foto: Dok. JMFW)

Tidak hanya pagelaran busana, JMFW juga akan menghadirkan pameran dagang, serta penjajakan bisnis (business matching). Pelaksanaan JMFW 2024 melibatkan berbagai kementerian/lembaga, seperti Kemenparekraf, Kemendikbudristek, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Bank Indonesia, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia. Tidak ketinggalan, pihak swasta juga berperan sebagai sponsor, seperti Wardah, Mustika Ratu, APR, UBS, Bank Syariah Indonesia, Toyota, Tokopedia, Vivere, dan You-C 1000.


Nantikan keseruan JMFW di tahun berikutnya!


Fashion